Penyebab Banjir dan Tanah Longsor, Walhi Sumbar: Daya Tampung Lingkungan Makin Menurun


Kamis, 13 Juni 2019 - 19:13:00 WIB
Penyebab Banjir dan Tanah Longsor, Walhi Sumbar: Daya Tampung Lingkungan Makin Menurun  Direktur Eksekutif Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumbar, Chaus Uslaini

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Sejumlah wilayah di daerah Sumbar kembali didera bencana ekologis. Beberapa hari terakhir banjir dan tanah longsor meluluhlantakan permukiman, fatsum, bahkan menelan korban jiwa.Perlu perbaikan daya dukung lingkungan secara total. 
   
 Direktur Eksekutif Daerah Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sumbar, Chaus Uslaini menyatakan,   kejadian banjir dan tanah longsor beberapa hari terakhir di Sumatera Barat tidak bisa dilepaskan dari kaitan dampak perubahan iklim. Dimana terjadi peningkatan curah hujan yang sangat signifikan di wilayah pantai barat pulau Sumatera sehingga memicu terjadinya banjir dan tanah longsor dibeberapa tempat di Sumatera Barat.

"Kondisi ini diperburuk karena semakin menurunnya daya tampung lingkungan kita yang disebabkan perubahan fungsi lahan dan hutan menjadi perkebunan monokultur seperti perkebunan sawit, dan pertambangan," ujarnya  saat dihubungi HarianHaluan.Com, Rabu malam (12/6).

Uslaini menambahkan, berkurangnya area resapan air dan penyempitan aliran sungai serta tersumbatnya aliran sungai karena sampah, juga  memperburuk kondisi ini.

Ia mengingatkan, masyarakat Sumatera Barat harus menyadari bahwa dampak perubahan iklim akan semakin buruk ditahun-tahun mendatang. Tidak hanya di wilayah daratan tapi juga pada masyarakat pesisir dan pulau pulau kecil.

Untuk itu  WALHI Sumbar menyeru  pemerintah lebih  serius melibatkan masyarakat dalam setiap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim untuk meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana. 

"Bencana ekologis yang terjadi setiap saat di Sumatera Barat,  tidak hanya dipicu oleh kerusakan lingkungan tapi juga dipengaruhi oleh perubahan iklim secara global," pungkas Chaus. (dn)

loading...
 Editor : DODI NJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]