Pengurusan Administrasi Disdukcapil Pasbar Naik 200 Persen


Kamis, 13 Juni 2019 - 16:05:14 WIB
Pengurusan Administrasi Disdukcapil Pasbar Naik 200 Persen PELAYANAN DISDUKCAPIL - Terlihat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat Yulisna memantau pelayanan di loket pelayanan. OSNIWATI

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pasca lebaran jumlah masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil Kabupaten Pasaman Barat meningkat sekitar 200 persen. Peningkatan tersebut karena adanya perantau pulang kampung dan tutupnya kantor beberapa hari lalu libur lebaran.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat Yulisna setelah dibuka pelayanan pascalibur lebaran sepertinya kantor diserbu oleh masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan.

"Selama ramadhan tingkat kunjungan masyarakat per hari hanya berkisar 100 orang. Namun pascalibur kunjungan mencapai 300 orang per harinya," ujar Yulisna.

Ia melanjutkan, sejak dibuka pada Senin (10/6) kemarin dua belas loket pelayanan administrasi kependudukan sibuk melayani masyarakat. Bahkan beberapa pengunjung harus menunggu di kursi tunggu. Petugas memprediksi peningkatan jumlah kunjungan ini akan terjadi hingga satu minggu kedepan.

"Jika kita lihat animo masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan, bisa kita pastikan dalam Minggu ini kita harus memberikan pelayanan yang maksimal," papar Yulisna.

Pihaknya mengaku loket yang tersedia masih mampu melayani masyarakat. Dari data petugas sebagian besar pengunjung mengurus dan mencatak KTP elektronik mereka dan pengurusan surat pindah atau datang.

"Kita meminta masyarakat bisa melengkapi syarat-syarat pengurusan sebelum datang ke kantor Disdukcapil. Sehingga proses bisa efektif dan cepat selesai. Karena saat ini Disdukcapil menerapkan layanan one day service atau satu hari selesai," pinta Yulisna.

Tidak hanya itu, pihaknya

Disdukcapil meminta masyarakat bisa mengurus administrasi kependudukan sendiri dan menghindari calo. Sehingga bisa memastikan data kependudukan. Sementara itu khusus perekaman KTP elektronik juga bisa dilakukan di kantor camat masing-masing kecamatan.

"Kami sebisa mungkin menghindari calo. Kami minta masyarakat juga jangan menggunakan jasa calo dalam mengurus administrasi kependudukan,"tandas Yulisna. (h/ows)


Reporter : Osniwati /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 23:48:18 WIB

    TKI asal Sumbar Turun Drastis Karena Pengurusan Paspor Lama dan Biaya Visa Tinggi

    TKI asal Sumbar Turun Drastis Karena Pengurusan Paspor Lama dan Biaya Visa Tinggi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Meski memiliki minat yang cukup tinggi, namun saat ini Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri dari Sumbar mengalami penurunan signifikan. Hal ini tidak terlepas dari banyak persoal.
  • Selasa, 20 Februari 2018 - 01:46:13 WIB

    Kepengurusan MP3 Dharmasraya Dikukuhkan

    Kepengurusan MP3 Dharmasraya Dikukuhkan DHARMASRAYA, HALUAN - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengapresiasi keberadaan Majelis Pimpinan Pondok Pesantren (MP3) di Kabupaten Dharmasraya, sebagai satu-satunya organisasi perkumpulan pimpinan Ponpes yan.
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:39:18 WIB

    Kepengurusan PP Padang Panjang Terbentuk

    Kepengurusan PP Padang Panjang Terbentuk PADANG PAJANG, HALUAN — Setelah melalui proses Mu­syawarah Cabang ke IV Pemuda Pancasila (PP) Kota Padang Panjang, akirnya struk­tur ke­pengurusan Majelis Pim­pinan Cabang (MPW) Pemuda Pan­casila Kota Padang Panjang te.
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 11:57:59 WIB

    Kantor Pertanahan Pasaman: Pengurusan Sertifikat Prona Gratis

    PASAMAN, HALUAN — Kantor Pertanahan Kabupaten Pasaman, kembali menyerahkan sertifikat Prona untuk kali kedua tahun 2016. Sebanyak 30 sertifikat prona telah diserahkan untuk masyarakat Aia Manggih, Selasa lalu, dan Nagari La.
  • Kamis, 21 Juli 2016 - 02:47:58 WIB
    TERJADI DI KOTA PARIAMAN

    Pengurusan Dokumen Kependudukan Meledak

    PARIAMAN, HALUAN — Warga yang mengurus dokumen kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pariaman, kini membludak, bahkan pengeluaran dokumen tersebut mencapai 100 lembar per hari.Pengurusan dokumen itu ti.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM