Kurangi Polusi Udara, Dharmasraya Akan Perbanyak Taman Kota


Selasa, 18 Juni 2019 - 14:28:18 WIB
Kurangi Polusi Udara, Dharmasraya Akan Perbanyak Taman Kota Pihak PT BRM serahkan bantuan CSR ke Pemkab Dharmasraya. IST

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se dunia di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (17/6). Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut.

Dikatakan bupati, peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun ini ditandai dengan peringatan dari World Health Organization (WHO) tentang salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu polusi udara. WHO menyatakan setiap tahun 7 juta orang meninggal karena polusi udara.

"Di seluruh dunia tercatat bahwa 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaraan bermotor, industri pertanian dan pembakaran sampah. Sehingga tidak heran, jika United National Environment mengangkat tema Kendalikan Polusi Udara (Beat Air Pulution) untuk peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2019 ini," ujar bupati saat membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya.

Sementara secara nasional, sambung bupati, digunakan tema relevansi yaitu Biru Langitku, Hijau Bumiku. Tema ini menggambarkan upaya untuk mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau.

Untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor, maka upaya-upaya untuk membuat kota menjadi lebih hijau, dengan memperbanyak taman kota, membangun trotoar untuk pejalan kaki, membangun jalur bersepeda seperti kota Surabaya, Bandung dan kota-kota lainnya. “Maka upaya-upaya itu mampu mengurangi polusi dari kendaraan bermotor," tukas bupati.

Usai upacara, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan CSR dari PT. Transco berupa tong sampah pilah untuk Kecamatan Pulau Punjung dan SDN 25 Pulau Punjung. Kemudian uang pembangunan taman sekolah senilai Rp 30 juta untuk SMPN 1 Koto Baru. Tidak hanya itu, juga ada penyerahan CSR dari PT. BRM berupa uang pembangunan Green House senilai Rp 20 juta untuk SMPN Unggul Dharmasraya. (h/bdr)


Reporter : Badri /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 September 2019 - 16:32:13 WIB

    Melalui Dana Desa, Pakan Rabaa Bakal Lahirkan Program Kurangi Pengangguran

    Melalui Dana Desa, Pakan Rabaa Bakal Lahirkan Program Kurangi Pengangguran SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan (Solsel) terus genjot program sosial dan pemberdayaan untuk masyarakat..
  • Selasa, 17 September 2019 - 16:01:03 WIB

    Warga Sijunjung Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

    Warga Sijunjung Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Menyikapi terjadinya pencemaran udara akibat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah berdampak di Kabupaten Sijunjung. Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkun.
  • Jumat, 12 April 2019 - 23:20:35 WIB

    Kurangi Penggunaan Sampah Plastik, PLN Sumbar Launching Tumblr

    Kurangi Penggunaan Sampah Plastik, PLN Sumbar Launching Tumblr PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka turut serta meminimalkan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, PLN Unit Induk Wilayah Sumbar (UIW Sumbar) melakukan launching tumblr atau botol minum untuk seluruh pegawai di .
  • Kamis, 17 Mei 2018 - 20:36:32 WIB

    Jam Kerja ASN Dikurangi Hingga Dua Jam

    Jam Kerja ASN Dikurangi Hingga Dua Jam PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) dikurangi satu hingga dua jam dari biasanya selama bulan Ramadan untuk menjaga khusuknya iba.
  • Selasa, 23 Mei 2017 - 07:32:06 WIB
    JELANG PERDA ZONASI TUNTAS

    Kurangi Jumlah KJA Secara Bertahap

    Kurangi Jumlah KJA Secara Bertahap PADANG, HALUAN — Penyelamatan Danau Maninjau disepakati dengan menerapkan zona tata ruang berbasis zonasi. Namun pembahasan Ranperda Peta Zonasi Kawasan Danau Maninjau tersebut diperkirakan bakal memakan waktu lama. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM