PA Tanah Datar Gelar Sidang Isbad Keliling


Kamis, 13 Juni 2019 - 16:25:52 WIB

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Pelaksana tugas Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar, Syamsul Arifin menerima kunjungan Ketua Pengadilan Agama Batusangkar Burnalis dan rombongan di ruang kerja Kakan Kemenag tersebut Kamis (13/6).

Kunjungan Ketua Pengadilan Agama tersebut ialah dalam rangka melakukan kerjasama dengan Kemenag dalam pelaksanaan sidang isbad nikah bagi masyarakat Tanah Datar yang belum memiliki buku nikah resmi .

Dalam pertemuan kerjasama itu dihadiri seluruh Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar. Karena sidang isbad nikah itu dapat dilakukan di Kantor KUA Kecamatan masing-masing.

Kunjungan dan kerjasama tentang isbad nikah tersebut disambut baik oleh Plt. Kakan Kemenag Tanah Datar Syamsul Arifin sehingga masyarakat Tanah Datar mampu memiliki buku nikah yang resmi dan tdak terkendala dalam mengurus setiap keperluan urusan keluarga yang paling terpenting dalam pengurusan surat akte kelahiran anak sehingga tidak terkendala dalam melanjutkan pendidikan anak pada tingkat yang lebih tinggi.

Plt Kepala Kemenag mengharapkan dengan adanya kerjasama sidang isbad itu, agar program itu dapat berjalan dengan kontiniu dan mampu meringankan biaya masyarakat dalam sidang isbat nikah tersebut.

Sementara, Ketua Pengadilan Agama Batusangkar Burnalis, saat itu menyebutkan tujuan dilaksanakan kerjasama sidang isbad nikah tersebut ialah dalam rangka memfasilitasi dan memudahkan masyarakat Tanah Datar untuk mendapatkan buku nikah yang selama ini belum memiliki buku nikah, karena mungkin nikahnya dilakukan secara Agama saja atau nikah dibawah tangan hanya memiliki selembar kertas saja.

Untuk itu Pengadilan Agama Batusangkar akan memberikan fasilitas kepada masyarakat dengan melakukan sidang keliling ke Kantor-Kantor KUA Kecamatan se Tanah Datar. "Sidang isbad nikah itu untuk memperjelas status nikahnya dari abu-abu, tidak jelas menjadi lebih jelas dilengkapi dengan rukun nikahnya, ada wali dan dua saksi nikahnya," katanya.

Dikatakan, bagi masyarakat yang membutuhkan sidang Prodeo (sidang tanpa biaya) dapat dilayani dengan syarat mereka memiliki surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari wali nagari, ujarnya. (h/fma)

 


Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 18:07:37 WIB

    Klarifikasi Data Wisatawan, Dispar Sumbar Panggil Dispar Kabupaten Kota

    Klarifikasi Data Wisatawan, Dispar Sumbar Panggil Dispar Kabupaten Kota PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian lakukan klarifikasi terhadap data yang dikirim ke provinsi, terkait jumlah kunjungan wisatawan ke kabupaten kota rentang 5 Juni hingga tanggal 9 Juni 2019..
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 15:43:13 WIB

    Sampah Menumpuk, Walikota Bukittinggi Meradang

    Sampah Menumpuk, Walikota Bukittinggi Meradang BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Menumpuk dan tidak terangkutnya ampah di berbagai sudut Kota Bukittinggi dalam sepekan belakangan, membuat Walikota Ramlan Nurmatias meradang..
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 15:33:13 WIB

    Pemkab Pasaman Siapkan Rp230 Juta untuk Bonus MTQ

    Pemkab Pasaman Siapkan Rp230 Juta untuk Bonus MTQ PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman, menjanjikan bonus sebesar Rp230 juta bagi qori maupun qoriah yang berhasil meraih gelar juara pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Bara.
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 14:34:24 WIB

    Siswa ICBS Payakumbuh Juara 1 Cabang Fahmil MTQ Tingkat Sumbar

    Siswa ICBS Payakumbuh Juara 1 Cabang Fahmil MTQ Tingkat Sumbar PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Siswa Insan Cendekia Boarding School  (ICBS) Payakumbuh ukir prestasi dalam ajang MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Sumbar di Kota Solok, 14-22 Juni 2019. Tim fahmil putra yang terdiri dari 3 siswa IC.
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 13:02:39 WIB

    PAD Pariwisata Pessel Tak Tercapai

    PAD Pariwisata Pessel Tak Tercapai PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Tingginya kunjungan wisatawan ke Pesisir Selatan selama musim libur lebaran ternyata tidak berbanding lurus dengan penerimaan PAD sektor pariwisata. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM