Pemkab Tanah Datar Gelar Pelatihan Pokdarwis, Edi Susanto: Penting untuk Majukan Kepariwisataan


Ahad, 23 Juni 2019 - 19:51:45 WIB
Pemkab Tanah Datar Gelar Pelatihan Pokdarwis, Edi Susanto: Penting untuk Majukan Kepariwisataan Edi Susanto berdialog dengan peserta usai meresmikan pelatihan Pokdarwis. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HALUAN.COM-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memandang perlu kehadiran Kelompok Sadar Wisata atau yang disingkat Pokdarwis untuk meningkatkan dan memajukan industri pariwisata sehingga bisa diandalkan sebagai sektor andalan pembangunan masa depan.

Hal itu juga selaras dengan visi dan misi Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma yang menetapkan pengembangan sektor pariwasata sebagai salah satu sektor unggulan pada masa kepemimpinannya.

Untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi pelaku wisata,pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya pelatihan bagi Pokdarwis,pengusaha kuliner, pemandu wisata dan pengelola home stay.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto, menyampaikan harapan pemerintah daerah pada sektor pariwisata agar terus berkembang secara maksimal.

"Kita punya potensi besar menjadi destinasi wisata unggulan, alamnya indah, menjadi pusat adat dan budaya Minangkabau, punya banyak peninggalan sejarah, kulinernya pun terkenal, tinggal bagaimana mengemas menjadi sebuah industri yang memberi dampak terhadap ekonomi daerah dan masyarakat.

Ini tentunya butuh dukungan stake holder," ujar Edi saat membuka pelatihan Pokdarwis di Hotel Emersia Batusangkar, Jumat malam.

Dalam arahannya, Edi Susanto mengharapkan sebagai unsur penting dalam pariwisata, Pokdarwis harus punya komitmen untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan objek wisata sehingga para wisatawan senang dan puas berwisata di Kabupaten Tanah Datar.

"Pemerintah daerah tidak akan mampu mengelola semua objek wisata yang ada dimana tidak kurang dari 150 buah tanpa adanya sinergi Pentahelix yaitu pemerintah daerah, akademisi, pelaku bisnis, media dan komunitas. Pokdarwisnini termasuk komunitas," katanya.

Untuk mendukung sektor pariwisata itu, Edi juga ingatkan wali nagari untuk mengalokasikan anggaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari untuk pembenahan sarana dan prasarana di objek wisata yang dikelola nagari atau Badan Usaha Milik Nagari (BumNag).

Sementara, Kadis Parpora Abdul Hakim dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dibiaya melalui Dana Alokasi Khusus Non Fisik untuk peningkatan kualitas SDM pelaku wisata di Tanah Datar dalam peran serta dan partisipasinya memajukan pariwisata daerah.
Pelatihan Pokdarwis berlangsung selama 3 hari dan diikuti 40 orang dari 10 Pokdarwis di nagari yang memiliki objek wisata.

Ke depannya juga akan dilaksanakan pelatihan bagi pengusaha kuliner sebanyak 50 orang, pengusaha
home stay 50 orang dan pemandu wisata 20 orang.

Tampil sebagai narasumber Rini Eka Sari dosen Politeknik UNP, Arlin Teguh Ardini seorang motivator, Bean Putra Albar dari Pokdarwis Nagari Jawi-Jawi Kabupaten Solok, dari Dinas Pariwisata Provinsi, BPBD Tanah Datar, Dinas Perkim LH Tanah Datar dan Hijrah Adi Sukrial seorang jurnalis.(fma)


Reporter : FERI /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 November 2019 - 15:43:46 WIB

    Akhir Tahun Mendekat...! OPD Pemkab Pasaman Harus Lebih Gesit

    Akhir Tahun Mendekat...! OPD  Pemkab Pasaman  Harus Lebih Gesit PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pasaman, kembali diingatkan soal percepatan realisasi kegiatan fisik dan keuangan, termasuk penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) yang masih jauh dar.
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 12:12:11 WIB
    Bansos Lansia Dibagi Merata di Semua Kecamatan

    Pemkab Dharmasraya Gelontorkan Rp3 Miliar untuk Lansia

    Pemkab Dharmasraya Gelontorkan Rp3 Miliar untuk Lansia DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Jumlah Lansia di Kabupaten Dharmasraya ditaksir sebanyak 18 ribu orang. Dari jumlah tersebut diperkirakan 7000 orang tergolong kurang mampu..
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 11:08:54 WIB
    Diterima Wabup H. Amrizal Dt. Rajo Medan

    Pemkab Dharmasraya Raih Penghargaan Tertinggi WTP atas LKPD

    Pemkab Dharmasraya Raih Penghargaan Tertinggi WTP atas LKPD DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Bupati Dharmasraya H. Amrizal Dt. Rajo Medan menghadiri Penyerahan Penghargaan Pemerintah Republik Indonesia atas capaian standar tertinggi/WTP LKPD 2018 kepada Gubernur, Bupati, Walikot.
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 10:52:39 WIB

    Pemkab Dharmasraya Kembangkan GERMAS Mandiri

    Pemkab Dharmasraya Kembangkan GERMAS Mandiri DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Acara Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Terpadu yang dilaksanakan di halaman SDN 09 Nagari Koto Beringin, Kecamatan Tiumang, Senin (21/10) berlangsung meriah serta ramai dihadiri masyara.
  • Senin, 07 Oktober 2019 - 14:01:09 WIB

    Pemkab Dharmasraya Bagikan 322 Paket untuk Lansia di Kecamatan Sitiung

    Pemkab Dharmasraya Bagikan 322 Paket untuk Lansia di Kecamatan Sitiung Program bantuan untuk warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Dharmasraya terus dilakukan..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM