Mudik Gratis KM Sabuk Nusantara 68 Angkut 2.400 Penumpang


Sabtu, 15 Juni 2019 - 14:44:31 WIB
Mudik Gratis KM Sabuk Nusantara 68 Angkut 2.400 Penumpang KAPAL KM Sabuk Nusantara 68 telah membawa 2.400 penumpang, dengan rute penyeberangan Kepulauan Mentawai – Padang dalam program Mudik Gratis 2019. REDI

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Sepanjang arus Mudik libur lebaran Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 kapal KM Sabuk Nusantara 68 telah membawa sedikit 2400 penumpang, dengan rute penyeberangan Kepulauan Mentawai - Padang.

Hal itu dikatakan Kapten Kapal Sabuk Nusantara 68 Wimo Bintoro kepada wartawan baru-baru ini di Pelabuhan Teluk Bayur, dimana jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari jumlah kuota yang ditetapkan sebelumnya yakni 1100 penumpang.

"Hal ini di luar ekspektasi kita, dimana jumlah penumpang mudik gratis yang kita rencanakan sebelumnya hanya untuk 1.100 penumpang, namun sebelum sampai pada tanggal 29 Mei 2019 waktu yang ditargetkan, kuota mudik gratis sudah habis terjual," tuturnya.

Melihat tingginya jumlah penumpang dan tenggat waktu yang ditargetkan masih panjang kata Wimo, PT. Semen Padang dan PT. Pelni memberi tambahan 1 trip perjalanan mudik gratis, "itu pun penumpangnya banyak, sehingga mencapai 2.400 penumpang, untuk itu tahun depan kita sepakat akan ditambah kuota mudik lebaran menjadi 3.000 penumpang," terang Wimo.

Ia menyebutkan program tersebut merupakan kerja sama antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Padang dan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) setiap tahunnya, dimana Tahun 2018 lalu pihaknya juga mengadakan program tersebut.

Ia menjelaskan Kapal Km Sabuk Nusantara 68 memiliki kemampuan membawa penumpang sebanyak 472 orang, sesuai dengan jumlah ranjang yang ada, disamping itu pihaknya juga memiliki 36 ranjang di kamar Anak Buah Kapal (ABK), yang bisa dijadikan tempat penumpang apabila diperlukan.

"Sebetulnya sesui dengan alat keselamatan dan ditambah alat keselamatan ekstra, kita punya totalnya 572, kemudian ranjang penumpang 472 dan ditambah ranjang di kamar ABK 36 ranjang," paparnya

Selanjutnya Ia memaparkan KM Sabuk Nusantara berlayar sebanyak 6 trip dalam sebulan, dimana dalam satu trip menempuh perjalan selama 3 sampai kembali ke pelabuhan Teluk Bayur.

Adapun rute yang ditempuh setiap tripnya Antara lain, Teluk Bayur - Labuhan Bajau - Sikabaluan/Pokkai - Muara Saibi - Siberut/Maileppet - Peipei/Mabukkuk - Tuapeijat - Penasahan dan kembali lagi ke Teluk Bayur

Trip berikutnya Teluk Bayur - Penasahan - Tuapejat - Sioban - Pasapuat - Sikakap - Sinakak - Sikakap - Penasahan dan kembali ke Teluk Bayur.

Selanjutnya trip Teluk Bayur - Sioban - Sikakap - Pasapuat - Sioban - Tuapejat - Penasahan dan kembali ke Teluk Bayur. Masing masing trip dilakukan sebanyak 2 kali dalam sebulan.

"Sekarang animo masyarakat sangat tinggi untuk menggunakan kapal Sabuk Nusantara ini, karena selain mudik gratis, harga tiket yang kita jual juga sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya, kita juga memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penumpang," pungkasnya. (h/red)

 


Reporter : Redi /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Mei 2019 - 11:13:17 WIB

    DPRD Minta Jalan Mulus Sambut Pemudik

    DPRD Minta Jalan Mulus Sambut Pemudik PADANG, HARIANHALUAN.COM—Jelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Komisi IV DPRD Sumbar meminta dinas terkait segera memetakan dan memperbaiki jalan provinsi yang mengalami kerusakan. Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, .
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 23:56:18 WIB

    Sambut Perantau Mudik Lebaran, NPM Tambah Armada Rute Jakarta - Sumbar

    Sambut Perantau Mudik Lebaran, NPM Tambah Armada Rute Jakarta - Sumbar PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM – Mahalnya harga tiket pesawat, tentu akan berdampak kepada Perusahaan Otobus menjelang musim mudik Lebaran 2019. Para perantau diprediksi lebih memilih mudik menggunakan bus daripada naik P.
  • Rabu, 21 Juni 2017 - 00:32:52 WIB

    Polres Pasaman Fokus Amankan Arus Mudik

    Polres Pasaman Fokus Amankan Arus Mudik PASAMAN, HALUAN - Kepala Kepolisian Resor (Polres) Pasaman, AKBP Reko Indro Sasongko meminta seluruh jajarannya untuk fokus dalam pengamanan hari raya Idul Fitri. Termasuk memberi kenyamanan bagi para pemudik. .
  • Kamis, 15 Juni 2017 - 09:19:57 WIB

    Saat Mudik, Lonjakan Penumpang Diprediksi 5 Persen

    Saat Mudik, Lonjakan Penumpang Diprediksi 5 Persen PADANG,HALUAN—Dinas Perhubungan (Dishub) Sumbar memperkirakan jumlah penumpang angkutan lebaran tahun 2017 mengalami peningkatan Sekitar 5 persen hingga 10 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk tahun lalu total penumpang an.
  • Rabu, 13 Juli 2016 - 13:45:25 WIB

    Polsek Tanjung Gadang Timbun Jalan Rusak Demi Kenyamanan Pemudik

    Polsek Tanjung Gadang Timbun Jalan Rusak Demi Kenyamanan Pemudik SIJUNJUNG,HALUAN-- Karena seringnya pengguna, khususnya pengendara roda dua yang terjatuh akibat kondisi Jalinsum yang rusak dan berlobang, petugas kepolisian sektor (Polsek) Tanjung Gadang dikomandoi langsung Kapolsek AKP Ar.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM