Kota Padang Miliki Sekolah Siaga Kependudukan 


Rabu, 26 Juni 2019 - 21:50:56 WIB
Kota Padang Miliki Sekolah Siaga Kependudukan  Peresmian sekolah siaga kependudukan tingkat SMP se-Kota Padang, Kamis (26/6) siang di SMPN 31 Padang.RINA AKMAL

PADANG,HARIANHALUAN.COM--mengukur kemajuan suatu negara atau daerah bukan dilihat dari Sumber Daya Alam (SDA), namun dilihat dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena itulah .Kota Padang kini memiliki Sekolah Siaga Kependudukan

Untuk mengintervensi agar masyarakat sadar akan kependudukan (literasi kependudukan) dalam rangka menyiapkan kualitas SDM tersebut, maka diperlukan informasi dan edukasi tentang kependudukan kepada masyarakat. Baik masyarakat yang berada di satuan pendidikan, perangkat pemerintahan, maupun kelompok kegiatan masyarakat.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar H Syahruddin mengatakan, berdasarkan data survei, menunjukan bahwa pengetahuan masyarakat yaitu keluarga dan remaja tentang isu-isu kependudukan sebagian besar diperoleh dari media massa dibandingkan media luar ruang lainnya. Selain itu sumber informasi yang terbanyak juga dari para guru, tokoh masyarakat, agama, adat, dan perangkat desa dibandingkan dari para petugas (PLKB, PKB. Kader, Dokter, Bidan).

Dari hasil pengetahuan masyarakat tentang kependudukan ini maka perubahan perilaku masyarakat menunjukan sikap yang positif yaitu penyiapan berkeluarga untuk membentuk keluarga kecil berkualitas, penyiapan hari tua, sikap memperhatikan lingkungan dan sebagainya (lihat data SKAP BKKBN Tahun 2017).

Oleh karena itu, Direktorat Kerjasama Pendidikan Kependudukan memiliki amanah untuk memberikan literasi tentang kependudukan agar masyarakat sadar akan pentingnya manfaat yang harus disiapkan dan digunakan. Serta permasalahan-permasalahan yang harus dihindari dari dampak kependudukan.

Sasaran pendidikan kependudukan adalah melalui jalur pendidikan formal, yaitu di satuan pendidikan dan perguruan tinggi mulai jenjang SD hingga SLTA dan Universitas. Melalui jalur pendidikan Non Formal, yaitu di diklat berjenjang seperti diklat ASN dan Kepramukaan.

"Melalui jalur pendidikan Informal, yaitu keluarga/kelompok kegiatan masyarakat/keluarga. Pola untuk penyelenggaraan pendidikan kependudukan melalui jalur-jalur tersebut adalah dengan pola Kerjasama (Sistem Kerjasama). Seperti contoh di jalur pendidikan formal perlu dilakukan kerjasama antara BKKBN dengan Kemendikbud (sekolah), Kemenag (madrasah/sederajat), dan Kemenristek Dikti, dan juga Perguruan Tinggi," jelasnya saat Peresmian sekolah siaga kependudukan tingkat SMP se-Kota Padang, Kamis (26/6) siang di SMPN 31 Padang.

Sementara itu, dijalur pendidikan non formal perlu dilakukan kerjasama antara BKKBN dengan BPSDM dan Kwartir Pramuka. Selanjutnya di jalur pendidikan Informal perlu dilakukan kerjasama antara BKKBN dengan Ormas/Organisasi Profesi yang dapat menghimpun atau membina kegiatan di kelompok kegiatan masyarakat.

Diharapkan melalui intervensi pendidikan kependudukan dan program kegiatan-kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh BKKBN melalui program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga), dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya pertimbangan kependudukan dalam hidup berkeluarga dan bermasyarakat.

Melalui pengetahuan diharapkan dapat merubah sikap dan perilaku setiap orang dan keluarga untuk sadar kependudukan yaitu membentuk keluarga kecil berkualitas, menyiapkan generasi penerus, menyiapkan hari tua, memperhatikan lingkungan dan daya dukung alam untuk kehidupan.

Peresmian sekolah siaga kependudukan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Padang, Heryanto Rustam, dan perwakilan dari sejumlah sekolah di Padang.

Dalam kesempatan ini, BKKBN juga memberikan bantuan buku yang berkaitan dengan kependudukan untuk SMPN 31 Padang. (rin)


Reporter : RINA AKMAL /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM