Berdayakan Asset Pasar Songket, Sawahlunto Boyong Investor


Senin, 17 Juni 2019 - 13:54:23 WIB
Berdayakan Asset Pasar Songket, Sawahlunto Boyong Investor Walikota Sawahlunto bersama investor melakukan peninjauan Pasar Songket. NTO

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Empat tahun tidak mendapat lirikan berarti dari pedagang, Pasar Songket yang berdiri megah di kawasan Simpang Muaro Kelaban Sawahlunto, kini ditawarkan ke pihak ketiga untuk dikelola dan dikembangkan.

Perantau yang juga tokoh masyarakat Silungkang, Herman Nawas mendapat tawaran dari Pemerintah Kota Sawahlunto, untuk berinvestasi di tanah kelahirannya, mengembangkan Pasar Songket yang dibangun 2015 lalu itu.

Mendapat tawaran dari Pemerintah Sawahlunto, Herman Nawas menyatakan sangat tertarik untuk mengembangkan Pasar Songket tersebut, dengan melakukan beberapa inovasi terhadap bangunan yang ada.

“Kita tunggu surat dari pemerintah daerah, begitu prosedur administrasi selesai, kami akan turunkan tim untuk melakukan pengerjaan secara teknis,” ungkap Herman Nawas, ketika meninjau kawasan Pasar Songket bersama Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Minggu (16/6).

Bagi Herman Nawas, respon positif yang diberikannya atas tawaran Pemerintah Sawahlunto untuk mengembangkan Pasar Songket, merupakan bagian dari pengabdiannya terhadap Sawahlunto sebagai tanah kelahiran dan kampung halaman.

Herman Nawas merencanakan Pasar Songket akan memadukan antara galeri songket dengan usaha kuliner, khususnya rumah makan yang memiliki ciri khas, yang dapat mendatangkan daya tarik tersendiri bagi mereka yang melintasi ruas lintas Sumatera itu.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta yang hadir bersama Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengungkapkan apresiasi atas respon yang diberikan Herman Nawas. Bagi Sawahlunto, Pasar Songket merupakan asset yang harus diberdayakan.

“Alhamdulillah, penawaran yang kita sampaikan kepada Bapak Herman Nawas mendapatkan respon dengan antusias yang ditunjukan beliau,” ungkap Walikota Sawahlunto, Deri Asta, sambil meninjau kawasan Pasar Songket.

Menurut Bapak tiga anak itu, Pasar Songket harus diwarnai dengan kegiatan yang bersifat rutin, salah satunya dengan mendirikan rumah makan yang spesifik. Bisa saja rumah makan spesifik Silungkang, dengan tetap mengusung songket dan cenderamata Sawahlunto.

Pemerintah, lanjut Deri Asta akan segera mempersiapkan semua administrasi yang dibutuhkan, agar kerja sama dapat terealisasi dengan cepat dan memberikan dampak positif terhadap masyarakat Sawahlunto.

Deri Asta sangat yakin, berkembangnya Pasar Songket yang memiliki kespesifikan akan memberikan dampak terhadap positif terhadap kunjungan wisatawan ke Kota Sawahlunto.

Sementara itu, Ketua DPRD Sawahlunto, Adi Ikhtibar menyatakan menyambut baik langkah, Herman Nawas, tokoh masyarakat Silungkang Sawahlunto yang memberikan perhatian besar terhadap kemajuan kota seluas 279,5 kilometer persegi itu.

Bagi Adi Ikhitbar, pemerintah daerah harus menangkap dengan cepat respon yang diberikan pendiri UPI YPTK Padang tersebut. Sebab akan begitu banyak dampak jangka panjang yang ditimbulkan.

Mulai dari hidupnya kembali Pasar Songket, kawasan Muaro Kelaban sebagai etalase Kota Sawahlunto juga akan semakin terbangun dengan baik, yang tidak kalah pentingnya akan terbuka peluang kerja. (h/Nto)

Reporter : Nto /  Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]