Bahaya Erupsi Gunung Dakolo, Bandara Gamarmalamo Maluku Ditutup


Selasa, 25 Juni 2019 - 09:45:49 WIB
Bahaya Erupsi Gunung Dakolo, Bandara Gamarmalamo Maluku Ditutup Semburan abu vulkanik Gunung Dokuno sangat membahayakan aktivitas penerbangan.(antara)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Akibat erupsi gunung Dukono menyemburkan abu vulkanik yang berbahaya bagi penerbangan, pihak  pengelola menutup  Bandara Gamarmalamo Galela, Halmahera Utara, Maluku Utara.

Kepala Bandara Gamarmalamo Galela, Ahmad Saifudin di Ternate, Selasa (25/6)  dikutip antaranews  menyatakan, Bandara Gamarmalamo ditutup  beroperasi, karena abu vulkanik Gunung Dokuno sangat membahayakan aktivitas penerbangan.
Menurut Ahmad Saifudin, keputusan untuk menutup bandara karena abu vulkanik masih terdeteksi. Sampai saat ini belum di ketahui pasti kapan bandara akan kembali dibuka. 

Penutupan ini juga guna menjamin keselamatan penumpang rute Galela- Manado dan sebaliknya.

Sementara itu, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dukono Iwan Amat ketika di konfirmasi mengatakan, hingga Senin sore sekitar pukul 15.45 WIT Gunung Dukono masih mengeluarkan asap disertai abu vulkanik yang mengarah ke Utara (Desa Luari, Mamuya), Timur (Wari, Tobelo dan sekitarnya, UPA dan WKO), Timur Laut (Ruko, Mede, Popilo, Gorua) dan Barat Laut (Galela/Soasio dan sekitarnya, Soakonora dan sekitarnya, Dokulamo/Bandara Gamarmalamo Galela) dengan tinggi debu 500 meter.

"Kesimpulan tingkat aktifitas Gunung Dukono waspada level II, sehingga kami juga mengeluarkan rekomendasi PVMBG agar tidak ada aktifitas masyarakat/pengunjung dalam radius 2 km dari Kawah Malumpang Warirang," katanya.(*)


 Sumber : Antara /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 14:08:42 WIB

    Vaper Indonesia Tantang Pemerintah: Buktikan Vape Berbahaya!

    Vaper Indonesia Tantang Pemerintah: Buktikan Vape Berbahaya! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Munculnya kasus terkait cairan atau liquid vape yang diduga mengandung narkoba semakin membuat vape atau rokok elektrik dipandang negatif. Kasus yang sempat menyandung artis Vicky Nitinegoro ini di.
  • Ahad, 15 September 2019 - 23:28:20 WIB

    Gawat! Dampak Kabut Asap, Udara Palangka Raya Berbahaya

    Gawat! Dampak Kabut Asap, Udara Palangka Raya Berbahaya JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Merujuk pada data pukul 15.00 WIB, Minggu (15/9/2019), udara di Palangka Raya berada pada angka 500 alias masuk kategori berbahaya..
  • Jumat, 07 Juni 2019 - 15:39:29 WIB

    Diwanti-wanti Menhub, Ini Bahayanya Terbangkan Balon Udara

    Diwanti-wanti Menhub, Ini Bahayanya Terbangkan Balon Udara JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur menghentikan tradisi menerbangkan balon udara saat Lebaran. Balon udara tanpa awak berpot.
  • Senin, 18 Maret 2019 - 11:22:44 WIB

    Islamophobia Berbahaya Bagi Masa Depan Manusia

    Islamophobia Berbahaya Bagi Masa Depan Manusia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengutuk aksi penembakan kaum Muslim yang sedang menunaikan shalat Jumat di Masjid al-Noor dan masjid Linwood Avenue, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3)..
  • Jumat, 16 Desember 2016 - 02:12:26 WIB
    WARGA ASING DIBOLEHKAN DIRIKAN ORMAS DI INDONESIA

    Kebijakan Jokowi Bahayakan NKRI

    JAKARTA, HALUAN — Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Muzani mendesak pemerintah untuk mencabut Peraturan Pemerintah (PP) No 59/2016 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang didirikan oleh Warga Negara Asing (WNA). PP yang .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM