PA Tanah Datar Gelar Sidang Isbad Keliling


Kamis, 13 Juni 2019 - 16:25:52 WIB

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Pelaksana tugas Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar, Syamsul Arifin menerima kunjungan Ketua Pengadilan Agama Batusangkar Burnalis dan rombongan di ruang kerja Kakan Kemenag tersebut Kamis (13/6).

Kunjungan Ketua Pengadilan Agama tersebut ialah dalam rangka melakukan kerjasama dengan Kemenag dalam pelaksanaan sidang isbad nikah bagi masyarakat Tanah Datar yang belum memiliki buku nikah resmi .

Dalam pertemuan kerjasama itu dihadiri seluruh Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar. Karena sidang isbad nikah itu dapat dilakukan di Kantor KUA Kecamatan masing-masing.

Kunjungan dan kerjasama tentang isbad nikah tersebut disambut baik oleh Plt. Kakan Kemenag Tanah Datar Syamsul Arifin sehingga masyarakat Tanah Datar mampu memiliki buku nikah yang resmi dan tdak terkendala dalam mengurus setiap keperluan urusan keluarga yang paling terpenting dalam pengurusan surat akte kelahiran anak sehingga tidak terkendala dalam melanjutkan pendidikan anak pada tingkat yang lebih tinggi.

Plt Kepala Kemenag mengharapkan dengan adanya kerjasama sidang isbad itu, agar program itu dapat berjalan dengan kontiniu dan mampu meringankan biaya masyarakat dalam sidang isbat nikah tersebut.

Sementara, Ketua Pengadilan Agama Batusangkar Burnalis, saat itu menyebutkan tujuan dilaksanakan kerjasama sidang isbad nikah tersebut ialah dalam rangka memfasilitasi dan memudahkan masyarakat Tanah Datar untuk mendapatkan buku nikah yang selama ini belum memiliki buku nikah, karena mungkin nikahnya dilakukan secara Agama saja atau nikah dibawah tangan hanya memiliki selembar kertas saja.

Untuk itu Pengadilan Agama Batusangkar akan memberikan fasilitas kepada masyarakat dengan melakukan sidang keliling ke Kantor-Kantor KUA Kecamatan se Tanah Datar. "Sidang isbad nikah itu untuk memperjelas status nikahnya dari abu-abu, tidak jelas menjadi lebih jelas dilengkapi dengan rukun nikahnya, ada wali dan dua saksi nikahnya," katanya.

Dikatakan, bagi masyarakat yang membutuhkan sidang Prodeo (sidang tanpa biaya) dapat dilayani dengan syarat mereka memiliki surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari wali nagari, ujarnya. (h/fma)

 


Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 September 2019 - 09:54:37 WIB

    Rangkaian Kegiatan Hari Lalulintas, Polres Sijunjung Bagikan Masker Kepada Pengendara

    Rangkaian Kegiatan Hari Lalulintas, Polres Sijunjung Bagikan Masker Kepada Pengendara SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.CO - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun lalulintas ke 64, Satuan Lalulintas Kepolisian Resort (Resort) Sijunjung bersama wartawan selaku mitra kerja membagikan masker kepada para pengguna jalan.
  • Kamis, 19 September 2019 - 17:51:36 WIB

    RSUD Adnaan WD Banjir Pasien ISPA

    PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Setelah terdampak kabut asap beberapa hari terakhir ini, intensitas kunjungan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh mengalami peningkatan dari hari biasanya..
  • Kamis, 19 September 2019 - 17:50:51 WIB

    BNN Payakumbuh Tes Urine Ratusan ASN Payakumbuh

    PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - 110 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari Kepala OPD hingga Kepala Sekolah di Payakumbuh menjalani tes urine di Kantor Balaikota Eks Lapangan Poliko, Selasa (17/9)..
  • Kamis, 19 September 2019 - 17:49:57 WIB

    30 Keltan Pariaman Terima Bantuan Alsintan

    30 Keltan Pariaman Terima Bantuan Alsintan PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintahaan Kabupaten Padang Pariaman menyerahkan 30 Alatesin Pertanian (Alsintan) hend traktor kepada kelompok tani di Padang Pariaman. 30 alsintan itu dari APBD Padang Pariaman melalui .
  • Kamis, 19 September 2019 - 17:48:05 WIB

    Dinkes Kota Pariaman Bagikan 2.000 Masker

    Dinkes Kota Pariaman Bagikan 2.000 Masker PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan Kota Pariaman, masih membagikan masker kepada masyarakat dan Kamis (19/9). Kali ini, masker dibagikan ke murid Sekolah Dasar dan TK PAUD yang ada di kota tersebut. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM