Gelar MSF, PLN UIW Sumbar Siap Bersinergi Sambut Investasi


Rabu, 26 Juni 2019 - 19:20:34 WIB
Gelar MSF, PLN UIW Sumbar Siap Bersinergi Sambut Investasi General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto memberikan sambutan dalam acara Multi Stakeholder Forum (MSF) yang bertempat di Hotel Mercure, Rabu (26/6). YESI

PADANG,HARIANHALUAN.COM- PLN UIW Sumbar menggelar Multi Stakeholder Forum (MSF) dengan tema "Urusan listrik? PLN saja" bertempat di Hotel Mercure, Rabu (26/6).

Menurut penuturan Bambang Dwiyanto selaku General Manager PLN UIW Sumbar, MSF digelar dalam rangka menyongsong kesiapan Sumbar bersinergi menyambut Investasi.

"PLN sudah melakukan surplus listrik, sehingga selanjutnya menjadi tugas kita bersama mengembangkan investasi dan perekonomian di Sumbar. Kita punya pasokan listrik yang mampu mensuplay semua semua jenis investasi yang dibuat di Sumbar. Semoga perekonomian semakin meningkat kedepannya. Kita perlu bersinergi, karna jika suplay listrik besar perekonomian akan hidup," tegasnya.

Lebih lanjut kata dia, kedepannya tidak ada lagi alasan tidak bisa bangun usaha/berinvestasi di Sumbar karena listrik tidak cukup.

MSF dihadiri oleh para stakeholder PLN baik dari Pemerintahan, BUMN/BUMD, akademisi, media, mitra kerja dan perbankan. 

Acara yang dimoderatori oleh wartawan senior Sumatera Barat, Nashrian Bahzein tersebut berlangsung meriah dan berjalan dengan lancar. 

Bambang Dwiyanto juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan para stakeholder sehingga PLN mampu bekerja maksimal untuk menerangi hingga ke pelosok negeri.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini kondisi kelistrikan Sumatera Barat sudah sangat cukup bahkan berlebih sehingga para investor tidak perlu khawatir untuk berinvestasi di Ranah Minang.

"Ada pasokan daya sebesar 59MW dan di akhir 2019 InsyaAllah akan ada tambahan pasokan sebesar 80MW dari PLTP di Muaralabuh. Ditambah saat ini tol listrik Sumatera sudah siap sehingga sumatera bagian tengah mendapatkan pasokan dari selatan dan utara,sehingga cadangan daya listrik sudah tidak perlu diragukan lagi. Yang menjadi tugas kami saat ini untuk terus melakukan perbaikan kehandalan sistem distribusi guna menjamin lancarnya pasokan listrik ke pelanggan" jelas Bambang yang ditemui awak media selesai kegiatan berlangsung.

Pada acara MSF kali ini, PLN Sumbar menghadirkan 4 narasumber, yaitu Insannul Kamil, Dekan Fakultas Teknik Unand merangkap Ketua Masyarakat Kelistrikan (MKI) Sumbar, Heri Jerman Wakil Kajati Sumbar, Helmi Heriyanto Kepala Seksi Sumber Daya Energi pada Bidang Energi Dan Ketenagalistrikan Dinas ESDM Prov Sumbar dan Kun Anifatussolikhah, Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia. 

"5 tahun lalu diskusi tentang listrik selalu didominasi masalah tidak adanya infrastruktur kelistrikan Sehingga bagaimana ekonomi bisa tumbuh? Nah sekarang pasokan listrik sudah berlimpah, mau dikemanakan energi yang berlimpah ini? inilah tugas kita bersama sebagai stakeholder PLN" ucap Insannul Kamil dalam paparannya. 

Ia menegaskan, dengan surplus listrik dari PLN UIW Sumbar ini hendaknya kemudahan investasi harus dimunculkan. Hal tersebut sambungnya, perlu sinergi semua pihak dan keterbukaan menerima investasi juga.

Di akhir acara, dilakukan survey LIQUID (Leadership Quality Feedback) external yaitu feeeback terhadap kelemahan maupun kelebihan serta harapan dan saran dari para stakeholder untuk kemajuan PLN kedepan sekaligus penandatanganan Pakta Integritas antara PLN dengan para stakeholder. 

Pada sesi pembacaan hasil LIQUID ada beberapa harapan yang disampaikan para stakeholder kepada PLN, antara lain agar PLN semakin maju dan bisa menerangi hingga ke daerah terpencil. (yes)

loading...
Reporter : YESI /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]