Seribuan Pencaker Serbu Job Fair Kab Solok


Rabu, 26 Juni 2019 - 16:14:59 WIB
Seribuan Pencaker Serbu Job Fair Kab Solok JOB FAIR - Bupati Solok Gusmal didampingi Sekda Aswirman berdialog dengan perusahaan penyedia lowongan kerja, selepas pembukaan Pameran Bursa kerja (Job Fair) 2019 di lapangan parkir DPRD Kab. Solok Arosuka, Selasa (25/6). WANDI MALIN

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Untuk menekan angka pengangguran, sedikitnya sebanyak 900 lowongan kerja (Loker) kembali dibentangkan untuk para pencari kerja (pencaker), dalam pameran Bursa Kerja (Job Fair) 2019 yang digelar oleh dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu dan tenaga kerja (DPMPTSPNaker) Kabupaten Solok di Arosuka, Selasa (25/6).

 

 

Pada pameran Bursa kerja 2019 ini diikuti oleh 27 perusahaan nasional dan regional Sumbar. Pameran yang digelar selama dua hari mulai Selasa-Rabu (25-26/6) di lapangan parkir DPRD Kab. Solok ini praktis menyedot animo masyarakat. Dari pantauan Haluan, setidaknya sekitar seribuan pencari kerja menyerbu stan pameran lowongan kerja yang disediakan panitia.

 

Di samping merupakan salah satu wadah dimana bertemunya pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan pekerja berdasarkan Kualifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan, kegiatan ini sekaligus upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam menekan angka pengangguran di daerah itu.

 

Sementara perusahaan yang ikut berpartisipasi antara lain The Axana Hotel, PT Permodalan Nasional Madani, PT Astra International, PT Bussan Auto Finance, PT Maju Global Motor, PT Elang Perkasa Motor, PT.Minang Sukses sejahtera, PT Anugerah Lautan Berlian, LPK Yaruki Language, Bank Mandiri Syariah, PT Mandala Multi Finance, PT Trans Retail Indonesia, PT Amanah Muda Persada, PT Andalan Mitra Prestasi, PT sinar Insani, PT Transkreasindo, PT FIF Grup Padang, PT Ramayana Matahari Plaza, PT Andalas Berlin Motor, BTPN, PT Hansela Berkah abadi, BP3TKI, Primadata dan Hems Institut, PT Hulia Migas Pratama, PT indomobil Finance, PT Indrias Mandiri Sejati, PT MNC Vision.

 

" Kami juga mengucapan terimakasih kepada pihak sponsor yang ikut serta menyemarakkan Kegiatan Job Fair kabupaten solok tahun 2019 ini antara lain Bank Nagari, Bank mandiri, BPJS ketenagakerjan, PT Tirta investama Arosuka, PT.Aiga, PTPN VI, dan PT Minang Jalito," kata kepala DPMPTSPNaker Kab. Solok Erizal SE MM.

 

Sementara itu, kadis DPMPTSPNAKER Prov.Sumbar diwakili oleh Kabid pelatihan dan Penempatan Ir.Wilson menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan pemerintah kab. Solok atas penyelenggaraan Job Fair ini sebagai upaya penyebarluasan peluang kerja dan peningkatan karier melalui sinergi kesempatan kerja. "Kegiatan semacam ini sangatlah penting dalam upaya kita dalam menyebarluaskan informasi kesempatan kerja dalam dan luar negeri," kata Wilson.

 

Dengan dilaksanakanya Pameran Bursa kerja ini kata dia, diharapkan terjadi percepatan pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja.

Dalam kapasitasnya sebagai pemerintah provinsi Sumbar terhadap pelaksanaan kegiatan pameran Bursa kerja ini, diharapkan terjadinya penyerapan tenaga kerja sebanyak mungkin sehingga dapat mengurungi tingkat pengangguran khususnya di kab solok dan Sumatera Barat pada umumnya.

 

Terhadap itu, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM, Turut mengapresiasi Dinas Penanaman Modal dan tenaga kerja kabupaten solok,DPMPTSP provinsi, pihak perusahaan, sponsor dan unsur terkait lainya yang telah bekerja sama mengadakan kegiatan Job Fair ini. "Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap pengurangan angka pengangguran," ucap Bupati.

 

Menurutnya, melalui penyerapan tenaga kerja sesuai keahlian yang tersedia, disamping menekan angka pengangguran sekaligus akan mempengaruhi angka kemiskinan di daerah itu. Bupati serta merta berharap kerjasama yang baik dengan perusahaan penyedia pekerjaan ini tetap berlanjut di masa mendatang. "Saya berharap kepada kepada pancari kerja untuk mempersiapkan diri dengan penguasaan keterampilan, handal dan memiliki disiplin dan etos kerja yang tinggi," kata Gusmal. (h/ndi)


Reporter : Wandi Malin /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 30 Januari 2018 - 18:06:09 WIB

    KSPSI Sumbar Bersikap, Mau Dikemanakan Seribuan Karyawan Basko?

    KSPSI Sumbar Bersikap, Mau Dikemanakan Seribuan Karyawan Basko? PADANG, HARIANHALUAN.COM –Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Sumbar meminta pemerintah daerah tidak diam saja terkait nasib seribuan karyawan Basko Hotel dan Basko Grand Mall yang jadi pihak terdampak eks.
  • Kamis, 12 Mei 2016 - 15:18:54 WIB

    Seribuan Kendaraan Pelat Merah Pemkab Solok Diperiksa BPK

    Seribuan Kendaraan  Pelat Merah Pemkab Solok Diperiksa BPK AROSUKA, HALUAN -- Sekitar seribuan kendaraan pelat merah milik Pemkab Solok diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Kamis (12/5). Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik kendaraan dinas yang dipakai seb.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM