Serelah Pasokan Normal, Harga Cabai di Kota Padang Mulai Turun


Senin, 24 Juni 2019 - 20:50:43 WIB
Serelah Pasokan Normal, Harga Cabai di  Kota Padang Mulai Turun Pasokan cabai yang sempat menipis di Kota Padang diperkirakan akan kembali normal. IST

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Pasokan cabai yang sempat menipis di Kota Padang, kini sudah kembali normal. Hal ini membuat harga cabai yang sempat melambung Rp60 ribu sampai Rp70 ribu per kilogram sudah turun Rp50 Ribu per kg.

“Saat ini harga capai di pasaran sudah mengalami penurunan menjadi Rp50 ribu per-kg  karena pasokan dari daerah Kerinci, Jambi sudah mulai masuk ke Kota Padang,” ujar Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Syahrial Kamat, Senin (24/6).

 

Dikatakannya, faktor utama tingginya harga cabai memang disebabkan oleh minimnya pasokan cabai akibat terlambatnya distribusi dari pemasok utama Kota Padang yakni dari Jawa Tengah dan daerah jawa lainnya.

 

Sedangkan untuk pasokan dari wilayah Sumbar sendiri dikatakannya terkendala sistem pola tanam. Untuk petani cabai dari daerah Sumbar saat ini baru mulai menanam pascalebaran jadi belum bisa panen.

 

"Pengiriman dari daerah pemasok utama kita itu memakan waktu lebih karena di kirim melalui jalur darat.

 

Menurutnya, kejadian melambungnya harga cabai kini sebenarnya sudah menjadi masalah yang seringg terjadi setiap tahun, namun masih bisa diatasi dengan melakukan pengiriman memakai jasa cargo udara.

 

"Dengan tingginya harga tiket pesawat ini juga berimbas pada biaya pengiriman, maka pengiriman dari daerah asal terpaksa memakai jasa pengiriman darat," ujarnya.

 

Sebelum harga tiket pesawat naik, katanya, pemasok masih bisa menggunakan udara, sebab setiap kilogramnya hanya dikenakan Rp7.500. Jadi, harga cabai tidak akan terlalu tingggi ketika dijual di Kota Padang.

 

"Sekarang harga tiket pesawat melambung tinggi, sehingga biaya pengiriman juga melambung tinggi. Apabila dipaksakan mengirim melalui udara tentu harga cabai tetap tinggi," katanya.

 

Apabila masih didapati harga cabai yang tinggi nantinya, pihaknya akan segera merapatkan kembali dengan pihak terkait untuk mengambil langkah mengatasi hal ini. (mal).


Reporter : AKMAL /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM