Kabar Gembira Bagi ASN, Pemerintah Cairkan Gaji ke-13 Serempak 1 Juli 2019


Kamis, 13 Juni 2019 - 18:25:19 WIB
Kabar Gembira Bagi ASN, Pemerintah Cairkan Gaji ke-13 Serempak 1 Juli 2019 Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM – Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Pada 1 Juli 2019, pemerintah mencairkan Gaji ke-13 serempak secara nasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan hal itu. Saat ini, sejumlah satuan kerja (satker) sudah mulai mengajukan pencairan anggaran tersebut.

"Pencairan (gaji ke-13) selalu 1 Juli. Prosesnya sekarang sedang dilakukan," ujar Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/6).

Menurut Sri Mulyani, sejumlah satker dari berbagai instansi pemerintahan sudah mulai mengajukan pencairan anggaran tersebut agar bisa dialirkan ke kas masing-masing, mulai dari kementerian di pusat sampai daerah.

"Tadi pagi saya lihat sudah cukup banyak satker yang sudah mulai mengajukan. Mereka sudah selesai Lebaran, jadi satker yang memegang portofolio pembayaran gaji sudah mulai melakukan," jelasnya.

Ia berharap pembayaran gaji ke-13 bisa menjadi stimulus bagi tingkat konsumsi masyarakat. Meski, gaji ke-13 hanya diberikan ke Aparatur Sipil Negara, seperti PNS, TNI, dan Polri.

Sri Mulyani menilai pemberian gaji ke-13 bisa menjadi amunisi baru setelah masyarakat melakukan pengeluaran di libur Lebaran.

"Kalau kemarin dengan THR, yang satu ini (gaji ke-13) untuk masa sekolah baru," kata mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (14/6).

Sebelumnya, Sri Mulyani sudah menganggarkan pencairan THR dan gaji ke-13 masing-masing sebesar Rp20 triliun, sehingga totalnya mencapai Rp40 triliun. Pencairan THR dilakukan sekitar dua pekan sebelum Lebaran.

Pembayaran gaji 13 PNS akan meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja. Jenis komponen yang tertuang dalam PP Nomor 19 Tahun 2018 itu lebih banyak dari 2017 yang hanya terdiri dari gaji pokok.*


 Sumber : cnn /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Oktober 2018 - 14:39:25 WIB

    Kabar Baik, Pendaftaran  CPNS Diperpanjang  Hingga 15 Oktober 2018

    Kabar Baik, Pendaftaran  CPNS Diperpanjang  Hingga 15 Oktober 2018 PADANG,HARIANHALUAN.COM- Pemerintah melalui Panitia Seleksi CPNS Nasional (Panselnas) memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) via portal SSCN sampai dengan tanggal 15 Oktober 2018 puk.
  • Senin, 04 April 2016 - 04:51:33 WIB
    Presiden PKS Teken SK Baru

    Fahri Hamzah Dikabarkan Dipecat

    Fahri Hamzah Dikabarkan Dipecat JAKARTA, HALUAN — Politisi Fahri Hamzah dikabarkan dipecat dari semua jenjang keanggotaan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kabar itu mencuat setelah sebuah surat yang berisi pemecatan Wakil Ketua DPR itu beredar di kalangan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM