Pemkab Tanah Datar Gelar Pelatihan Pokdarwis, Edi Susanto: Penting untuk Majukan Kepariwisataan


Ahad, 23 Juni 2019 - 19:51:45 WIB
Pemkab Tanah Datar Gelar Pelatihan Pokdarwis, Edi Susanto: Penting untuk Majukan Kepariwisataan Edi Susanto berdialog dengan peserta usai meresmikan pelatihan Pokdarwis. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HALUAN.COM-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memandang perlu kehadiran Kelompok Sadar Wisata atau yang disingkat Pokdarwis untuk meningkatkan dan memajukan industri pariwisata sehingga bisa diandalkan sebagai sektor andalan pembangunan masa depan.

Hal itu juga selaras dengan visi dan misi Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma yang menetapkan pengembangan sektor pariwasata sebagai salah satu sektor unggulan pada masa kepemimpinannya.

Untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi pelaku wisata,pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya pelatihan bagi Pokdarwis,pengusaha kuliner, pemandu wisata dan pengelola home stay.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto, menyampaikan harapan pemerintah daerah pada sektor pariwisata agar terus berkembang secara maksimal.

"Kita punya potensi besar menjadi destinasi wisata unggulan, alamnya indah, menjadi pusat adat dan budaya Minangkabau, punya banyak peninggalan sejarah, kulinernya pun terkenal, tinggal bagaimana mengemas menjadi sebuah industri yang memberi dampak terhadap ekonomi daerah dan masyarakat.

Ini tentunya butuh dukungan stake holder," ujar Edi saat membuka pelatihan Pokdarwis di Hotel Emersia Batusangkar, Jumat malam.

Dalam arahannya, Edi Susanto mengharapkan sebagai unsur penting dalam pariwisata, Pokdarwis harus punya komitmen untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan objek wisata sehingga para wisatawan senang dan puas berwisata di Kabupaten Tanah Datar.

"Pemerintah daerah tidak akan mampu mengelola semua objek wisata yang ada dimana tidak kurang dari 150 buah tanpa adanya sinergi Pentahelix yaitu pemerintah daerah, akademisi, pelaku bisnis, media dan komunitas. Pokdarwisnini termasuk komunitas," katanya.

Untuk mendukung sektor pariwisata itu, Edi juga ingatkan wali nagari untuk mengalokasikan anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari untuk pembenahan sarana dan prasarana di objek wisata yang dikelola nagari atau Badan Usaha Milik Nagari (BumNag).

Sementara, Kadis Parpora Abdul Hakim dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dibiaya melalui Dana Alokasi Khusus Non Fisik untuk peningkatan kualitas SDM pelaku wisata di Tanah Datar dalam peran serta dan partisipasinya memajukan pariwisata daerah.
Pelatihan Pokdarwis berlangsung selama 3 hari dan diikuti 40 orang dari 10 Pokdarwis di nagari yang memiliki objek wisata.

Ke depannya juga akan dilaksanakan pelatihan bagi pengusaha kuliner sebanyak 50 orang, pengusaha
home stay 50 orang dan pemandu wisata 20 orang.

Tampil sebagai narasumber Rini Eka Sari dosen Politeknik UNP, Arlin Teguh Ardini seorang motivator, Bean Putra Albar dari Pokdarwis Nagari Jawi-Jawi Kabupaten Solok, dari Dinas Pariwisata Provinsi, BPBD Tanah Datar, Dinas Perkim LH Tanah Datar dan Hijrah Adi Sukrial seorang jurnalis.(fma)


Reporter : FERI /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 22 Juni 2019 - 20:09:55 WIB

    APBD-P 2018 Tak Terlaksana, Pemkab Limapuluh Kota Dinilai Lalai

    APBD-P 2018 Tak Terlaksana, Pemkab Limapuluh Kota Dinilai Lalai SARILAMAK,HARIANHALUAN.COM-Tidak terlaksananya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2018 oleh Pemkab Limapuluh Kota disorot beberapa fraksi dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Limapuluh Kota..
  • Selasa, 09 April 2019 - 11:33:41 WIB

    Pemkab Solok Luncurkan Quick Win Smart City

    Pemkab Solok Luncurkan Quick Win Smart City AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Pemerintah Kabupaten Solok terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di daerah itu. Langkah itu tergambar dari launching Quick Win Smart City Kabupaten Solok tahun 2019 di ha.
  • Rabu, 13 Maret 2019 - 20:38:53 WIB

    Rinaldi Jabat Kabag Humas Pemkab Pessel, Bupati: Harus Aktif dan Gesit

    Rinaldi Jabat Kabag Humas Pemkab Pessel, Bupati: Harus Aktif dan Gesit PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Rinaldi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabag Kesbangpol), sekarang menjabat sebagai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) di Sekretariat Daerah.
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 13:54:29 WIB

    Pemkab Pessel Siapkan Formasi P3K

    Pemkab Pessel Siapkan Formasi P3K PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tahun ini bakal mempersiapkan susunan formasi terkait penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Sejauh ini belum dipastikan berapa ku.
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 10:56:06 WIB

    Pemkab Agam Tebar Dua Juta Bibit Ikan

    Pemkab Agam Tebar Dua Juta Bibit Ikan AGAM, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Agam, pada tahun 2019 menargetkan penebaran bibit ikan di lubuk larangan dan kolam masyarakat mencapai dua juta bibit. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM