Gempa 5,3 SR Goyang Pasbar, Warga di Zona Merah Berhamburan


Senin, 17 Juni 2019 - 19:27:02 WIB
Gempa 5,3 SR Goyang Pasbar, Warga di Zona Merah Berhamburan ILustrasi Mitigasi

PASBAR, HARIANHALUAN.COM-Gempa yang berkekuatan 5,3 SR menjelang  magrib yang berpusat di Pasbar warga  yang berada di zona merah berhamburan menyelamatkan diri. 


 Menurut Kepala BPBD Pasbar Try Wahluyo mitigasi bencana mandiri sudah berulang kali disampaikan kepada masyarakat, dan masyarakat juga sudah dibekali bagaimana mitigasi mandiri. Selain itu, mitigasi juga sudah disinkronkan dengan pemerintah nagari dan jorong.

"Pelatihan dan kesiapan bencana sudah kita lakukan semenjak Mega trust mentawai. Kerena Pasbar termasuk salah satu wilayah yang diwaspadai," jelas Try Wahluyo, Senin (17/6).

Ia menambahkan, masyarakat yang berada di zona merah seperti Mandiangin, Katiagan, Sasak Ranah Pesisie, Maligi, Sikabau, Sikilang, dan Aia Bangih serta satu pulau yang berpenghuni.

"Jalur evakuasi sudah ada. Namun, shelter yang belum kita miliki karena banyak keterbatasan kita. Shelter baru pondasi saja," tandas Try Wahluyo.

Ia mengimbau masyarakat Pasbar agar berhati-hati ketika ada gempa. Setiap orang harus bisa menyelamatkan diri, keluarga dan tetangga terdekat. 

"Mari kita saling bantu membantu dan menyelamatkan diri, terutama diri sendiri ketika ada gempa," imbau Try Wahluyo. (ows)


Reporter : OSNIWATI /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Oktober 2018 - 13:43:14 WIB

    Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu, IMAPPKA Terima Penghargaan

    Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu, IMAPPKA Terima Penghargaan PASBAR, HARIANHALUAN.COM– Ikatan Mahasiswa, Pelajar dan Pemuda Kajai (IMAPPKA) Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terima penghargaan kemanusian dari Care For Humanity (CFH) Cabang Padang. .
  • Senin, 08 Oktober 2018 - 14:09:29 WIB

    Seniman Solsel Galang Dana Bantu Korban Gempa Palu dan Donggala

    Seniman Solsel Galang Dana Bantu Korban Gempa Palu dan Donggala SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Para Seniman dan Musisi se-Solok Selatan (Solsel) melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana Sulawesi Tengah (Sulteng) selama empat hari. Uniknya, aksi yang dilakukan sembari menghi.
  • Kamis, 15 Maret 2018 - 21:10:58 WIB

    Empat OPD di Agam Ikuti Simulasi Gempa

    Empat OPD di Agam Ikuti Simulasi Gempa AGAM, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Agam melalukan simulasi bencana gempa yang diikuti oleh empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara bersamaan, Kamis (15/3)..
  • Jumat, 01 September 2017 - 01:58:20 WIB

    Hendak Tidur, Warga di Solsel ini Dikagetkan Gempa

    Hendak Tidur, Warga di Solsel ini Dikagetkan Gempa SOLOK SELATAN, HALUAN -- Gempa sangat kencang dirasakan hingga ke Solok Selatan (Solsel). Seorang warga Bendang, Sungai Pagu, Armensis menyebutkan saat gempa terjadi dirinya hendak menarik selimut ditempat tidur namun, tiba-t.
  • Ahad, 18 Desember 2016 - 10:08:47 WIB
    BERKUNJUNG KE PULAU PAGAI UTARA DAN SELATAN

    Enam Tahun Pasca Gempa, Masih Ada Derita

    Enam   Tahun Pasca Gempa,  Masih Ada  Derita Alasan yang dikemukakan Siritoitet, memang masuk akal. Sumber kehidupan mereka ada di pantai yang nun jauh di bawah sana. Mereka jangan direnggutkan dari budaya dan sumber ekonominya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM