Guru Harus Berkualitas dan Berinovasi


Senin, 24 Juni 2019 - 16:23:27 WIB
Guru Harus Berkualitas dan Berinovasi BAKRIZAL

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM –Menjadikan peserta didik berkualitas, mampu bersaing dengan relan seusuanya dan tamatannya diterima di lembaga pendidikan paforit, bukan saja ditentukan oleh kesungguhan serta kemandirian setiap siswa. Hal itu juga ditentukan oleh sejauhmana setiap pendidik mampu memberikan motivasi dan berinovasi di madrasahnya.

Secara prinsip, katanya, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik, terutama yang mengabdi di madrasah, bisa dilakukan dengan dua hal. Satu. Meningkatkan jenjang pendidikan sesuai kualivikasi (lenier) pendidikan bersangkutan. Jika selama ini gelar akademik yang mereka peroleh hanya Starata Satu (S-1), dilanjutkan ke Starata Dua (S-2), dan sebagainya.

Proses kedua. Dilaksanakan dengan memperkaya wawasan, ilmu pengetahian dan pengalaman setiap guru, yang dilaksanakan madrasah bersangkutan. Apakah melalui whorkshop, lokakarya, sosialsiasi, bimbingan teknis (Binytek), dan sebagainya, kata Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Bakrizal, kepada Haluan di Simpang Empat, Senin (24/6) pagi.

Secara umum, tenaga pengajar yang beraktivitas di setiap madrasah di Kabupaten Pasaman Barat, telah mampu menjadikan dirinya sebagai tenaga pengajar secara maksimal di lembaga pendidikannya. Namun dari kondisi itu, jika ditelusuri secara langsung ke madrasah, apakah berstatus negeri atau swasta, ada di antara pendidiknya , melaksanakan tugasnya secara alamiah dengan memanfaatkan apa adanya.

Dipihak lain, ulas Bakrizal, dalam perkembangan zaman, kemajuan arus teknologi informasu (TI) saat ini, tantangan berat dihadapi setiap pendidik, dan setuju atau tidak kondisi dimaksud harus diikuti adalah, kemampuan setiap guru mengakses sekaligus memanfaatkan fasilitas TI dimaksud secara maksimal. Sehingga guru terbut bisa mengaikuti perubahan dan perkembangan zaman, dengan maksimal.

Bagaimana mungkin seorang guru bisa berkembang, tahu dengan perubahan zaman dan mampu mengakses informasi glonal sekaligus mengaplikasikannya ketika melaksanana tugasnya di madrasah masing-masing. Sementara dirinya tidak peduli malah tidak mampu mengaktifkan dirinya dengan arus global dimaksud.

Khusus bagi madrasah swasta, ulasnya lagi, peningkatan kualitas, kapasistan dan kompetensi tenaga pengajar di lembaga pendidikan bersangkutan, bisa dilakukan dengan cara mengikutsertakan gurunya ke ajang whorkshop, lokakarya, sosialisasi, bimbingan teknis atau dalam bentuk lain yang dilaksanakan madrasah negeri.

Kalau tidak, tambannya, kepala madrasah swasta bersangkutan harus berinisiatif membuat kesepakatan dengan tengaha pengajar yang ada sekaligus membuat kesemapatan untuk melakukan bimbingan, berupa whorkshop, lokakarya atau dalam bentuk lain di madrasahnhya, selanjutnya menyurati pihak Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, sebagai pemateri atau fasilitatornya.

Selagi madrasah swasta di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, tamah Bakrizal lagi, menyurati pihak kantor, berarti pihak kantor akan menghadiri sekaligus tampil sebagai pemateri atau fasilitator dari kegiatan dimaksud. (h/gmz)


Reporter : Guzmizar /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 12 Juli 2019 - 17:22:28 WIB

    Rafika Terlipih Jadi Guru PAI

    PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Rafika Noviyani, warga Jambak, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), berhasil lulus sekaligus terpilih menjadi guru Pendidikan Agama Islam (PAI), melalui program bantuan intensif, p.
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 12:37:50 WIB

    Guru-guru Campin Dibalik Kemajuan Koperasi Bina Karya dan Junjung Sirih

    Guru-guru Campin Dibalik Kemajuan Koperasi Bina Karya dan Junjung Sirih SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Meski tak berlatarbelakang pendidikan ekonomi, apalagi koperasi, sebagian besar adalah berprofesi sebagai guru SD dan TK ternyata juga campin mengelola koperasi. Inilah yang ditunjukkan oleh Koper.
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 15:35:00 WIB

    Kepengurusan PWI Tanah Datar Dikukuhkan

    Kepengurusan PWI Tanah Datar Dikukuhkan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Pengurus PWI Tanah Datar periode 2019 - 2022 dikukuhkan Ketua PWI Sumbar, Selasa (9/7) di Gedung PKK Komplek Indo Jolito Batusangkar..
  • Ahad, 23 Juni 2019 - 22:21:57 WIB

    77 Guru Non PNS Dapat SK Dari Pemerintah Pusat

    77 Guru Non PNS Dapat SK Dari Pemerintah Pusat LIMAPULUHKOTA, HARIANHALUAN.COM - Kali ini, Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan kembali memberikan perhatian penuh terhadap Kabupaten Limapuluh Kota.Terutama dalam menyikapi kekurangan tenaga pengajar. Buktinya sa.
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 16:05:14 WIB

    Pengurusan Administrasi Disdukcapil Pasbar Naik 200 Persen

    Pengurusan Administrasi Disdukcapil Pasbar Naik 200 Persen PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pasca lebaran jumlah masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil Kabupaten Pasaman Barat meningkat sekitar 200 persen. Peningkatan tersebut karena adanya perantau pulang.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM