Puskesmas Magek Dihoyak Gampa, Tim Medis TGC Langsung Bergerak Cepat


Kamis, 20 Juni 2019 - 19:53:01 WIB
Puskesmas Magek Dihoyak Gampa, Tim Medis TGC Langsung  Bergerak Cepat Seorang pegawai Puskemas Magek sedang mengevakuasi anak anak dari lantai II puskesmas ke tempat aman usai mendengar alarm gempa bumi, Kamis (20/6). YURSIL.

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Pegawai dan pasien Puskesmas Magek, Kecamatan Kamang Magek, Kab. Agam berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri setelah mendengar alarm bencana gempa bumi.

Gempa yang tidak merusak bangunan itu berlangsung sesaat dan getarannya cukup dirasakan. Akibatnya, satu orang pasien shock dan dapat ditangani segera oleh petugas medis.

Demikia skenario latihan simulasi gempa yang dibuat oleh TIM Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang sengaja dihadirkan dalam rangka pelatihan peningkatan kapasitas para petugas tim medis yang tergabung dalam Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas Magek saat memberikan sosialisasi dan praktek simulasi terhadap pimpinan dan staf Puskesmas Magek yang dilaksanakan di gedung baru berlantai II, Kamis (20/6).

Kepala Pelaksana BPBD Agam melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Yunaidi.S, M.Pd bersama tim memberikan penjelasan tentang keadaan dan situasi bangunan baru Puskesmas berlantai dua, dimana petugas dan staf yang ada di puskesmas perlu mendapat pencerahan tentang keadaan dan situasi kebencanaannya. 

"Makanya, melalui pembekalan dan peningkatan kapasitas bagi staf selaku Tim Gerak Cepat (TGC) di Puskesmas sangat diperlukan. Kita juga 
berterimakasih kepada pihak Puskesmas Magek yang telah menghadirkan seluruh staf dan bidan di pustu menerima pembekalan penanggulangan bencana yang ada di wilayah kamang magek sekitarnya terutama gempa bumi," kata Junaidi kepada Haluan usai mengelar simulasi gempa.

Ia menghimbau, agar staf puskesmas bersama masyarakat dan dunia usaha diminta terus bersinergi, sehingga bila terjadi insiden kebencanaan apa saja, tim gerak cepat puskesmas segera bergerak dan bermitra dengan BPBD dan anggota kelompok siaga bencana yang ada di nagari. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Magek Rita Oktavia, SKM saat membuka latihan simulasi gempa pada bangunan bertingkat, mengharapkan kepada seluruh staf dan bidan desa agar lebih waspada dan selalu siaga. 

"Kita adalah termasuk tim siaga bencana yang bergerak dalam bidang kesehatan. Mari kita perkuat Tim Gerak Cepat (TGC) dengan menjalin kerjasama diantara masing-masing ruang dan dengan masyarakat sekitar," ungkap  Rita Oktavia.(ril).


Reporter : YURSIL /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM