Oknum Perusak Fastum Diamankan, Permasalahan Saluran Pembuangan Temui Titik Terang 


Kamis, 13 Juni 2019 - 19:42:03 WIB
Oknum Perusak Fastum Diamankan, Permasalahan Saluran Pembuangan Temui Titik Terang  Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran meninjau langsung kondisi WC umum saat turun lapangan ke Pasar Padang Panjang beberapa waktu yang lalu. APIZ RAJO ALAM

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM- Salah satu permasalahan di Pasar Pusat Padang Panjang yakni terkait saluran pembuangan hampir menemui titik terang. Kamis (13/6), anggota kebersihan dan keamanan pasar Padang Panjang berhasil mengamankan seorang oknum yang diduga melakukan tindakan perusakan fasilitas umum yang mengakibatkan tersumbatnya saluran pembuangan di Pasar Pusat tersebut.

Informasi yang himpun Haluan dilapangan, beberapa waktu belakangan, para pedagang dan pengunjung Pasar Pusat Padang Panjang sering mengeluhkan tentang bau tidak sedap yang berasal dari WC umum yang ada di pasar tersebut.

Meskipun telah dibersihkan oleh petugas kebersihan, namun bau tidak sedap tersebut masih saja tetap tercium oleh para pedagang dan pengunjung Pasar Padang Panjang. tentunya hal tersebut menjadi tanda tanya besar oleh para pedagang, pengunjung bahkan Pemerintah Kota Padang Panjang. 

Dalam beberapa kali turun lapangan ke Pasar Pusat Padang Panjang itu, Walikota Padang Panjang Fadly Amran juga sering mendengar keluhan terkait bau tak sedap yang tak kunjung hilang dan bersumber dari WC tersebut. Menanggapi hal tersebut, beberapa antisipasi pun telah dilakukan Pemko melalui Dinas terkait.

"Beberapa kali melakukan peninjauan dan menyerap aspirasi para pedagang, keluhan terhadap bau tak sedap yang bersumber dari WC tersebut selalu terdengar dari para pedagang. Untuk itu kami, menugaskan kepada UPTD Pasar untuk segera mencari tahu benang merah yang menjadi sumber permasalahan tersebut," tutur Fadly Amran kepada Haluan, Kamis kemarin.

Dikatakannya, saat tinjauan lapangan ke Pasar Pusat Padang Panjang pada hari Selasa (11/6) kemarin, Fadly Amran kembali
mendapati bau tak sedap yang bersumber dari WC tersebut. Seperti ada yang tidak beres, Fadly Amran kembali menekankan kepada Dinas dan UPTD Pasar untuk segera 
mencari tahu penyebab dari permasalahan tersebut.

Setelah dilakukan pengintaian, akirnya petugas kebersihan dan keamanan di Pasar Padang Panjang berhasil mendapati seorang oknum yang sengaja membuang sampah berupa kulit dan perut ayam potong ke kloset di WC tersebut, tentu saja hal tersebut menjadi dalang tersumbat nya WC dan berdampak pada bau tak sedap di Pasar nan megah itu.

"Kami memang sudah curiga ada oknum yang sengaja melakukan tindakan yang merugikan tersebut. beberapa waktu belakangan kami melakukan pengintaian, ternyata benar ada oknum yang sengaja membuang  sampah ke kloset WC tersebut. Melihat hal itu tentunya kami langsung melaporkan kepada Kepala UPTD Pengelola Pasar selaku pimpinan kami," ujar salah seorang petugas keamanan saat berbincang-bincang dengan Haluan Kamis sore itu.

Sementara itu, Hasrat selaku Kepala UPTD Pengelola Pasar saat di konfirmasi Haluan menuturkan, setelah mendapatkan laporan dari anggotanya tersebut, ia pun langsung menugaskan tim untuk menjemput oknum tersebut dan membawa ke kantor UPTD pengelolaan pasar Padang Panjang.

"Setelah oknum tersebut datang ke kantor UPTD pasar Padang Panjang, kami segera berkoordinasi dengan pihak satpol PP untuk mengamankan oknum tersebut dan selanjutnya bersama Satpol PP kami membuat laporan kepolisian ke Polsek Padang Panjang," sebut Hasrat.

Terpisah, Kapolsek Padang Panjang AKP Yuhendri saat dikonfirmasi Haluan membenarkan, telah menerima laporan dari pihak UPTD Pengelola pasar Padang Panjang terkait adanya tindakan pengrusakan fasilitas umum di pasar Padang Panjang.

"Laporan memang telah masuk ke Polsek Padang Panjang selanjutnya kami akan mengumpulkan keterangan sembari berkordinasi dengan Polres Padang Panjang," sebut AKP. Yuhendri seraya mengatakan tindak perusakan Fasum tersebut termasuk dalam Tindak Pidana Ringan (Tipiring).  


Reporter : APIZ /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM