Di Pessel, Hanya 57 Persen Daerah Irigasi yang Kondisinya Baik


Sabtu, 22 Juni 2019 - 11:08:22 WIB
Di Pessel, Hanya 57 Persen Daerah Irigasi yang Kondisinya Baik Doni Gusrizal

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan hingga kini mencatat hanya 57 persen Daerah Irigasi (DI) di daerah itu berkondisi baik. Kepala Dinas Pengelolaan dan Sumber Daya Air (PSDA), Doni Gusrizal menyebutkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas irigasi di daerah itu.

"Ya, tahun ini pemerintah daerah mengalokasikan Rp8 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk irigasi," katanya pada wartawan di Painan, Jumat (21/6).

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, 57 persen daerah irigasi (DI) di daerah itu berkondisi baik, 25 persen lainnya irigasi berkondisi sedang dan 28 persen lainnya dengan status buruk.

Selain dari APBD, kata Doni, pihaknya kini juga tengah berupaya mendapatkan dana pinjaman Pemerintah Indonesia melalui Asian Development Bank (ADB). Pinjaman itu melalui program Integrated Participatory Development and Management of Irigation Program (IPDMIP)

Ia mengatakan, program dilaksanakan selama lima tahun dan diyakini bermanfaat bagi empat juta petani penggarap dan pemilik lahan di 74 kabupaten, termasuk Pesisir Selatan.

"Kami masih menunggu dokumen dari BWSS V Padang," tuturnya. 

Seperti diketahui, Pesisir Selatan kini telah memiliki Komisi Irigasi. Pembentukannya sesuai SK Bupati Pesisir Selatan Nomor  050/243/Kpts/BPT-PS/2019 tentang Pembentukan Komisi Irigasi Kabuapaten Pesisir Selatan 2019. 

Sementara tugas pokoknya adalah membantu bupati merumuskan rencana kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi yang ada.

Merumuskan rencana tahunan penyediaan, pembagian dan pemberian air irigasi yang efesien bagi pertanian. Merekomendasikan prioritas alokasi dana pengelolaan irigasi, melalui forum musyawarah pembangunan (Musrenbang).

Merencanakan pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang meliputi prioritas penyediaan dana, pemeliharaan dan rehabilitasi. Melaporkan hasil kegiatan selama satu tahun pada bupati tentang kinerjanya.

Untuk itu, Bupati Hendrajoni meminta komisi irigasi untuk dapat bekerja dengan baik. Sebab, menyangkut kesejahteraan petani dan program swasembada beras secara nasional.

"Dengan keberadaan komisi irigasi, saya berharap ada kemajuan di sektor pertanian, utamanya tanaman pangan. Ini sejalan target swasembada pangan secara nasional," ujar Hendrajoni.

Menurutnya, Pesisir Selatan berkomitmen untuk peningkatan produksi padi sebesar 312.660 ton per tahun. Peningkatan luas sawah beririgasi 7,2 persen per tahun.

Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pertanian 9,60 persen per tahun, dan penerapan teknologi tepat guna pada 123 kelompok tani per tahun.

Komisi Irigasi Kabupaten mempunyai wilayah kerja, dengan daerah irigasi luasnya di bawah 1000 hektare. (h/kis)


Reporter : Okis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Juli 2019 - 22:03:01 WIB

    Tanggapi Keluhan Masyarakat, PSDA Pessel Tinjau Tebing Amblas di Sutera

    Tanggapi Keluhan Masyarakat, PSDA Pessel Tinjau Tebing Amblas di Sutera PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Pesisir Selatan, meninjau lokasi rumah warga yang terancam amblas akibat kikisan air sungai di Kampung Taratak Panas, Nagari Ampingparak, Kecamatan Su.
  • Kamis, 18 Juli 2019 - 21:49:50 WIB

    Wagub Nasrul Abit: Badan Pengelola Ombilin Segera Dibentuk

    Wagub Nasrul Abit: Badan Pengelola Ombilin Segera Dibentuk SAWAHLUNTO,HALUANHALUAN.COM-Mendukung warisan pertambangan batubara Ombilin Sawahlunto yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia (heritage world), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siapmembantu dengan pembenahan da.
  • Kamis, 18 Juli 2019 - 19:36:13 WIB

    Kepala KUA Sungai Aur, Kurnia Kurdi: Tugas ke Pelosok itu Membahagiakan

    Kepala KUA Sungai Aur, Kurnia Kurdi: Tugas ke Pelosok itu Membahagiakan PASBAR,HARIANHALUAN.COM-Mentari senja bersinar merah saga, jalan di tengah perkebunan sawit itu terbentang  senyap dan sepi. Namun tidak sesepi hatinya. Ia selalu ceria menapaki perjalan ke kawasan pelosok. .
  • Kamis, 18 Juli 2019 - 16:49:04 WIB

    Dinas Pangan Limapuluh Kota Lakukan Operasi Pasar

    LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Limapuluh Kota, melalui Dinas Pangan setempat, proaktif mengurangi beban warga utamanya dalam menyediakan kebutuhan pokok, sekaligus menstabilkan harga dengan cara melaksanakan operas.
  • Kamis, 18 Juli 2019 - 16:28:44 WIB

    Batang Kalampayan Mulai Dinormalisasi

    Batang Kalampayan Mulai Dinormalisasi PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Program normalisasi sejumlah aliran sungai di Kabupaten Padang Pariaman mulai mendesak dilakukan. Khususnya sebagai antisipasi dari ancaman musibah banjir pada musim hujan mengingat kond.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM