Fraksi DPRD Bukittinggi Sampaikan Pemandangan Umum


Kamis, 13 Juni 2019 - 14:42:19 WIB
Fraksi DPRD Bukittinggi Sampaikan Pemandangan Umum Walikota Ramlan Nurmatias hantarkan secara resmi ranperda pertanggubgjawaban APBD 2018 kepada DPRD Bukittinggi, Rabu (12/6). Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Fraksi di DPRD Kota Bukittinggi sampaikan pemandangan umum atas ranperda pertanggubgjawaban APBD 2018 yang dihantarkan oleh Wali Kota Bukittinggi ke DPRD. Pemandangan umum itu disampaikan oleh fraksi-fraksi  dalam rapat paripurna DPRD di gedung dewan setempat, Kamis (13/6).

Dalam kesempatan tersebut,  fraksi yang ada  di DPRD menyampaikan pemandangan umumnya. Dimana secara garis besar, setiap fraksi memberikan pertanyaan dan saran terkait pendapatan daerah  yang belum sesuai target, serta  juga SILPA yang cukup tinggi.

“Pada umumnya, fraksi di dewan mempertanyakan terkait pendapatan dan belanja daerah yang tidak mencapai target. Selain itu, farksi  juga meminta penjelasan dari Pemko terkait  SILPA 2018 yang meningkat dibanding 2017. Pada 2017 lalu SILPA  Rp 85 milyar, sedangkan  pada 2018 SILPA mencapai Rp 95 milyar lebih. Hal ini yang dipertanyakan anggota dewan,” ujar Beny.

Menurutnya, DPRD mengapresiasi laporan pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2018 yang disusun dengan baik, sehingga mencernanya menjadi mudah karena terstruktur. Selain itu, WTP yang diraih enam kali berturut-turut tentunya dapat menjadi landasan untuk lebih meningkatkan kinerja kedepan.

“Dari ranperda pertanggungjawaban APBD 2018 yang dihantarkan Walikota tersebut,  masing-masing fraksi di DPRD telah menyampaikan pemandangan umum atas ranperda tersebut. Memang secara garis besar, setiap fraksi memberikan pertanyaan terkait pendapatan yang belum sesuai target dan  SILPA yang cukup tinggi,” ungkap Beny.

Dalam Rapat paripurna itu, Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias juga menanggapi ranperda inisiatif DPRD tentang Kepemudaan. Ia menyampaikan bahwa di kota Bukittinggi terdapat 37.506 pemuda dari 126.804 jiwa penduduk Bukittinggi. “Artinya 1/3 dari penduduk Bukittinggi merupakan pemuda yang memang harus diberdayakan dan dikembangkan potensinya. Namun disisi lain, jika mereka tidak diberdayakan  dengan serius, tentu  akan menjadi ancaman kedepannya,” ujar Ramlan.

Menurutnya, pembangunan kepemudaan di Bukittinggi bertujuan untuk menciptakan pemuda yang berakhlak mulia, demokratis, berjiwa kepemimpinan, berkarakter dan berdaya saing. Untuk mencapai tujuan itu, Pemko telah melaksanakan program pembinaan kepemudaan serta peningkatan upaya penumbuhan kewirausahaan dari kecakapan hidup pemuda.

“Kami meapresiasi lahirnya ranperda inisiatif DPRD tentang kepemudaan ini. Dengan adanya ranperda inisiatif dari DPRD ini, kami meminta beberapa penjelasan terkait perlu adanya tim koordinasi lintas sektor pelayanan kepemudaan di Kota Bukittinggi,” tukas Ramlan. (h/tot)


Reporter : Gatot /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Agustus 2018 - 19:50:24 WIB

    Fraksi Golkar Tolak  Pelantikan 12 Pejabat Pemkab Tanah Datar

    Fraksi Golkar Tolak  Pelantikan 12 Pejabat  Pemkab Tanah Datar TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-Terkait  agenda pelatikan pejabat eselon II di jajaran Pemda Tanah Datar, Fraksi Partai Golongan Karya DPRD menyikapinya dengan penolakan..
  • Senin, 16 Januari 2017 - 18:31:10 WIB
    M NUR IDRIS KETUA PANSUS RTRW

    Ramlan Nurmatias Jawab Pandangan Fraksi

    Ramlan Nurmatias  Jawab Pandangan Fraksi BUKITTINGGI, HALUAN-Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyampaikan jawaban atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap pengajuan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Perubahan Perda Nomor 06 Tahun 2011 tentang Rancana T.
  • Selasa, 22 November 2016 - 00:43:10 WIB

    Irdinansyah Tarmizi Jawab Pertanyaan Fraksi DPRD

    Batusangkar, Haluan — Bupati Tanah Datar, Ir­dinansyah Tarmizi menjawab tanggapan atau pertanyaan dari sembilan fraksi DPRD se­tempat atas Ranperda APBD 2017 dalam Sidang Paripurna di Batusangkar, Senin (21/11)..
  • Selasa, 25 Oktober 2016 - 02:00:42 WIB
    YUNELDA: SATPOL PP JANGAN DILEBUR

    Fraksi DPRD Pasaman Setujui Ranperda SOTK

    PASAMAN, HALUAN —Pembahasan rancangan peraturan (Ranperda) Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOTK) di DPRD Kabupaten Pasaman, berjalan mulus. Sebanyak tujuh fraksi menyetujui ranperda itu..
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 04:09:00 WIB
    Pembahasan RPJMD Limapuluh Kota

    Fraksi Akan Sampaikan Pandangan Umum

    Fraksi Akan Sampaikan Pandangan Umum LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Nota Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Limapuluh Kota periode 2016-2021 masih dalam proses pembahasan. Nota pengantar sebelumnya sudah diajukan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi da.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM