IKKS Gelar Rakernas di Koto Sani


Kamis, 13 Juni 2019 - 16:24:02 WIB
IKKS Gelar Rakernas di Koto Sani SALAMI PERANTAU - Bupati Solok Gusmal terlihat akrab, saat menyalami para perantau IKKS yang menggelar pulang Basamo perdana dan Rakernas IKKS di SDN Koto Sani, Rabu (12/6). WANDI MALIN

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Hari Raya Idul Fitri adalah momen untuk berkumpul dengan sanak saudara, terutama bagi masyarakat yang hidup di perantauan. Banyak perantau yang memilih waktu lebaran untuk pulang ke kampung halaman.

Bagi perantau Nagari Koto Sani, Kec. X Koto Singkarak, momen lebaran tahun ini menjadi sejarah baru bagi perantau setempat yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Koto Sani (IKKS). Pasalnya, pada lebaran tahun ini, para perantau setempat menggelar kegiatan Pulang Basmo secara resmi dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang pulang kampung sendiri-sendiri.

 

Momen pulang basamo dengan tema "Mangumpuan nan taserak, mangabek nan taburai" (mengumpulkan yang terserak, mengikat yang tercerai) ini selain ajang menjalin silaturrahim antara warga yang ada di kampung dengan perantau, sekaligus dimanfaatkan untuk menggelar Rapat kerja Nasional IKKS yang digelar di SDN Koto Sani, Rabu (12/6).

 

"Pada tahun ini, kami mengajak saudara-saudara kami yang telah lama tidak pulang kampung, untuk pulang basamo ke kampung halaman dengan terorganisir," kata ketua panitia Samsul Gindo Batuah.

 

Tujuan pulang Basamo ini kata dia, adalah dalam rangka mengenalkan kampung halaman kepada anak kemenakan yang mungkin belum pernah sampai di koto Sani ini. "Mudah-mudahan tahun depan kita kembali dapat melaksanakan kegiatan pulang kampung Basamo ini, sehingga semangat kebersamaan dalam membangun nagari kian terjalin erat," ucapnya.

 

Sementara itu, Bupati Solok, Gusmal yang hadir bersama sejumlah Kepala OPD di Pemkab setempat mengapresiasi langkah posistif yang diambil oleh pengurus IKKS dalam mengorganisir perantau untuk pulang secara serentak dan bersama-sama menuju kampung halaman.

"Ini adalah pertama kalinya masyarakat koto Sani melaksanakan pulang kampung bersama. Momen ini harus diapresiasi bersama-sama demi kemajuan nagari di masa mendatang," ucap bupati.

 

Bupati menyebutkan, perantau adalah aset daerah yang perlu diperdayakan dalam pembangunan kampung halaman. Kebersamaan yang terbangun pada momen lebaran tahun ini, menjadi momentum bagi masyarakat nagari Koto Sani untuk bersama-sama pula memikirkan berbagai persoalan nagari dan mencarikan solusinya.

"Saya berharap dapat menjalin komunikasi yang intensif antara masyarakat di rantau dengan kampung halaman. Selamat melaksanakan rapat kerja nasional semoga dapat menghasilkan program-program yang bermanfaat," kata Bupati.

 

Sementara itu, Ketua IKKS se-Indonesia Dr. Mafri Amir mengucapkan terima kasih kepada Bupati Solok yang telah dapat hadiri pada acara yang dinilai bersejarah tersebut. Pihaknya mengapresiasi perhatian yang diberikan oleh pemkab Solok dalam membangun nagari yang terkenal sebagai sentra perikanan tersebut.

 

"Banyak perubahan yang kami lihat di nagari, semuanya tak lepas dari dukungan dan perhatian pemkab Solok. Makanya kami mengajak masyarakat di nagari ini untuk mendukung program pemerintah daerah," ujarnya.

 

Pihaknya mengungkapkan, pulang basamo tahun ini adalah momen untuk mengenalkan kampung halaman kepada keluarga perantau. Karena banyak perantau yang sudah lama tak pulang kampung.

 

"Ada antara mamak dan kemenakan yang tidak saling mengenal karena belum pernah bertemu. Kami harap tahun depan, bisa lebih banyak lagi perantau yang mengikuti pulang basamo ini," kata Mafri Amir. (h/ndi)


Reporter : Wandi Malin /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM