Ditinggal Pergi Bekerja, Rumah Junaidi Ludes Terbakar


Kamis, 13 Juni 2019 - 17:43:47 WIB
Ditinggal Pergi Bekerja, Rumah  Junaidi Ludes Terbakar Rumah Junaidi di Kayu Kalek, Padang ludes terbakar. PERI

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Satu unit rumah ludes terbakar di RT 01 RW 1 Kayu Kalek, Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah, Padang, pada Kamis (13/6). Pemiliknya sedang bertugas di kantor.

Rumah  semi permanen ini terbakar ketika sedang  ditinggal pemiliknya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Selain itu satu unit mini bus merek Suzuki Ertiga bernomor polisi BA 17XX BD yang terparkir dekat rumah juga berhasil diselamatkan oleh petugas dan warga setempat. 

"Kami melihat adanya mobil yang masih terpakir di dalam, selanjutnya kami mendorong mobil tersebut bersama-sama agar dapat keluar dari rumah, dan bisa diselamatkan," kata Fardi (23) salah seorang warga setempat.

Fardi menyebutkan, peristiwa kebakaran itu terjadi pada 09.00 WIB. Kemudian armada dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, datang ke tempat kejadian perkara (TKP) sekitar 09.30 WIB.
"Pemilik rumah memang sedang tidak ada, karena sudah pergi bekerja. Mobil pemadam mendatangi lokasi setelah beberapa menit kejadian. Mungkin karena jarak tempuh juga," kata Fardi.

Selanjutnya dijelaskan Fardi, kobaran api begitu cepatnya membesar dan melahap rumah tersebut. Warga yang melihat kejadian itu juga ikut membantu melakukan pemadaman dengan peralatan dan apa adanya.

Sedangkan Junaidi (53), yang merupakan pemilik rumah mengatakan, bahwa rumahnya memang ditinggal bekerja, dan saat terjadinya kebakaran rumah dalam keadaan kosong. "Barang-barang tidak ada yang terselamatkan, kecuali mobil saya," katanya lagi.
Ia menceritakan awal mengetahui rumahnya terbakar yaitu dari tetangga yang menelfon ke Istrinya, dan istrinya menelfon dirinya. "Saya tinggal hanya berdua dengan istri. Saya dan istri bekerja, sehingga rumah ditinggal dalam keadaan kosong," ucapnya lagi.

"Untuk sementara saya akan tinggal di tempat lain, sampai rumah ini selesai diperbaiki. Saya juga berharap ada bantuan agar secepatnya menghuni rumah saya," harapnya.

Sementara itu Kabid Ops Damkar Kota Padang, Basril mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan kebakaran itu, sekitar 08.30 WIB. Dalam memadamkan api, pihaknya mengabiskan waktu selama satu jam.

"Awalnya kami kirim armada yang di Pos Kecamatan Koto Tangah, yaitu berada di dekat Kantor Camat Koto Tangah. Kemudian dari kantor Mako pusat kami kirim lagi armada. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Tapi dua rumah di samping kiri dan kanan juga ikut terbakar dibagian atap dan belakang serta dinding rumah," ucapnya.

Dijelaskan Basril, untuk penyebab kebakaran, pihaknya belum pengetahuinya. Tapi untuk penyelidikan lebih lanjut ia serahkan kepada pihak yang berwajib yaitu Kepolisian.

"Kepada masyarakat kami mengimbau, bahwa saat meninggalkan rumah, hendaknya disiapkan air di rumah entah itu di dalam bak mandi atau ditempat lainnya. Sehingga pada saat terjadinya kebakaran tidak panik dan bisa melakukan pemadaman sebelum api membesar," ungkapnya.

Ia juga menegaskan bahwa tim pemadam kebakaran selalu siap selama 24 jam, dan jika terjadi kebakaran agar cepat melaporkannya kepada pemadam kebakaran.

"Pada pemadaman itu, kesulitan yang kami alami yaitu, sulitnya sumber air, dan pada hari ini kami menurunkan enam armada untuk menjinakan api," ujarnya. 


Reporter : PERI /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM