Menuju Pilkada 2020: M Nur Idris Siap Maju, Petahana Masih Terkuat di Bukittinggi


Rabu, 26 Juni 2019 - 12:01:13 WIB
Menuju Pilkada 2020: M Nur Idris Siap Maju, Petahana Masih Terkuat di Bukittinggi M Nur Idris

HARIANHALUAN.COM-Pilkada Serentak bakal dihelat tahun 2020. Dari sisi persiapan sebuah  alek pilkada, jangka waktu setahun lagi bukanlah tenggat  yang panjang. Maka wajarlah sejumlah nama mulai mengapung dan disebut sebut warga sebagai kandidat yang bakal memimpin Kota Bukittinggi.

Politisi dan aktivis sosial  M. Nur Idris salah satu dari nama masuk bursa pilkada Bukittinggi dan Tanah Datar malah.
 M. Nur Idris mengaku tidak kaget lagi."Bahkan nama-nama yang beredar menurut saya adalah hal yang biasa. Memang layak untuk diapungkan sebagai bagian proses demokrasi yang terbuka," Rabu ini, (26/6).
 
Ditanya tentang keseriusannya atau sekedar parami alek pilkda, ia menyatakan, "Saya tegas menyatakan sikap InssaAllah akan maju kalau memang diamanahkan partai dan setelah mendengarkan aspirasi dan dukungan masyarakat. Dan tinggal lagi akan memikirkan daerah yang punya potensi terbaik bagi saya. Tentunya sebagai kader partai akan menerima penugasan apabila dikehendaki partai, ini sudah biasa di partai kami PAN," ungkap politisi senior ini.

Baca Juga : PSU Pilkada Inhu dan Rohul, 90 Prajurit TNI dan 854 Personel Polda Siap Mengamankan


Menurut M Nur Idris,  inssa allah akan menerima penugasan bahkan siapa saja bisa menerima kerangka penugasan partai bisa di mana saja dan di posisi apa saja yang tentu layak dan sesuai kapabilitas kader. 
Pendiri  sekaligus penggerak sejumlah aktivitas sosial kemasyarakatan ini  mengakui semakin banyak 
dukungan-dukungan untuk dirinya maju Pilwako Bukittinggi 2020 nanti. Disamping itu ada juga datang dukungan untuk maju Pilbup  Tanah Datar 2020. "Namun saya akan tetap mendengarkan beragam aspirasi yang berkembang di masyarakat itu," ujarnya.

Menyangkut munculnya nama-nama calon wako dan wawako Bukittinggi, sejauh ini ia melihat  belum banyak nama yang muncul ini ketahap serius untuk dipertimbangkan. Banyak kadera-kader partai yang berani muncul padahal dilihat hasil pileg 2019, untuk Bukittinggi parpol atau gabungan parpol bisa punya peluang mengajukan tiga atau empat pasan calon. 
"Kalau untuk calon walikota saya baru melihat Ramlan Nurmatias dan Irwandi yang akan bertarung. Kalau dari kader partai saya belum melihat nama yang akan muncul," jelasnya.
 Kalau untuk wakil walikota sudah banyak yang diam-diam mencari dukungan. Namun tentang mengapungnya  nama-nama perantau atau putra daerah, M Nur Idris melihat  sangat sedikit kemungkinan  akan maju. "Karena bagi perantau kedua patahana sekarang mewakili aspirasi perantau dan putra daerah. Jadi kita tunggulah untuk beberapa bulan ke depan," ujarnya.
Menurutnya, patahana dipastikann tidak akan maju lagi lewat jalur independen. Disisi lain,  Parpol pasti akan memikirkan kadernya yang akan dimajukan. Karena parpol sudah lama membesarkan partai, masak tak punya kadet untuk dimajukan. "Minimal partai akan melihat aturan nanti soal, apakah kader parpol yang duduk di parlemen boleh maju tapi boleh tidak mengundurkan diri," ulasnya. 

Baca Juga : Kecuali Inhu dan Rohul, 6 Kepala Daerah di Riau Serentak Dilantik 26 April

M Nur Idris meyakini patahana sekarang akan dilirik oleh parpol atau gabungan parpol di Bukittinggi. "Prestasi keduanya tidak dapat dipungkiri, tinggal lagi dengan siapa mereka berpasangan sebagai  wawako,"tekannya.

Menyangkut pembicaraan partai PAN, ia mengakui  secara resmi memang belum ada membicarakan calon pilkada. Namun secara internal sudah ada melirik satu dan dua calon dari kader partai yang akan diusung. Termasuk saat ini,  walaupun DPRD Bukittinggi periode 2019-2024 dilantik.

Baca Juga : Pilkada 2020 Sukses, Wabup Sabar Puji Kinerja Pengawasan Bawaslu

"Namun pembicaraan koalisi sudah mulai dijajaki.  Karena PAN tidak bisa mengusung pasangan calon sendiri. PAN hanya dapat 3 kursi sementara untuk mengajukan pasangan calon minimal harus 5 kursi," pungkasnya.(*)

Editor : DNJ
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]