Paling Rawan Macet, Pemko Padang Kaji Pelebaran Jalan Perintis Jati


Jumat, 14 Juni 2019 - 22:32:31 WIB
Paling Rawan Macet, Pemko Padang Kaji Pelebaran Jalan Perintis Jati Arus jalan semakin pada dilewati kendaraan di Padang, sehingga rawan macet. dok/haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemko Padang sedang mempersiapkan perlebaran beberapa ruas jalan dibeberapa lokasi yang semakin padat dilalui kendaraan. Salah satunya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jati yang terus padat dan macet setiap hari.

Pihak Pemko Padang saat ini sedang memperhitungkan bagaimana dapat memperlebar jalan tanpa harus mengganggu drainase yang ada.

"Kalau kita perlebat ke arah barat, tentu akan sangat besat uang ganti rugi yang harus disiapkan karena akan bersentuhan dengan rumah dan beberapa gedung," kata Kepala Bappeda Padang, Medi Iswandi, Jumat (14/6).

Ia mengatakan, Pemko Padang akan berbicara dengan Balai Sungai terkait kemungkinan akan diperlebarnya jalan ini. Sebab salah satu alternatif dengan memakai trotoar yang nantinya dibangun di atas sungai.

"Makanya akan kita bicarakan terlebih dahulu dengan Balai Sungai, apakah tidak apa-apa membangun trotoarnya di atas sungai tersebut," ujarnya.

Selain itu, sebut Medi, pihaknya juga akan memperlebar jalan Adinegoro dan Padang Selatan yang termasuk jalan negara.

Sebelumnya, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, guna mengatasi kemacetan dan meningkatkan keselamatan untuk pengendara, akan dibangun dua jalan layang baru di Kota Padang. Pembangunan dua jalan layang ini menggunakan APBN yang direncanakan dimulai pada tahun 2020.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Padang saat ini sedang menunggu keputusan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk titik tanah yang akan dilakukan pembebasan lahan dalam proyek pembangunan jalan layang di Kota Padang.

"Saat ini Pemio Padang bersama dengan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi telah melaksanakan survei untuk titik tanah yang akan dibebaskan. Kita tunggu arahan dari provinsi, titik mana yang akan dibebaskan," ujarnya.

Ia mengatakan, dua titik yang akan dibangun jalan layang ini, yakni Tabing dan Lubuk Buaya. Pihak dari Kementrian PUPR juga sudah melakukan studi kelayakan.

"Beberapa waktu lalu pihak Kementrian PUPR sudah melaksanakan studi kelayakan untuk dua titik yang akan dibangun ini," ujarnya. (*)

loading...
Reporter : Akmal /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 06:06:39 WIB

    6 Ribu Tenaga Kerja di Padang Kena PHK, Paling Banyak Lulusan Sarjana

    6 Ribu Tenaga Kerja di Padang Kena PHK, Paling Banyak Lulusan Sarjana HARIANHALUAN.COM - Jika mahasiswa bisa didisiplinkan dalam mematuhi protokoler kesehatan, kuliah daring bisa ditinggalkan dan kuliah tatap muka bisa dilakukan seperti sebelum Pandemik Covid-19..
  • Selasa, 21 Juni 2016 - 16:39:36 WIB

    Gubernur Sumbar : THR Paling Lambat 7 Hari Jelang Lebaran

    Gubernur Sumbar : THR Paling Lambat 7 Hari Jelang Lebaran PADANG, HALUAN— Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengancam akan memberikan sanksi kepada perusahaan yang terlambat menunaikan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk karyawan..
  • Kamis, 24 Maret 2016 - 04:24:48 WIB
    14.128 Rumah Terendam

    Kecamatan Koto Tangah Paling Parah

    PADANG, HALUAN — Dari sebelas kecamatan yang ada di Kota Padang, tiga kecamatan diantaranya merupakan daerah terparah terkena banjir, Selasa (22/3) kemarin. .
  • Kamis, 10 Maret 2016 - 05:05:07 WIB

    GMT Sentuh Sumbar Paling Awal

    GMT Sentuh Sumbar Paling Awal Fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) akhirnya benar-benar melintas di bumi nu­santara dan wilayah Sumbar-lah yang pertama di­sentuh. Berbeda dengan daerah lain yang eforia, Sumbar justru menyambutnya dengan ibadah..
  • Sabtu, 05 Maret 2016 - 03:58:00 WIB
    Menuju Kursi Ketua DPW PAN Sumbar

    Kans Taslim dan FB Paling Besar

    Kans Taslim dan FB Paling Besar PADANG, HALUAN — Lima orang formatur yang dihasilkan dari Muswil IV PAN Sumbar, masing-masingnya Fauzi Bahar (FB), Taslim, Guspardi Gaus (GG), Ali Mukhni (AM) dan Indra Dt Rajo Lelo, merasa mampu mengelola partai untuk lima.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]