Rumah Gadang Jorong Padang Ranah Dikonservasi BPCB Sumbar


Ahad, 23 Juni 2019 - 21:17:01 WIB
Rumah Gadang Jorong Padang Ranah Dikonservasi BPCB Sumbar Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menanam pohon pelindung menandai kegiatan konservasi perkampungan adat. IST

SIJUNJUNG, HALUAN.COM- Setidaknya sepuluh rumah gadang tradisional, di Jorong Padang Ranah, Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, menjadi sasaran Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat untuk dikonservasi. Hal itu merupakan kepedulian dan program BPCB dalam pelestarian nilai-nilai sejarah budaya.

Seperti yang disebutkan Kapokja Dokumentasi dan Publikasi BPCB Sumbar, Rafki. SS, Sabtu (22/6) program konservasi rumah gadang perkampungan tradisional di Padang Ranah, merupakan tindak lanjut dari program pelestarian nilai-nilai budaya yang ada di wilayah kerja BPCB Sumbar. "Salah satunya melakukan konservasi rumah gadang tradisional di Sijunjung," ujar Rafki.

Ditetapkan Jorong Padang Ranah sebagai perkampungan adat, selain penetapan dengan SK pusat, suasana dan kondisi rumah gadang yang ada masih dalam kondisi asli dan masih ditempati. Letaknya saling berhadapan yang dibatasi dengan jalan umum. Selain itu, si pemilik masih menjaga keaslian dan tidak ada bangunan lain di halamannya.

Keaslian itu, sambung Rafki, tidak hanya tampilan rumah gadang saja. Malahan aktivitas kebiasaan adat dan budaya masyarakat masih terjaga, seperti batoboh kongsi, bakaua adat, mambantai adat, basiriah tando, maanta marapulai, baralek adat dan batagak gala.

Tak salah dihadapan Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman diwakili Kasubdit Pelestarian R. Widiati, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat, walinagari dan ninik mamak serta bundo kanduang Sijunjung, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, merasa bangga dan mengucapkan terimakasih atas perhatian dari BPCB,  sehingga Perkampungan Adat Nagari telah masuk dalam daftar tentatif warisan dunia Unesco.

Kawasan perkampungan adat (Perkampungan Tradisional-red)  yang luasnya 150 hektar, dan memiliki 76 unit rumah gadang, membuat Kepala BPCB Sumatera Barat, memprogramkan konservasi rumah gadang Perkampungan Tradisional di Nagari Sijunjung ini selama lima hari, dari 20 – 24 Juni 2019.

Kegiatan konservasi ini, diawali dengan sosialisasi menghadirkan narasumber Universitas Bung Hatta Dr.Jhony Wongso, Universitas Gajah Mada Dr. Yustinus Suranto dan Balai Konservasi Borobudur, Heni Kusuma Wati. (rel/azn)

loading...
Reporter : AZNELDI /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 20:17:26 WIB

    Mendes PDTT Kunjungi Rumah Batik HW Trans KTM Lunang Silaut

    Mendes PDTT Kunjungi Rumah Batik HW Trans KTM Lunang Silaut HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar berkunjung ke Rumah Produksi Batik Printing Himpunan Wira Usaha Transmigrasi (HW Trans) Kota Terpadu Mandiri (KTM) Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu .
  • Senin, 20 Juli 2020 - 20:30:08 WIB

    Program Bedah Rumah Selesai, Kapolres Pessel Serahkan Kunci ke Warga

    Program Bedah Rumah Selesai, Kapolres Pessel Serahkan Kunci ke Warga HARIANHALUAN.COM - Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval didampingi Kasat Binmas AKP Gusfriandi, Kapolsek Linggo Sari Baganti Iptu Hardi Yasmar menyerahkan kunci rumah bedah kepada salah seorang warga di Kampung Pasar Lama.
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 15:44:18 WIB

    Usai Resmikan Rumah Bantuan, Abdul Rahman Berniat Bergabung dengan ACT

    Usai Resmikan Rumah Bantuan, Abdul Rahman Berniat Bergabung dengan ACT HARIANHALUAN.COM - Plt Bupati Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman meresmikan pemakaian dua unit rumah bantuan warga terdampak korban banjir bandang dan longsor 2019 lalu di Balun Sawatau Nagari Pakan Rabaa Tengah, Koto Parik .
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 21:50:11 WIB

    Pemkab Solsel Dapat Bantuan Perumahan Senilai Rp8,19 M dari Pusat

    Pemkab Solsel Dapat Bantuan Perumahan Senilai Rp8,19 M dari Pusat HARIANHALUAN.COM - Setelah sempat ditarik anggarannya oleh pemerintah pusat untuk anggaran penanggulangan covid, Solok Selatan kembali mendapatkan bantuan perumahan senilai total Rp8,19 miliar melalui berbagai program pada Ta.
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 11:35:39 WIB

    Revitalisasi Seribu Rumah Gadang Diminta Tuntas Sesuai Kontrak

    Revitalisasi Seribu Rumah Gadang Diminta Tuntas Sesuai Kontrak HARIANHALUAN.COM - DPRD Solok Selatan (Solsel) harapkan revitalisasi rumah gadang di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu selesai pengerjaannya sesuai kontrak kerja dan spesifikasi material..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]