Kapolri Larang  Aksi Unjuk Rasa di Sekitar  Gedung MK


Selasa, 25 Juni 2019 - 21:03:12 WIB
Kapolri Larang  Aksi Unjuk Rasa di Sekitar  Gedung MK Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian (Kanan) dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri). ANTARA

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Selama sidang putusan sengketa Pemilihan Umum Presiden 2019,  Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Tito Karnavian melarang aksi unjuk rasa di sekitar Mahkamah Konstitusi (MK).

Larangan tersebut disampaikan oleh Tito di Jakarta, Selasa (25/6), mengingat aksi unjuk rasa serupa terjadi pada tanggal 21 s.d. 22 Mei berakhir dengan kericuhan di depan Kantor Badan Pengawas pemilu RI, Jakarta. Kejadian ini mengganggu ketertiban umum.

"Saya tidak ingin itu terulang kembali, kebaikan yang kami lakukan, diskresi saya tidak ingin lagi disalahgunakan. Untuk itu, saya larang semua unjuk rasa yang melanggar ketertiban publik," ujar Tito seperti dikutip antaranews.
Tito mengatakan bahwa pihaknya sudah mendengar ada imbauan dari Pasangan Calon Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno agar massa pendukung tidak perlu hadir di MK.

Selain itu, Tito sudah menegaskan kepada jajaran Polda Metro Jaya dan intelijen untuk tidak memberikan izin unjuk rasa di depan MK, berdasarkan Pasal 6 Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Penyampaian Pendapat di Muka Umum.

"Di dalam Pasal 6 itu, ada lima yang tidak boleh, di antaranya tidak boleh mengganggu ketertiban umum, publik, dan tidak boleh menganggu hak asasi orang lain, serta harus menjaga kesatuan bangsa," ujar Tito.

Ia menekankan kepada jajaran kepolisian agar tetap waspada terhadap aksi unjuk rasa yang mengganggu ketertiban publik, serta berkoordinasi dengan pihak TNI menyiapkan kurang lebih 45.000 pasukan pengamanan di sekitar MK dan melakukan penutupan jalan untuk menghindari intervensi pihak luar.

"Kalau tetap melaksanakan unjuk rasa, sepanjang mengganggu kepentingan publik, kami akan bubarkan," ujar Tito.(*)


 Sumber : Antara /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 16:25:11 WIB

    Soal Kasus Kivlan Zein, Menhan Minta Kapolri Pertimbangkan Jasanya

    Soal Kasus Kivlan Zein, Menhan Minta Kapolri Pertimbangkan Jasanya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mendukung Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk menegakkan hukum terkait kerusuhan pada Aksi 21-22 Mei yang diduga didalangi oleh sejumlah purnawir.
  • Rabu, 29 Mei 2019 - 05:24:16 WIB

    Kapolri Tak Akan Izinkan Lagi Unjuk Rasa Sampai Malam

    Kapolri Tak Akan Izinkan Lagi Unjuk Rasa Sampai Malam JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, pihaknya belajar dari kejadian rusuh pada 21 dan 22 Mei 2019, sehingga tak akan memberikan lagi diskresi kepada pihak-pihak yang ingin melakukan unjuk rasa sampai m.
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 12:16:52 WIB

    Kapolri Harus Tanggung Jawab Atas Kematian 8 Orang Saat Rusuh 22 Mei

    Kapolri Harus Tanggung Jawab Atas Kematian 8 Orang Saat Rusuh 22 Mei HARIANHALUAN.COM - Kapolri Jenderal Tito Karnavian diduga telah melanggar HAM dalam menangani kerusuhan 22 Mei (225) yang menewaskan 8 warga. Atas alasan itu, Ketua DPP KNPI, Choir Syarifudin mendesak agar Presiden Joko Widod.
  • Rabu, 04 Januari 2017 - 19:56:15 WIB

    Mantan Kapolri ‘Urang Awak’ Masuk Rumah Sakit, Polri Doakan Kesembuhan

    Mantan Kapolri ‘Urang Awak’ Masuk Rumah Sakit, Polri Doakan Kesembuhan PADANG, HALUAN—Mantan Kapolri tahun 1978-1982 Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A yang merupakan putra Minangkabau masuk rumah sakit..
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:54:08 WIB
    TAFSIRKAN PERNYATAAN AHOK SOAL ALQURAN

    Jokowi Ngaku Sudah Tegur Kapolri

    JAKARTA, HALUAN — Presiden Joko Widodo mengaku sudah menegur Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian karena menafsirkan pernyataan calon Gu­bernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang mengutip ayat Alquran. Pengakuan itu .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM