Perpustakaan Politani Payakumbuh Sudah Terapkan Teknologi Informasi


Kamis, 13 Juni 2019 - 19:20:31 WIB
Perpustakaan Politani Payakumbuh Sudah Terapkan Teknologi Informasi Kamus Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Payakumbuh. IST

PAYAKUMBUH,HARIANHALUAN.COM-Perpustakaan Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Payakumbuh sudah menerapkan teknologi informasi sebagai penunjang pendidikan dan pelaksanaan Tri dharma perguruan tinggi.

Direktur Politani Payakumbuh Elvin Hasman menyampaikan perpustakaan perguruan tinggi menjadi yang paling banyak memberikan banyak kontribusi.

"Kontribusi tersebut dalam hal penyebaran informasi ilmiah di bidang pendidikan dan juga memiliki peran penting dalam rangka membantu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat)," jelas Elvin.

Menurut Pedoman Umum Perpustakaan Perguruan Tinggi, tujuan diselenggarakannya Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah untuk mendukung, memperlancar serta mempertinggi kualitas pelaksanaan program kegiatan Perguruan Tinggi melalui pelayanan informasi.

"Pelayanan informasi tersebut meliputi lima aspek yaitu pengumpulan informasi, pelestarian informasi, pengolahan informasi, pemanfaatan informasi dan penyebarluasan informasi," kata dia.

Ia menambahkan, untuk mencapai tujuan perpustakaan perguruan tinggi tersebut, maka perpustakaan Politani Payakumbuh berusaha untuk menyediakan koleksi, layanan, dan fasilitas yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna dengan cepat dan tepat serta efisien.

Disamping itu pula, penerapan teknologi informasi di perpustakaan Politani Payakumbuh menjadi tolak ukur untuk mengetahui tingkat kemajuan perpustakaan.

Hal tersebut kata dia, dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa terintegrasi dari seluruh kegiatan yang ada di perpustakaan politani dan mengembangkan aplikasi unggah (upload) mandiri berupa laporan mahasiswa dan dosen yang dihasilkan oleh seluruh sevitas akademika.

Beberapa aplikasi telah di kembangkan perpustakaan politani. Antara lain aplikasi Slims, ETD, Repository dan Website Perpustakaan.

Slims (Senayan Library Management System) yang di kembangkan perpustakaan politeknik pertanian negeri payakumbuh bersifat open source dan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan politani baik dari proses peminjaman/pengembalian dengan menggunakan sistem barcode dengan cara menscan barcode buku dan akan muncul struck peminjaman atau pengembalian buku seperti kita berbelanja di swalayan, perpanjangan online, buku pengunjung online, katalog online, stock opname, dll.

ETD (Elektronik Thesis and Disertation) yaitu berupa aplikasi unuk mengupload mandiri laporan mahasiswa (berupa proyek usaha mandiri dan tugas akhir mahasiswa).

Sementara Repository (http://Repository.politanipyk.ac.id) yaitu berupa hasil karya (lokal content) yang yang di publikasi secara online dari seluruh sevitas akademika baik laporan dosen berupa penelitian,pengabdian pada masyarakat,laporan plp dan laporan mahasiswa.

Kemudian Website Perpustakaan (http://lib.politanipyk.ac.id) yaitu berupa website yang bisa di akses internet seluruh kegiaatan perpustakaan politani.

"Disamping penerapan teknologi informasi yang berjalan di perpustakaan politani juga bergabung dalam forum kerjasama perpustakaan perguruan tinggi negeri (fkp2tn) untuk meningkatkan kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi di seluruh indonesia baik kerjasama dalam segi teknologi, koleksi, dan pengembangan sumberdaya manusia," sebut Elvin.

Perpustakaan Politani juga telah menjalin Kesepahaman Bersama MOU dengan Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang ada di Sumatera Barat.

Fasilitas perpustakaan politani juga dilengkapi dengan cctv dan pelayanan internet dengan menyediakan beberapa pc komputer dengan sistem linux serta wifi yang tersedia bagi pengguna perpustakaan. 

Untuk kenyamanan membaca agar bisa bertahan lama di pustaka juga di lengkapi alunan lagu instrumen, desiran air mancur yang di sediakan pustaka dan untuk keindahan ruangan di lengkapi dengan hijaunya bunga-bunga yang tersediah disetiap pojok ruangan. Susunan koleksi yang teratur berdasarkan klasifikasi DDC serta kebersihan yang terjaga, pelayanan yang ramah dan cepat membuat para pengguna pustaka merasa nyaman. 


Reporter : YESI /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM