Direskrimsus Polda Sumbar Sita Ribuan Pices Kosmetik Ilegal


Rabu, 26 Juni 2019 - 23:30:59 WIB
Direskrimsus Polda Sumbar Sita Ribuan Pices Kosmetik Ilegal Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Diduga tidak memiliki izin edar, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar, melakukan penyitaan terhadap sejumlah kosmetik yang ada di toko kosmetik merk Liza Cantik Shop di Jalan Parak Laweh Pulau Air Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Selasa (25/6) sekitar pukul 20.30 malam.

"Kami amankan barang-barang tersebut, karena diduga adanya tindak pidana perdagangan kosmetik ilegal, tanpa izin edar dan atau tidak dilengkapi label bahasa indonesia serta tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan," kata Direktur Reskrimsus Polda Sumbar, AKBP Juda Nusa Putra, pada Rabu (26/6).

Dalam pengungkapan yang bersumber dari informasi masyarakat disita barang bukti berupa, masker wajah, masker Bibir, pelembab wajah, pelembab bibir, eye liner, catok rambut, krim siang malam, softlens, pemutih wajah dan lainnya. Terdiri dari 142 item dengan jumlah total 2224 pices.

Di samping itu juga disita, faktur penjualan, buku catatan stok barang dan uang hasil penjualan hari ini Rp. 2.800.000. "Saat ini masih dalam proses penyidikan, penyidik masih meminta keterangan dari saksi termasuk dari pemilik toko tersebut, prosesnya masih dilakukan," ucap Juda.

Dikatakannya, atas tindakan ini akan persangkakan pasal tentang perlindungan konsumen dimaksud dalam Pasal 197 UU No. 36 thn 1999 tentang kesehatan dan atau Pasal 104 UU No. 7 tahun 2014 tentang perdagangan dan atau pasal 62 UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. "Untuk perkembangan selanjutnya, nanti akan kami infokan," ujarnya. (*)

 


Reporter : Peri /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM