APBD-P 2018 Tak Terlaksana, Pemkab Limapuluh Kota Dinilai Lalai


Sabtu, 22 Juni 2019 - 20:09:55 WIB
APBD-P 2018 Tak Terlaksana, Pemkab Limapuluh Kota Dinilai Lalai Kantor Bupati Limapuluh Kota.

SARILAMAK,HARIANHALUAN.COM-Tidak terlaksananya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2018 oleh Pemkab Limapuluh Kota disorot beberapa fraksi dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Limapuluh Kota di Ruang Sidang DPRD, Jumat (21/6). 

Pemkab Limapuluh Kota dinilai lalai, ceroboh, dan bahkan gagal sehingga penyerahan APBD-P menjadi terlambat dan tak dievaluasi oleh Gubernur.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Deni Asra dan dihadiri oleh Bupati Limapuluh Kota diwakili Sekda Widya Putra, perwakilan Forkopimda, dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Limapuluh Kota itu, juru bicara fraksi Hanura Epi Suardi menyampaikan kritik terkait hal tersebut.

“Hasil ini jelas berbanding terbalik dengan opini WTP yang diperoleh Pemkab. Dalam prosesnya, DPRD sendiri baru menerima ranperda APBD-P pada 25 September 2018. Sedangkan sesuai UU, APBD-P harus selesai pada 30 September 2018. Akibat kecerobohan pemda, APBD-P tidak dievaluasi oleh Gubernur,” tuturnya.

Juru bicara Fraksi PAN Yoserizal Dt. Parmato Alam juga menyampaikan, dengan tidak dievaluasinya APBD-P 2018 oleh Pemprov, Pemkab Limapuluh kota tampak tampil beda dalam manajemen keuangan 2018. “Hal ini hendaknya menjadi bahan renungan untuk kita semua, fraksi PAN berharap agar kejadian ini tidak terulang lagi,” ucapnya.

Sementara itu, fraksi PPP melalui juru bicaranya Wirman Dt. Pangeran Nan Putiah mengatakan, ketiadaan APBD-P 2018 merupakan akibat dari kelalaian pemkab dalam merencanakan dan menyiapkan anggaran. “Tingginya SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan) juga karena tidak adanya APBD-P ini. Semoga menjadi perhatian serius bupati di masa yang akan datang,” ujarnya.

Senada dengan beberapa fraksi sebelumnya, fraksi PKS dan PBB melalui juru bicaranya Yos Sariadi mengatakan, tidak dievaluasinya APBD-P 2018 oleh Pemprov Sumbar Barat adalah sebuah kegagalan pemerintahan daerah. “Kondisi ini cukup menjadi pelajaran, supaya tidak terulang lagi di masa yang akan datang,” ucapnya.

Terkait pembahasan APBD 2020 maupun APBD-P 2019, Fraksi PKS dan PBB menyampaikan kepada Bupati untuk menyesuaikan dengan jadwal yang sudah diatur oleh Permendagri. “Serta dimohonkan kepada saudara Bupati memberikan jadwal dengan waktu yang luas dan tidak mendesak untuk membahasnya bersama DPRD. Kami tidak menginginkan pembahasan APBD ini punya kesan yang terburu-buru dan di ujung-ujung batas akhir waktu,” tutur Yos.

Rencananya, Bupati Limapuluh Kota akan diberi kesempatan untuk menjawab pandangan fraksi-fraksi tersebut. DPRD telah menjadwalkan rapat paripurna, pekan depan dengan agenda jawaban bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018. (ari)


Reporter : Ari /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:59:52 WIB

    APBD-P Tanah Datar Ditetapkan Rp1,2 T

    BATUSANGKAR, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama DPRD setempat menetapkan APBD Perubahan 2016 sebesar Rp1, 238 triliun pada sidang paripurna di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Jumat (21/10)..
  • Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:26:13 WIB

    APBD-P Payakumbuh Berkurang Rp42,74 M, Kok Bisa?

    APBD-P Payakumbuh Berkurang Rp42,74 M, Kok Bisa? PAYAKUMBUH, HALUAN — APBD Perubahan Kota Payakumbuh, tahun 2016 berkurang Rp42,74 miliar lebih dari Rp764.­280,91 miliar menjadi Rp721.538,40 miliar..
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 05:59:28 WIB

    Renovasi Musala MTsM Sumani Dianggarkan Dalam APBD-P

    Renovasi Musala MTsM Sumani Dianggarkan Dalam APBD-P AROSUKA, HALUAN — Upaya MTsMuhammadiyah (MTsM) Sumani untuk men­carikan dana pembiayaan renovasi musala, yang meru­pakan salah satu sarana pen­didikan siswa selain fungsi utamanya sebagai sarana ibadah, akhirnya mulai me.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM