Penerapan Full Day, Pemko Padang Bangun 500 RKB Tiga Tahap


Rabu, 12 Juni 2019 - 23:40:59 WIB
Penerapan Full Day, Pemko Padang Bangun 500 RKB Tiga Tahap Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Walikota Padang, Hendri Septa mengatakan, Pemko Padang menargetkan membangun 500 ruang kelas baru dalam lima tahun masa jabatan. Hal ini untuk mengoptimalkan proses pendidikan dan dapat melaksanakan sistem full-day.

"Kadang, kalau anak-anak baru mulai belajar pada siang hari itu tidak optimal. Ada yang mengantuk sehinngga apa yang didapatkannya disekolah tidak maksimal," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengatakan, pembangunan akan dibagi kepada tiga tahap yakni, 100 RKB di tahun 2019, 200 RKB di tahun 2020, dan sisanya di tahun 2021. Ia mengatakan, pembangunan tersebut akan memakan anggaran yang sangat besar.

"Kemarin itu saya sudah menjabarkannya di depan bapak Wali Kota Padang. Untuk anggaran pembangunan atau biaya belanja langsung kurang lebih memakan anggaran sebesar Rp400 miliar," sebutnya.

Karena itu, kata Barlius, pembangunan RKB akan dibagi menjadi tiga tahap. Ia mengatakan, sistem pembelajaran satu sif ini akan sangat berguna untuk pemanfaatan pendidikan karakter anak.

"Dari pagi sampai siang, anak akan belajar seperti biasa. Dan pada siang hari nya, anak akan mendapatkan pendidikan karakter atau pengembangan bakat anak," ujarnya.

Sekolah satu sif ini, sebut Barlius, juga membutuhkan kepala sekolah dan guru yang berkompetensi. Untuk itu, kepala sekolah dan guru harus diberikan pelatihan.

"Sekarang, untuk kepala sekolah dasar masih banyak yang belum mempunyai Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Karena banyak yang diangkat sebelum keluarnya peraturan bahwa Kepala Sekolah harus mempunyai NUKS," katanya.


 Sumber : Akmal /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:40:09 WIB

    Penerapan Wisata Halal Butuh Waktu

    PADANG, HALUAN — Sum­bar boleh berbangga, berhasil meraih salah satu predikat wisata halal Indonesia. Bahkan Sumbar juga mewakili In­donesia dalam World Best Halal Tour Operator (Ero Tour) dan World Best Halal Des­tinat.
  • Selasa, 20 September 2016 - 22:21:11 WIB
    Saran Wakil Rakyat

    Penerapan Kacau, Pemko Padang Harus Tunda Parkir Meter

    Penerapan Kacau, Pemko Padang Harus Tunda Parkir Meter Waktu sebulan tidak cukup untuk sosialisasi. Jangankan parir meter, penerapan kartu Brizzi Trans Padang saja butuh waktu lama sosialisasinya. Lima bulan tak cukup. Apalagi parkir meter.
  • Sabtu, 17 September 2016 - 02:14:25 WIB
    KULIAH UMUM KETUA MPR RI DI IAIN IMAM BONJOL

    Penerapan Nilai-nilai Pancasila Masih Lemah

    Penerapan Nilai-nilai  Pancasila Masih Lemah PADANG, HALUAN — Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sejauh ini terang Zulkifli, penera.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 04:32:11 WIB

    Yuni Ushi Johan: Penerapan Full Day School Perlu Kajian

    Yuni Ushi Johan: Penerapan Full Day School Perlu Kajian PADANG, HALUAN — Gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Me­n­dik­bud), Muhadjir Effendy tentang penerapan program Full Day School, dinilai Yuni Ushi Johan SPsi., Psikolog, masih memerlukan pertim­bangan yang matang..
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 16:36:39 WIB
    Direktur Eksekutif Nurani Perempuan Sumbar, Yefri Heriani

    Penerapan Hukuman Kebiri Perlu Kajian Lebih Dalam

    Penerapan Hukuman Kebiri Perlu Kajian Lebih Dalam PADANG, HALUAN – Rencana pemerintah pusat untuk mengesahkan PERPPU Kebiri dinilai masih perlu evaluasi kembali. Pelaksanaan kebiri masih dinilai terlalu sadis dan tidak manusiawi. Walaupun masyarakat geram terhadap pelaku k.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM