Penyebab Banjir dan Tanah Longsor, Walhi Sumbar: Daya Tampung Lingkungan Makin Menurun


Kamis, 13 Juni 2019 - 19:13:00 WIB
Penyebab Banjir dan Tanah Longsor, Walhi Sumbar: Daya Tampung Lingkungan Makin Menurun  Direktur Eksekutif Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumbar, Chaus Uslaini

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Sejumlah wilayah di daerah Sumbar kembali didera bencana ekologis. Beberapa hari terakhir banjir dan tanah longsor meluluhlantakan permukiman, fatsum, bahkan menelan korban jiwa.Perlu perbaikan daya dukung lingkungan secara total. 
   
 Direktur Eksekutif Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumbar, Chaus Uslaini menyatakan,   kejadian banjir dan tanah longsor beberapa hari terakhir di Sumatera Barat tidak bisa dilepaskan dari kaitan dampak perubahan iklim. Dimana terjadi peningkatan curah hujan yang sangat signifikan di wilayah pantai barat pulau Sumatera sehingga memicu terjadinya banjir dan tanah longsor dibeberapa tempat di Sumatera Barat.

"Kondisi ini diperburuk karena semakin menurunnya daya tampung lingkungan kita yang disebabkan perubahan fungsi lahan dan hutan menjadi perkebunan monokultur seperti perkebunan sawit, dan pertambangan," ujarnya  saat dihubungi HarianHaluan.Com, Rabu malam (12/6).

Uslaini menambahkan, berkurangnya area resapan air dan penyempitan aliran sungai serta tersumbatnya aliran sungai karena sampah, juga  memperburuk kondisi ini.

Ia mengingatkan, masyarakat Sumatera Barat harus menyadari bahwa dampak perubahan iklim akan semakin buruk ditahun-tahun mendatang. Tidak hanya di wilayah daratan tapi juga pada masyarakat pesisir dan pulau pulau kecil.

Untuk itu  WALHI Sumbar menyeru  pemerintah lebih  serius melibatkan masyarakat dalam setiap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim untuk meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. 

"Bencana ekologis yang terjadi setiap saat di Sumatera Barat,  tidak hanya dipicu oleh kerusakan lingkungan tapi juga dipengaruhi oleh perubahan iklim secara global," pungkas Chaus. (dn)


 Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 September 2019 - 13:27:49 WIB

    Suhu di Padang Dingin, Ternyata Ini Penyebabnya

    Suhu di Padang Dingin, Ternyata Ini Penyebabnya PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa suhu dingin yang meliputi Kota Padang, Sumatera Barat, merupakan fenomena yang lumrah terjadi saat kemarau panjang..
  • Sabtu, 14 September 2019 - 12:29:14 WIB

    Polri Sebut Bom Perang Dunia Penyebab Ledakan di Mako Brimob

    Polri Sebut Bom Perang Dunia Penyebab Ledakan di Mako Brimob JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mabes Polri menyatakan penyebab ledakan di Mako Brimob di Semarang adalah granat dan bom yang tersisa dari Perang Dunia..
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 17:07:04 WIB

    Kebakaran Hebat di Parak Karakah, Ternyata Ini Penyebabnya

    Kebakaran Hebat di Parak Karakah, Ternyata Ini Penyebabnya PADANG, HARIANHALUAN.COM - Satu unit kedai grosir barang harian hangus terbakar di Jalan Parak Karakah Kelurahan Kubu Dalam, Kecamatan Padang Timur, Selasa (6/7) sekitar pukul 11.40 WIB. .
  • Rabu, 31 Juli 2019 - 16:09:24 WIB

    Ternyata Ini Penyebab Juru Sita PN Pariaman Eksekusi Dua Ruko

    Ternyata Ini Penyebab Juru Sita PN Pariaman Eksekusi Dua Ruko PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jurusita Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1B Pariaman melakukan eksekusi terhadap objek perkara atas permohonan eksekusi atas putusan PN Pariaman Nomor: 26/PDT.G/2007/PN.Prm yang mana telah dikuatkan .
  • Senin, 17 Juni 2019 - 12:03:26 WIB

    Tabrakan Tragis di Lintas Medan-Aceh, Inilah Penyebabnya

    Tabrakan Tragis di Lintas Medan-Aceh, Inilah Penyebabnya BANDA ACEH, HARIANHALUAN.COM- Hingga siang ini sudah 6 orang korban meninggal dunia  akibat tabrakan  tragis mobil penumpang  Daihatsu Xenia BK 1085 ZS, bus Sempati Star BL 776 AA dan bus Atlas BL 7555 G terjadi di lintasa.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM