Guru Harus Berkualitas dan Berinovasi


Senin, 24 Juni 2019 - 16:23:27 WIB
Guru Harus Berkualitas dan Berinovasi BAKRIZAL

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM –Menjadikan peserta didik berkualitas, mampu bersaing dengan relan seusuanya dan tamatannya diterima di lembaga pendidikan paforit, bukan saja ditentukan oleh kesungguhan serta kemandirian setiap siswa. Hal itu juga ditentukan oleh sejauhmana setiap pendidik mampu memberikan motivasi dan berinovasi di madrasahnya.

Secara prinsip, katanya, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pendidik, terutama yang mengabdi di madrasah, bisa dilakukan dengan dua hal. Satu. Meningkatkan jenjang pendidikan sesuai kualivikasi (lenier) pendidikan bersangkutan. Jika selama ini gelar akademik yang mereka peroleh hanya Starata Satu (S-1), dilanjutkan ke Starata Dua (S-2), dan sebagainya.

Proses kedua. Dilaksanakan dengan memperkaya wawasan, ilmu pengetahian dan pengalaman setiap guru, yang dilaksanakan madrasah bersangkutan. Apakah melalui whorkshop, lokakarya, sosialsiasi, bimbingan teknis (Binytek), dan sebagainya, kata Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Bakrizal, kepada Haluan di Simpang Empat, Senin (24/6) pagi.

Secara umum, tenaga pengajar yang beraktivitas di setiap madrasah di Kabupaten Pasaman Barat, telah mampu menjadikan dirinya sebagai tenaga pengajar secara maksimal di lembaga pendidikannya. Namun dari kondisi itu, jika ditelusuri secara langsung ke madrasah, apakah berstatus negeri atau swasta, ada di antara pendidiknya , melaksanakan tugasnya secara alamiah dengan memanfaatkan apa adanya.

Dipihak lain, ulas Bakrizal, dalam perkembangan zaman, kemajuan arus teknologi informasu (TI) saat ini, tantangan berat dihadapi setiap pendidik, dan setuju atau tidak kondisi dimaksud harus diikuti adalah, kemampuan setiap guru mengakses sekaligus memanfaatkan fasilitas TI dimaksud secara maksimal. Sehingga guru terbut bisa mengaikuti perubahan dan perkembangan zaman, dengan maksimal.

Bagaimana mungkin seorang guru bisa berkembang, tahu dengan perubahan zaman dan mampu mengakses informasi glonal sekaligus mengaplikasikannya ketika melaksanana tugasnya di madrasah masing-masing. Sementara dirinya tidak peduli malah tidak mampu mengaktifkan dirinya dengan arus global dimaksud.

Khusus bagi madrasah swasta, ulasnya lagi, peningkatan kualitas, kapasistan dan kompetensi tenaga pengajar di lembaga pendidikan bersangkutan, bisa dilakukan dengan cara mengikutsertakan gurunya ke ajang whorkshop, lokakarya, sosialisasi, bimbingan teknis atau dalam bentuk lain yang dilaksanakan madrasah negeri.

Kalau tidak, tambannya, kepala madrasah swasta bersangkutan harus berinisiatif membuat kesepakatan dengan tengaha pengajar yang ada sekaligus membuat kesemapatan untuk melakukan bimbingan, berupa whorkshop, lokakarya atau dalam bentuk lain di madrasahnhya, selanjutnya menyurati pihak Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, sebagai pemateri atau fasilitatornya.

Selagi madrasah swasta di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, tamah Bakrizal lagi, menyurati pihak kantor, berarti pihak kantor akan menghadiri sekaligus tampil sebagai pemateri atau fasilitator dari kegiatan dimaksud. (h/gmz)


Reporter : Guzmizar /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:40:58 WIB

    350 Pengurus PIK Remaja Ikuti Genre Fellowship dari BkkbN

    350 Pengurus PIK Remaja Ikuti Genre Fellowship dari BkkbN PADANG PANJANG, HALUAN - BkkbN Sumbar menggelar kegiatan Genre Fellowship tingkat Sumbar yang diikuti oleh lebih kurang 350 orang peserta yang merupakan pengurus dan pengelola PIK (Pusat Informasi Konseling) Remaja se kab/kot.
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 15:23:09 WIB

    Perguruan Tinggi Dilibatkan dalam Percepatan Sanitasi

    Perguruan Tinggi Dilibatkan dalam Percepatan Sanitasi PADANGPARIAMAN, HRAIANHALUAN.COM - Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Padang gandeng Perguruan Tinggi Kesehatan Padang Pariaman dalam percepatan peningakatan pembangunan sanitasi di Padang Pariaman, hungga.
  • Kamis, 26 September 2019 - 20:06:33 WIB

    Sosialisasi Bahaya Radikalisme, Wako Padang Panjang Ajak Guru Waspadai Radikalisme

    Sosialisasi Bahaya Radikalisme, Wako Padang Panjang Ajak Guru Waspadai Radikalisme HARIANHALUAN.COM.Padang Panjang-Kepala Sub Direktorat Propaganda Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Kolonel Pas. Sujatmiko mengatakan bahwa pada hakekatnya radikalisme itu adalah empat hal yang membeahayakan bangsa dan .
  • Kamis, 19 September 2019 - 17:10:19 WIB

    Disdik Limapuluh Kota Kekurangan Guru

    Disdik Limapuluh Kota Kekurangan Guru LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, Indrawati mengatakan, sekolah-sekolah yang ada di Limapuluh Kota, masih membutuhkan seribuan lagi guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). .
  • Rabu, 11 September 2019 - 15:56:02 WIB

    Kepengurusan HISSI Sumbar Dikukuhkan

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Organisasi Himpunan Ilmuan dan Sarjana Syariah Islam (HISSI) Sumatera Barat resmi dilantik, Sabtu (7/9) di Gubernuran Sumbar. Organisasi yang sudah berdiri sejak 2008 tersebut siap mel.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM