UKM Sulit Air Ikuti Pelatihan e-Commerce


Senin, 17 Juni 2019 - 17:44:02 WIB
UKM Sulit Air Ikuti Pelatihan e-Commerce Sebanyak 50 orang pelaku UKM di Nagari Sulit Air Kec. X Koto Diatas terlihat antusias mengikuti pelatihan E-Commerce yang digelar di aula kantor wali nagari setempat. Pelatihan itu diharapkan meningkatkan daya saing produk UKM setempat dengan pemasaran berbasis online. WANDI MALIN

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 50 orang warga Sulit Air mengikuti pelatihan bisnis E-Commerce sebagai pengembangan dari UKM yang ada di Sulit Air. Pelatihan ini diberikan oleh Fajar Aditya Emoza, S.Kom, putra Sulit Air yang telah menggeluti bisnis online yang digelar di ruang rapat Kantor Wali Nagari Sulit Air, Minggu (16/6).

Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dunia UKM di daerah itu, karena di samping membuka berbagai peluang bisnis, konsep pemasaran online akan memudahkan UKM setempat untuk memasarkan produknya kepada masyarakat luas.

Baca Juga : Penyekatan Mudik, Kapolda Sumbar: Belum Ada yang Nekat Menerobos

“Saya ingin pelaku UKM di Nagari Sulit Air dapat memasarkan produknya melalui online shop sehingga bisa menjangkau masyarakat luas,” kata tokoh masyarakat setempat Dt. Tan Aceh yang mensponsori kegiatan tersebut.

Wali nagari yang diwakili oleh Sekretaris Nagari Meri Aswita, A.Md mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk pengembangan UKM masyarakat yang didorong oleh perantau setempat.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Positif: 300, Sembuh: 302, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Dia berharap agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik untuk kemudian diterapkan dalam usaha. “Dengan konsep online, usaha kecil dapat berkembang dengan pesat. Tinggal lagi kejelian memanfaatkan peluang serta kreatifitas memasarkan,” ujar Meri.

Sementara itu narasumber Fajar Aditya Emoza, S.Kom, yang merupakan putra asli Sulit Air dari suku Singkek Sojik menyebutkan, saat ini di Sulit Air terdapat beberapa UKM dengan berbagai produk mulai dari makanan ringan dan tradisional seperti sagun bakar, kue sopik, kareh-kareh sampai produk konveksi seperti mukena, bordiran dan sulaman.

“Dengan pemasaran onlie, berbagai peluang tentu akan lebih terbuka dibandingkan pemasaran konvensional yang masih monoton. Tugas kami untuk memotivasi para pelaku UKM di nagari ini untuk berpacu memanfaatkan teknologi informasi secara positif untuk kemajuan usaha mereka,” ucapnya. (h/ndi)

Reporter : Wandi Malin | Editor : HSP
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]