39 Rumah di Sawahlunto Terdampak Longsor


Kamis, 13 Juni 2019 - 16:37:51 WIB
39 Rumah di Sawahlunto Terdampak Longsor WALIKOTA Sawahlunto, Deri Asta menyerahkan bantuan bagi warga korban tanah longsor. NTO

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Tidak kurang dari 39 unit rumah dan puluhan titik jalan mengalami kerusakan, akibat hujan deras, yang mengguyur Kota Sawahlunto, Selasa (11/6). Setidaknya Kesbangpol dan BPD ‘Kota Arang’ mencatat kerugian mencapai Rp3,1 miliar.

Kesbangpol dan BPD Sawahlunto merilis 8 unit rumah mengalami rusak berat, 4 unit rusak sedang, dan sisanya mengalami rusak ringan. Perkiraan sementara untuk kerusakan yang terjadi pada rumah, menimbulkan total kerugian Rp500 juta.

Sedangkan untuk ruas jalan yang terkena longsor, terban, amblas menyumbangkan kerugian sekitar Rp2,6 miliar. “Angka itu masih dalam catatan laporan sementara. Ada kemungkinan tambahan,” ujar Kepala Badan Kesbangpol dan PBD Sawahlunto, Adriyusman kepada Haluan, Kamis (13/6).

Sedikitnya 5 unit rumah mengalami rusak berat di Desa Pasar Kubang. Pemerintah Kota Sawahlunto, melalui Badan Kesbangpol dan BPD, Dinas Sosial dibantu Satpol PP dan Damkar, serta Tagana, terjun langsung ke rumah masyarakat yang terkena bencana.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta bersama Wakil Walikota Zohirin Sayuti, juga langsung terjun ke rumah masyarakat yang terdampak, menyerahkan bantuan berupa uang, makanan, hingga tenda, pakaian dan peralatan dapur.

“Secara geografis Sawahlunto tingkat kemiringan di atas 30 derajat, yang menjadi factor utama terjadinya bencana ketika hujan datang. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati,” ujar Deri Asta.

Bersama Zohirin Sayuti, Deri Asta mengatakan, masyarakat bersama aparatur desa untuk kembali menggalakan semangat gotong royong, membenahi aliran air, baik dalam bentuk drainase dan roil, sehingga aliran air dapat lebih terarah.

Alharis (54), warga Desa Pasar Kubang, separuh rumahnya terdampak longsoran, rumahnya ditimpa beberapa pohon. Sementara, Afrizal (65), yang juga warga Desa Pasar Kubang, dua bagian rumahnya mengalami longsor. (h/Nto)


Reporter : Nto /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM