Sampai Juni, Ada 80 Permohonan Santunan Kematian di Padang


Kamis, 13 Juni 2019 - 22:49:37 WIB
Sampai Juni, Ada 80 Permohonan Santunan Kematian di Padang Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sampai dengan pertengahan Juni 2019 ini, Bagian Kesra Kota Padang mencatat kurang lebih ada 80 permohonan yang masuk ke pihaknya untuk mendapatkan santunan kematian.

Hal itu disampaikan Kabag Kesra Kota Padang, Jamilus saat dihubungi via telepon, Kamis, (13/6). Ia mengatakan, dari 80 permohonan sudah ada yang diproses ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang.

"Total kurang lebih ada 80 permohonan yang sudah masuk dan ada yang sudah kita cairkan santunan kematiannya. Proses pencairan tidak akan lama selama telah memenuhi syarat," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini penyaluran santunan hanya untuk warga Kota Padang yang miskin yang ditandai oleh kartu Jamkesmas atau Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Syaratnya, memiliki KTP berdomisili di Kota Padang, Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Miskin, Kartu Jamkesmas/Jamkesda/Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Ahli Waris dan sejenisnya serta Surat Keterangan Kematian dari kelurahan setempat," ujarnya.

Setelah dipastikan syarat-syarat dari pemohon sudah lengkap, katanya, pihaknya akan langsung membuat telaah staff (TS) yang nantinya akan diajukan permintaan persetujuan kepada Sekda Kota Padang. Apabila sudah disetujui oleh Sekda, pihaknya akan langsung mengirimkan persetujuan tersebut kepada BPKAD Padang.

Sebelumnya, selama tahun 2018, kata Jamilus, lebih dari 100 warga yang mendapatkan santunan kematian dari Pemko Padang. Terkait penyerahan santunan kematian itu, kata Jamilus, program ini telah direvisi kembali sesuai keluarnya Perwako No. 12 tahun 2015.

Dalam Perwako itu menjelaskan, bahwa santunan kematian hanya diberikan bagi setiap warga Kota Padang yang meninggal dunia sesuai aturan dan persyaratan yang ditentukan.

“Jadi, program ini sedikit dirobah sesuai aturan yang telah dianjurkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Dimana bantuan dapat diberikan sesuai kriteria yang ditentukan, dengan syarat wajibnya berasal dari keluarga kurang mampu,” sebutnya.

Ia mengatakan, pada awal program Wali Kota Padang, santunan ini untuk seluruh warga Kota Padang. Tapi, program ini memang sempat terganjal oleh peraturan dari pusat.

"Ini program yang sudah cukup lama dan InsyaAllah akan terus dijalankan selama ada masyarakat kita yang mengurusnya," ujarnya. (*)

Reporter : Akmal /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 14:29:42 WIB

    Tekan Sebaran Corona, Pasien Diminta Jujur Sampaikan Riwayat Perjalanan

    Tekan Sebaran Corona, Pasien Diminta Jujur Sampaikan Riwayat Perjalanan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus Corona di Padang terus bertambah. Seiring dengan banyak terpantaunya warga yang baru saja melakukan perjalanan dari daerah terjangkit virus tersebut..
  • Senin, 27 Januari 2020 - 20:40:32 WIB

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan nota penjelasan Wali Kota Padang terkait usulan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemk.
  • Ahad, 15 September 2019 - 12:37:42 WIB

    Warga Kuranji Sampaikan Aspirasi ke Dewan dari Dapilnya

    Warga Kuranji Sampaikan Aspirasi ke Dewan dari Dapilnya PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z.Latif dari Partai Golkar, Dapil Padang II Kecamatan Kuranji Pauh, kemarin gelar acara silahturahim serta syukuran sekaligus dirangkai dengan agenda menjemput asp.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 23:24:09 WIB

    Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli

    Hasil Panen 4.731 Ton, Stok Beras Padang Aman Sampai Juli PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dinas Pangan Kota Padang memprediksi ada sekitar 4.731 ton beras akan dihasilkan dari panen padi di Bulan Mei ini. Panen kali ini akan menjamin ketersediaan dan harga beras akan stabil sampai setela.
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 22:51:50 WIB

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau memperkirakan Kota Padang akan diguyur hujan sampai akhir Januari 2019. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stas.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM