PAD Pariwisata Pessel Tak Tercapai


Rabu, 19 Juni 2019 - 13:02:39 WIB
PAD Pariwisata Pessel Tak Tercapai TERLIHAT ribuan wisatawan saat mengunjungi Pantai Carocok dan Pulau Cingkuak, Pesisir Selatan. IST

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Tingginya kunjungan wisatawan ke Pesisir Selatan selama musim libur lebaran ternyata tidak berbanding lurus dengan penerimaan PAD sektor pariwisata.

Bupati Hendrajoni mengatakan, hal itu dikarenakan masih banyaknya pungutan liar (pungli) yang terjadi di sejumlah destinasi wisata yang ada di daerah itu.

"Benar, hal itu dikarenakan masih adanya sejumlah pungutan liar di lokasi wisata," kata bupati pada wartawan di Painan, Selasa (18/6).

Berdasarkan data Badan Pendapatan Daerah, hingga kini total omset yang masuk dari penjualan karcis selama musim libur lebaran masih sekitar Rp300 juta.

Padahal kunjungan wisatawan Pesisir Selatan pada lebaran 2019 tercatat paling tinggi di Sumatera Barat, bahkan mencapai 795.747 wisatawan.

Kota Padang, 330.000 wisatawan, Kota Pariaman 226.993 dan disusul Kota Bukittinggi 192.242 wisatawan.

Angka itu lebih kecil dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp600 juta, dengan target kunjungan 45 ribu wisatawan oleh Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Pessel.

Bahkan jauh lebih rendah dibandingkan dengan realisasi tahun sebelumnya yang mencapai angka Rp500 juta.

 

Untuk itu, Bupati Hendrajoni berjanji, kedepan pihaknya bakal memberantas pungutan liar di kawasan wisata hingga ke akar-akarnya.

"Ya, nanti akan kita benahi lagi. Semua pihak akan kita libatkan untuk memerangi pungli ini. Nanti karcis parkir harus resmi dari Pemda," ujarnya. (h/kis)


Reporter : Okis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Juli 2019 - 15:53:05 WIB

    KI Sumbar Puji Dinas Sosial Padang Pariaman

    KI Sumbar Puji Dinas Sosial Padang Pariaman PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat apresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman dalam keterbukaan infomasi publik sesuai amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008. .
  • Senin, 15 Juli 2019 - 21:17:41 WIB

    PLN UIW Sumbar Serahkan Bantuan ke SMPN 1 Padang

    PLN UIW Sumbar Serahkan Bantuan ke SMPN 1 Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat menyerahkan bantuan PLN Peduli kepada SMPN 1 Padang, yang diserahkan secara simbolis oleh Senior Manager SDM dan Umum Kishartanto Purnomo Putro, Senin (15/07)..
  • Senin, 15 Juli 2019 - 21:13:35 WIB

    Percepat Pembangunan Jalur Dua Salido-Bukit Putus Painan, Tim PJN II Padang Survei Lokasi

    Percepat Pembangunan Jalur Dua Salido-Bukit Putus Painan, Tim PJN II Padang Survei Lokasi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Tim Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) II Padang, Sumatera Barat, melakukan peninjauan lapangan terkait rencana pembangunan jalan jalur dua Salido - Bukit Putus Painan, Kecamatan IV Jurai, Senin (.
  • Ahad, 14 Juli 2019 - 16:40:08 WIB

    Masyarakat Dharmasraya Usung Nama Sayuti Dt Rajo Pangulu Pada Pilgub 2020

    Masyarakat Dharmasraya Usung Nama Sayuti Dt Rajo Pangulu Pada Pilgub 2020 DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM – Pilkada 2020 baik pemilihan calon bupati dan walikota maupun gubernur mulai mengapung. Berbagai elemen juga sudah mempersiapkan kandidat dan jagoan yang akan di usung..
  • Sabtu, 13 Juli 2019 - 22:52:44 WIB

    Irjen Fakhrizal dan Kecintaannya pada Olahraga

    Irjen Fakhrizal dan Kecintaannya pada Olahraga Irjen Fakhrizal dan Kecintaannya pada Olahraga Kegemarannya pada olahraga sedari muda membuat Fakhrizal merasa berutang untuk menggelorakan olahraga di Sumatera Barat. Sejak pertama menjabat sebagai Kapolda Sumbar, diam-diam .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM