Puluhan Rumah di Sungai Limau Terkena Abrasi


Kamis, 20 Juni 2019 - 16:39:33 WIB
Puluhan Rumah di Sungai Limau Terkena Abrasi Warga Sungai Limau saat berada di lokasi abrasi.
PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Puluhan KK warga Nagari Pasir Baru, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, terkena dampak abrasi pantai, Kamis, (20/6). Setidaknya, 30 rumah warga mengalami rusak berat dan rusak ringan akibat dihantam ombak.
 
Adi Saputra (37). salah seorang warga mengatakan, abrasi ini sudah sering terjadi di  lokasi ini. Namun, pada tahun ini abrasi semakin besar dan puncaknya minggu ini. Ia mengatakan, akibat abrasi kemarin, beberapa rumah warga yang ada mengalami rusak berat dan rusak ringan. "Lebaran kemarin air laut sampai kedapur warga dan merusak sebagian rumah yang ada," ujarnya lagi. 
 
Ia melanjutakan, untuk menanhan agar tidak terjadinya abrasi, warga bergotong royong memasang polongan untuk pemecah ombak. Namun, sifatnya hanya sementara, dan juga terbatas. "Untuk saat ini usaha warga sedikit membuahkan hasil, dengan dipasangnya batu polongan di pinggir pantai dapat memecaha ombak. Kalau tidak mungkin saat ini, kami sudah tak tinggal lagi di lokasi ini," ujarnya lagi.
 
Ia menyebutkan setidaknya pada Lebaran ini terdapat dua titik abrasi yang harus segera ditangani. "Kami berharap abrasi tersebut dapat segera ditangani pihak terkait, karena sejumlah rumah dan gudang usaha ikan kering beserta sekolah akan rusak akibat abrasi," katanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya mengatakan pihaknya telah meminta pemerintah pusat untuk membantu mengatasi abrasi tersebut. 

"Pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V telah berjanji menangani abrasi itu," ujarnya.

Bahkan lanjutnya BWSS V telah memberikan geotekstil untuk dibuatkan karung agar bisa diisi pasir guna menahan ombak, namun itu sifatnya sementara.

"Namun kami menginginkan sifatnya permanen untuk jangka panjang," tambahnya. (h/rul)

Reporter : Khairul /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]