Anggaran Minim, Pasbar Tunggu Bantuan Shelter dari Pusat


Selasa, 18 Juni 2019 - 16:47:36 WIB

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasbar masih menunggu pembangunan shelter dari pemerintah provinsi dan pusat. Hal ini terjadi karena keterbatasan anggaran.

 

Hal ini diakui oleh Kepala BPBD Pasbar Try Wahluyo. Menurutnya, jika menggarap APBD Pasbar saja belum bisa untuk membangun shelter.

 

"Kita masih kekurangan shelter dan butuh penambahan kedepannya," kata Try Wahluyo.


Ia menambahkan pihaknya telah mengusulkan delapan titik pembangunan shelter kepada pemerintah pusat. Tujuannya ketika ada bencana ada tempat pelarian masyarakat ketempat yang lebih tinggi.

Adapun lokasi usulan pembangunan shelter itu adalah dua unit di Sasak, Sikilang, Maligi, Sikabau, Mandiangin, Katiagan dan Pulau Panjang.

"Kita sudah lakukan pembahasan dengan pihak Pemprov Sumbar terkait pembangunan shelter di Pasaman Barat. Mudah-mudahan dapat terealisasi," ujarnya.

Ia menyebutkan pihaknya sudah berkali-kali melakukan usulan terkait pembangunan shelter di wilayah pesisir pantai Pasaman Barat.

"Untuk tahun 2017 dan 2018 sesuai pembicaraan dengan Pemprov Sumbar dan Pemerintah Pusat tidak ada pembangunan shelter, karena anggaran tidak untuk itu. Namun, pada tahun 2019 akan dibangun shelter walaupun secara bertahap. Tetapi, sampai sekarang belum jelas," jelas Try Wahluyo.

Ia berharap nagari atau desa bisa bekerja sama dengan masyarakat untuk dapat menyiapkan lahan untuk lokasi pembangunan shelter nantinya.

“Terpenting sekali adalah kesiapan lahan. Jangan hendaknya ketika pembangunan akan dimulai masalah tanah muncul lagi,” lanjutnya.

Ia menambahkan pembangunan shelter di wilayah pantai Pasaman Barat sangat dibutuhkan. Shelter itu berguna sebagai empat pelarian apabila ada terjadi bencana, seperti banjir dan tsunami. (h/ows)

 


Reporter : Osniwati /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 Januari 2020 - 20:33:06 WIB

    Terbatas Anggaran, Wagub Sarankan Bupati dan Walikota Libatkan Pakar Teliti Bencana Sumbar

    Terbatas Anggaran, Wagub Sarankan Bupati dan Walikota Libatkan Pakar Teliti Bencana Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meminta Bupati dan Walikota untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana alam. Dia mengingatkan setiap daerah mengalokasikan anggaran khusus untuk penanganan .
  • Senin, 13 Januari 2020 - 16:30:59 WIB

    Anggaran Perjalanan Dinas Dipangkas, Ini Tanggapan Gubernur Sumbar

    Anggaran Perjalanan Dinas Dipangkas, Ini Tanggapan Gubernur Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno tak ambil pusing usai pemangkasan anggaran perjalanan dinas ke luar negeri sebesar 50 persen oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). P.
  • Sabtu, 11 Januari 2020 - 11:59:42 WIB

    Polres Pessel Kaji Ulang Anggaran Pilkada ke Pemkab

    Polres Pessel Kaji Ulang Anggaran Pilkada ke Pemkab PAINAN, HARIANHALUAN.COM -  Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal mengkaji kembali kebutuhan anggaran untuk pengamanan Pilkada 2020 Kabupaten Pesisir Selatan yang sudah diajukan ke Pemkab setempat..
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 17:16:32 WIB

    Serapan Anggaran Pasaman Masih Rendah

    Serapan Anggaran Pasaman Masih Rendah PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 Kabupaten Pasaman saat ini masih rendah. Jika ditotal, serapan anggaran Pemkab setempat masih di bawah 50 persen dari total anggaran Rp.
  • Selasa, 08 Oktober 2019 - 16:43:03 WIB

    PSDA Pessel Usulkan Anggaran ke PUPR

    PSDA Pessel Usulkan Anggaran ke PUPR PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) mengusulkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk pembangunan batu penahan ombak di Dusun Muaro, Kecamatan Batangk.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM