Luar Biasa, Pekan Kesenian Andaleh Baruah Mempesona Pengunjung


Kamis, 13 Juni 2019 - 17:57:50 WIB
Luar Biasa, Pekan Kesenian Andaleh Baruah Mempesona Pengunjung Atraksi kesenian tradisional pada Pekan Kesenian Nagari Andaleh Baruah yang mempesona pengunjung. FB

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM-Luar Biasa, ungkapan yang pantas disematkan kepada masyarakat Jorong Andaleh Nagari Andaleh Baruah Bukik Kecamatan Sungayang.  Selama sepekan, masyarakat setempat bersuka cita menggelar pertunjukan berbagai seni tradisi Minang.

Mulai dari Seni silat tradisi, silat olah raga, berbagai tari tradisi dan tari kreasi, permainan debus  hingga musik rebana, permainan anak nagari yang sudah jarang dimainkan, kembali ditunjukkan seperti pacu karung, lomba tangkelek panjang dan lainnya, dilansungkan generasi muda setempat semenjak 5 Juni  hingga Rabu kemarin (12/6).

Puncaknya saat penutupan,  pengunjung tumpah ruah, anak-anak sampai orang tua berkumpul di depan pelataran Masjid Baiturrahim untuk kembali menyaksikan berbagai penampilan tari, silat, musik rebana, badut serta panjat pinang.
 Kehadiran Cimuntu “Orang berkostum dari ijuk” yang menjadi ikon nagari yang dulu disebut desa adat semakin menambah kemeriahan acara.
Bupati Irdinansyah Tarmizi pun mengakui alek nagari yang selalu semarak tersebut sebagai iven yang luar biasa. “Setahu saya di Sumatera Barat, tradisi ini hanya ada di Andaleh Baruah Bukik,” pujinya.
Dikatakan bupati, pemerintah daerah selalu mendukung alek nagari yang selalu dinanti-nanti masyarakat maupun perantau tersebut. “Pekan kesenian Andaleh Baruah Bukik sudah masuk Calender Event Pariwisata Tanah Datar. Kepada masyarakat kita berharap tradisi ini terus dipertahankan karena turut melestarikan budaya dan tradisi Minangkabau,” bupati berpesan.

Yeni Eliza selaku Ketua Panitia menyebutkan tradisi ini sudah berlangsung turun-temurun dan bertujuan untuk memeriahkan perayaan Idul Fitri. “Pekan kesenian ini menambah kegembiraan masyarakat kami menyambut Idul Fitri, selain itu memperkuat silaturahmi antara masyarakat di kampung dengan perantau,” jelas Yeni putra daerah yang juga penyandang gelar Magister Seni.

Selain penampilan seni ucap Ayang panggilan akrab Yeni, juga ada bhakti sosial sunatan massal. “Tahun ini ada 14 anak nagari setempat ikut sunatan massal atas bantuan masyarakat dan perantau,” imbuh Ayang.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Camat Sungayang Aslamuddin, Walinagari dan tokoh-tokoh masyarakat setempat.
 


 Sumber : REL /  Editor : DODI NJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 00:49:34 WIB

    Pejabat Bengkalis Dilarang Dinas Keluar Daerah

    Bengkalis, Haluan — Seluruh pimpinan unit kerja di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau dilarang keluar daerah sampai disahkannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017..
  • Sabtu, 24 September 2016 - 02:54:14 WIB

    Satu Keluarga Hilang Saat Melaut

    Satu Keluarga Hilang Saat Melaut KARIMUN, HALUAN — Ne­layan asal Meral, Suhardi alias Acai Belang (50) dan dua anaknya, Acong (15) dan Cakang (12) dikabarkan hilang saat kapal mereka dihantam badai di perairan antara Pulau Pisang dan Takong Hiu, Karimun, .
  • Rabu, 06 April 2016 - 03:04:59 WIB

    Amazona Keluarkan Sprint Penyidikan

    NATUNA, HALUAN — Ka­polres Natuna, AKBP Ama­zona Pelamonia menegaskan surat perintah (sprint) pe­nyidikan oknum anggota de­wan yang menghamili seorang pelajar sudah resmi ditan­datangani, Senin (4/4). Polres Natuna sud.
  • Rabu, 16 Maret 2016 - 02:45:56 WIB

    Pemko Bangun Jalur Lingkar Luar

    Pemko Bangun Jalur Lingkar Luar PEKANBARU, HALUAN — Program pembangunan kawasan perkotaan Pe­kan­baru,Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan) yang dicanangkan Wa­li Ko­ta Pekanbaru, H Firdaus, bukan sebuah isapan jem­pol..
  • Senin, 07 Maret 2016 - 03:35:42 WIB

    RS Lingga Simpan Obat Kadaluarsa

    LINGGA, HALUAN — Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas di Kabupaten Lingga masih menyimpan obat kadaluarsa. Hal ini terungkap dari hasil inspeksi mendadak (sidak) dilakukan Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar kepada beberapa Ru­m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM