Pemda Perlu Gandeng Pengusaha Muda dalam Peningkatan Investasi Daerah


Rabu, 26 Juni 2019 - 13:57:50 WIB
Pemda Perlu Gandeng Pengusaha Muda dalam Peningkatan Investasi Daerah Calon ketua umum (Caketum) DPP organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming bersama dengan jajaran Hipmi Sumbar di Hotel Mercure Padang, Selasa (25/6). Dok/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Satu dari empat kandidat calon ketua umum (Caketum) DPP organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Mardani H Maming mengunjungi Sumatera Barat (Sumbar) untuk melakukan koordinasi dengan HIPMI Sumbar. Pada kesempatan tersebut, dia menyampaikan akan ikut serta membangun sektor investasi di daerah ini. 
"Banyak hal yang bisa dikerjakan di Sumbar sebagai pelaku ekonomi saya akan memberikan kontribusi positif terhadap sektor investasi dengan mengandeng pengusaha lokal, " ujarnya saat rapat koordinasi dengan HIPMI Sumbar ,Selasa (25/6) di Hotel Mercure Padang. 
Dia mengatakan, ketika terpilih menjadi ketua HIPMI sejumlah program telah disiapkan, salah satunya mensinergikan pengusaha daerah dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  untuk membangun perekonomian, jangan sampai terjadi kompetisi antara dua unsur tersebut. Perusahaan milik negara mestinya menyayomi pengusaha muda, tidak mungkin  dia bersaing dengan perusahaan negara. 
Disampaikannya, ada 4 kandidat Caketum BPP Hipmi yang akan bersaing dan memiliki kapasitas diantaranya, Ajib Hamdani Wakil Bendahara Umum BPP Hipmi, Bagas Adhadirgha Ketua Bidang Luar Negeri dan Pariwisata BPP Hipmi, Akbar Buchari Mantan Ketum BPD Hipmi Sumut
"Dan saya sendiri, Mardani H Maming Ketua Umum Apkasi dan mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ," katanya.
Dia mengatakan, dari empat kandidat itu tidak ada kata kompetisi, dimana sama sama bertekat untuk mebangun perekonomian Indonesia, kader-kader HIPMI mesti menjadi pemcetus lahirnya pengusaha -pengusaha yang siap untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah. 
Untuk menjadi pengusaha yang baik, katanya, mesti memiliki pola pikir yang mampu memanfaatkan keterbatasan untuk mengambil kesempatan demi kemajuan usaha , kusus untuk kader HIPMI mesti memegang legislatif dan eksekutif agar konsep untuk pembangunan ekonomi dapat berjalan dengan optimal .
"Pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI mesti mendapatkan praktek jangan hanya teori, pengusaha pemula tidak mungkin bersaing dengan pengusaha yang telah besar," katanya. 
Dia mengatakan, pemerintah mesti memperhatikan kebutuhan pengusaha muda mereka perlu dilindungi dan diberikan kemudahan, sehingga keberadaan mereka memberikan warna pada dunia usaha. 
Dia bertekad, akan membawa HIPMI lebih berkiprah dan berkontribusi.
 "Sinergi Hipmi dengan pemerintah bisa dilakukan, misalnya untuk pengerjaan proyek yang nilainya di bawah Rp200 juta, bisa dilakukan melalui penunjukan langsung kepala daerah kepada pengusaha anggota Hipmi. Di sinilah Hipmi berperan untuk menggodok sistemnya, membuat aturan mainnya, menentukan daftar anggota yang memiliki kelayakan, dan yang penting Hipmi bisa membuka akses dan memberikan peluang yang sama besar kepada para pengusaha di daerah," kata Mardani.  
Sementara itu Ketua HIMPI Sumbar Iqra Chissa mengatakan, dengan sinergi yang dilakukan oleh Caketunb Mardani H Maming bisa memberikan dampak positif terhadap Sumbar ketika menjadi ketua. Secara kekuatan kandidat nomor urut empat ini,  cukup memiliki peluang besar untuk memimpin HIMPI pusat. 
" Mardani  H Maming cukup unik, beliau merupakan mantan pimpinan DPRD dan Bupati dan sekarang akan maju sebagai ketua HIPMI, " tutupnya. (*)

 


Reporter : Winda /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juli 2019 - 10:29:04 WIB
    BARU 4 DAERAH IKUT PESERTA TASPEN

    Pemda Masih Minim Berikan Jaminan Sosial JKK-JKM untuk Honorer

    Pemda Masih Minim Berikan Jaminan Sosial JKK-JKM untuk Honorer PADANG, HARIANHALUAN.COM – Meskipun sudah ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah tentang (PP) Nomor 70 Tahun 2015 dan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang kewajiban Pemerintah selaku pemberi kerja bagi para ASN, PPPK dan tenaga H.
  • Senin, 01 Juli 2019 - 22:22:22 WIB

    PLN dan Pemda Pariaman “Sulap” Kawasan Sungai Jadi Taman Kota

    PLN dan Pemda Pariaman “Sulap” Kawasan Sungai Jadi Taman Kota PADANG, HARIANHALUAN.COM - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat bersama Pemda Kota Pariaman meresmikan pembangunan Jalan Taman dalam rangka Water Front City Kota Pariaman. Acara bertajuk Peletakan Batu Pertama .
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 17:56:33 WIB

    Dewan Sebut Stikes Caplok Lahan Pemda

    Dewan Sebut Stikes Caplok Lahan Pemda BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Adanya temuan lapangan oleh DPRD terkait terpakainya sebagian lahan pembangunan gedung DPRD Kota Bukittinggi oleh pihak Stikes For De Kock Bukittinggi, mendapat sorotan dari Ketua Komisi I Bid.
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 08:47:23 WIB

    Selamatkan Iklan Bilih, Pemda Segera Tertibkan Bagan Masyarakat di Singkarak dan Maninjau

    Selamatkan Iklan Bilih, Pemda Segera Tertibkan Bagan Masyarakat di Singkarak dan Maninjau PADANG, HARIANHALUAN.COM — Keberadaan bagan di Danau Singkarak dinilai dapat mengancam keberlangsungan komunitas ikan bilih di Sumatera Barat. Oleh karena itu, DPRD Sumbar mendorong Pemprov serta Pemkab Solok dan Tanah Data.
  • Rabu, 10 Oktober 2018 - 12:17:09 WIB

    Tingkat Kecelekaan Tinggi, Pemda dan KAI Harus Perhatikan Keselamatan Warga

    Tingkat Kecelekaan Tinggi, Pemda dan KAI Harus Perhatikan Keselamatan Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM-Tingginya tingkat kecelakaan kereta api di jalur perlintasan kereta api Padang-Pariaman serta jalur Minangkabau Ekspres yang baru-baru ini mulai dioperasikan mendapat sorotan dari kalangan DPRD..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM