Nagari Taratak Tangah Lumpo Bangun Parit Miring


Kamis, 20 Juni 2019 - 16:30:49 WIB
Nagari Taratak Tangah Lumpo Bangun Parit Miring PARIT MIRING - Pembangunan parit miring jaringan irigasi di Nagari Taratak Tangah Lumpo melalui dana desa guna untuk meningkat sumber penghasilan masyarakat setempat. M JONI

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Taratak Tangah Lumpo, Kecamatan IV Jurai Pessel saat ini tengah melaksanakan pembangunan parit miring jaringan irigasi yang mampu mengairi lahan persawahan masyarakat seluas 50 hektare. Sumber dananya berasal dari Dana Desa (DD) sebesar Rp141 juta.

Hal ini dikatakan Wali Nagari Taratak Tangah Lumpo, Dewell Coli Vetra kepada Haluan, Rabu (19/6).

“Pembangunan parit miring tali bandar jaringan irigasi ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pengadaan air sawah. Pasalnya, selama ini keberadaan air untuk pertanian masih menjadi keluhan masyarakat,” sebutnya.

Melalui pembangunan jaringan irigasi ini, kata Dewell, setidaknya mampu mengatasi keluhan masyarakat dalam upaya meningkatkan hasil produksi padi di lahan pertanian mereka.

Menurutnya, masyarakat Nagari Taratak Tangah Lumpo, Kecamatan IV Jurai Pessel, mayoritas sumber pendapatannya berasal dari hasil pertanian dan sektor perkebunan. “Dengan adanya pembangunan parit miring ini, setidaknya ancaman banjir yang ditakuti oleh masyarakat yang sangat berpengaruh terhadap hasil produksi pertanian dapat ditekan. Kemudian pengadaan air sawah tidak lagi tersendat,” imbuhnya lagi.

Masyarakat Nagari Taratak Tangah, kini merasa lega dengan adanya pembangunan jaringan irigasi tersebut. Kendala keurangan air tidak lagi bakal terjadi dan hasil produksi padi akan meningkat dan ekonomi masyarakat akan semakin membaik.

Sebagai tambahan, penghasilan masyarakat di nagari tersebut tidak saja menggarap lahan untuk tanaman padi, namun diselingi dengan mina padi (pengembangan ikan) pada lahan yang sudah ditanam padi. Maka pengadaan air sawah salah satu kebutuhan masyarakat tidak bisa dielakan.

Salah seorang masyarakat Taratak Tangah lumpo, Diah mengakui, kegiatan usaha mina padi kini semakin diminati oleh masyarakat. Terbukti animo masyarakat terus meningkat dalam mengembangkan usaha beternak ikan dalam padi sawah. “ Artinya, masyarakat dapat menikmati hasil produksi ganda, yaitu padi sawah dan hasil produksi ikan air tawar,” pungkasnya. (h/mjn)


Reporter : M Joni /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM