Airi 56 Hektare Sawah, Pemerintah Nagari Ampuan Lumpo Bangun Irigasi 


Ahad, 23 Juni 2019 - 20:02:23 WIB
Airi 56 Hektare Sawah, Pemerintah Nagari Ampuan Lumpo Bangun Irigasi  Nagari Ampuan Lumpo. M JONI

PAINAN,HALUAN.COM- Masyarakat Nagari Ampuan dan Nagari Gunung Bungkuk Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan merasa lega terutama petani.

Hal ini karena ditingkatkannya status jalan dengan pengaspalan dari Nagari Ampuan melalui Rimbo Laweh menuju Gunung Bungkuk.

Selain pembangunan jalan, pemerintahan Nagari Ampuan juga melaksanakan pembangunan drainase (jaringan irigasi) Rimbo. “Jaringan irigasi ini akan mengairi lahan persawahan masyarakat sekitar 56 hektare melalui dana desa sebesar Rp 91 Juta dengan panjang 350 meter.

Sedangkan pada 2018 juga telah dialokasi dana pembangunan jaringan irigasi ini sebesar Rp200 Juta,” Wali Nagari Ampuan Lumpo kecamatan IV Jurai Pessel Syahrial Minggu (23/6).

Pembangunan ini sangat besar dampaknya terhadap pertumbuhan perekonomi masyarakat. Keberadaan jalan merupakan urat nadi ekonomi masyarakat dalam kelancaran sarana angutan hasil pertanian.

Sedangkan jaringan irigasi salah satu faktor keberhasilan masyarakat dalam peningkatkan hasil produksi, air merupakan kebutuhan tanaman padi yang tidak bisa dielakan.

Dikatakan Syahrial, selama ini masyarakat  terutama para petani,selama ini kesulitan dalam akses jalan karena kondisi jalan yang tidak memadai.

Ia mengatakan, pembangunan peningkatan status jalan tersebut dilakukan oleh pemerintah memafaatkan dana APBD Pessel.

Hal ini dilakukan guna kelancaran hubungan lalu lintas dari Nagari Ampung menuju Gunung Bungkuk dan Nagari Sago Salido, bahkan jalan tersebut juga sebagai jalan alternatif bagi masyarakat menuju ibu kecamatan.

Salah seorang petani nagari Ampuan Dodi mengakui, kepedulian pemerintahan Pemda Pessel dan pemerintahan nagari terhadap warganya patut dibanggakan, berbagai pembangunan terus berkembang pesat sejak beberapa tahun terakhir ini.(mjn)

 


Reporter : M JONI /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Februari 2015 - 19:42:06 WIB

    Haniful Khairi Maju Cabup Pasaman

    PAN JADI REBUTAN DI PASAMAN

    PASAMAN, HALUAN — Sekretaris DPD Partai PAN Kabupaten Pasaman Haniful Khairi memberanikan diri maju menjadi bakal calon bupati periode mendatang. Politisi PAN yang kin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM