Puskesmas Gunuang Malintang Ciptakan Inovasi Baru


Kamis, 20 Juni 2019 - 23:59:15 WIB
Puskesmas Gunuang Malintang Ciptakan Inovasi Baru Pimpinan dan para medis Puskesmas Gunung Malintang bersama Bupati Limapuluh Kota.ZULKIFLI

LIMAPULUH KOTA,HARIANHALUAN.COM-uskemas Gunung Malintang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, menciptakan sebuah inovasi program untuk masyarakat di wilayah binaannya. Sedikitnya tiga Inovasi yang dilaksanakan dalam menjamin pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini.

Kepala Puskesmas Gunuang Malintang, Tuti Dwi Putri didampingi Wali Nagari Gunuang Malintang, Wido Putra dihadapan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi di Puskesmas setempat, baru-baru ini mengatakan, ketiga inovasi tersebut, 1000 Dunsanag dimana sebuah program yang diperuntukkan bagi masyarakat nagari yang memiliki penyakit berisiko tinggi yang tidak memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Seribu Dunsanag ini, merupakan istilah dari dana yang dikumpulkan oleh seluruh masyarakat nagari yang diperuntukkan kepada mereka yang memiliki penyakit beresiko tinggi, Pada setiap bulan seluruh masyarakat nagari melakukan iuran rutin secara sukarela. Dana inilah yang nantinya diperuntukkan kepada mereka yang memiliki penyakit beresiko tinggi.

"Dengan demikian masyarakat nagari yang memiliki penyakit beresiko tinggi namun tidak memiliki kartu JKN akan terbantu dengan adanya program 1000 dunsanag, "jelas Tuti Dewi Putri.

Dikatakan, Puskesmas Gunuang Malintang juga memiliki program ‘Kamek Gadih’. Inovasi ini berrtujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat di sore hari. "Kamek Gadih merupakan istilah pelayanan yang dilakukan hingga sore hari. Jadi pasien yang biasa berobat dipagi hari dilayani pada sore hari. hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat di Gunuang Malintang petani dan bekerja hingga sore hari,'ungkapnya.

Selain itu, juga ada program Demo MPASI dimana memberikan pemahaman kepada ibu-ibu yang memilki bayi yang mulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MP ASI) Nantinya, para petugas puskemas bakal memberikan pemahaman bagaimana makanan pendamping yang baik diberikan kepada anak setelah melewati masa pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan.

Tujuannya untuk menghindari anak-anak balita yang kekurang gizi dan stunting. Maka petugas selalu keliling ke nagari untuk memantau kondisi anak-anak balita. Utamanya bagi balita yang berasal dari keluarga tidak mampu,pungkasnya.

Sementara itu, Bupati limapuluh Kota, Irfendi Arbi memberikan apresiasi kepada Puskesmas Gunuang Malintang dan pemerintahan nagari yang telah peduli terhadap kesehatan masyarakatnya. Diharapkannya, seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota melakukan hal serupa.

Sehingga masyarakat kabupaten ini terbebas dari segala macam penyakit. “Kita bangga apa yang telah dilakukan Puskesmas ini, khususnya kepada masyarakat Gunuang Malintang yang begitu peduli kepada sesamanya,"sebut bupati.

Dikatakan, jaminan kesehatan untuk masyarakat miskin dan kurang mampu saat ini juga menjadi prioritas Pemerintah Daerah. Buktinya, beberapa upaya telah dilakukan dalam meningkatklan pelayanan kesehatan masyarakat dengan menggenjot pembangunan di bidang kesehatan, utamanya di sektor jaminan kesehatan untuk masyarakat miskin dan kurang mampu, tuturnya. (zkf)


Reporter : ZUL /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 April 2017 - 19:47:56 WIB

    Pembangunan Puskesmas Katapiang, DPRD Padang Pariaman Bakal Panggil Dinas Terkait

    Pembangunan Puskesmas Katapiang, DPRD Padang Pariaman Bakal Panggil Dinas Terkait PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Terkait pembangunan Puskesmas Katapiang yang asal jadi dan tidak sesuai dengan besteknya di Korong Batang Sariak, Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. .
  • Selasa, 11 April 2017 - 17:08:06 WIB

    Melihat Kondisi Puskesmas, Anggota DPRD Padang Pariaman Ini Marabo

    Melihat Kondisi Puskesmas, Anggota DPRD Padang Pariaman Ini Marabo PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman daerah pemilihan (dapil) IV marabo saat meninjau pembangunan Puskesmas Katapiang, Selasa (11/4)..
  • Senin, 20 Maret 2017 - 17:09:20 WIB

    Pasien Mengeluh Kehabisan Obat di Puskesmas

    PASBAR, HALUAN -- Beberapa puskesmas di Pasaman Barat kehabisan stok obat dengan item atau merek obat tertentu. Sehingga pasien yang berobat ke puskesmas kecewa karena tidak diberikan obat yang cocok atau dicarikan obat pengg.
  • Selasa, 07 Februari 2017 - 14:35:45 WIB

    Ingin Berhenti Merokok? Puskesmas di Padang Panjang Ini Sediakan Totok Rokok

    Ingin Berhenti Merokok? Puskesmas di Padang Panjang Ini Sediakan Totok Rokok PADANG PANJANG, HALUAN--Sebagai kota yang telah mencanangkan “kota bebas rokok dan kota sehat” melalui Perda No 8 tahun 2009, tentang kawasan tanpa asap rokok dan kawasan tertib rokok, pemerintah kota Padang Panjang terus.
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:48:21 WIB

    Puskesmas Terima Kendaraan Operasional

    Puskesmas Terima  Kendaraan Operasional BUKITTINGGI, HALUAN — Puskesmas se-Kota Bu­kit­tinggi menerima bantuan ken­daraan operasional roda dua dari Pemko Bukittinggi, yang di­pe­runtukan untuk petugas pelak­sana Program Kesehatan Ling­kungan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM