Ekonomi Kreatif Sumbang 10,14 Persen Pertumbuhan Ekonomi Nasional


Rabu, 26 Juni 2019 - 23:45:39 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dari data statistik dan hasil survei tahun 2016, ekonomi kreatif mampu memberikan kontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi yakni 852 triliun terhadap PDB nasional.

Angka tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan kontribusi ekonomi kreatif yang signifikan terhadap perekonomian dari tahun 2010-2015 yakni sebesar 10,14 persen per tahun. Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi kreatif memiliki potensi untuk berkembang di masa mendatang. Industri kreatif adalah salah satu sektor yang menberikan kontribusi cukup tinggi bagi perekonomian nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian mengatakan, ekonomi di Indonesia didominasi oleh tiga sub sektor, mulai dari kuliner 41,69 persen, disusul fashion 18 hingga 15 persen, dan ketiga sektor kriya 15,70 persen. Namun ada satu sub sektor yang tidak bisa dikesampingkan yaitu sektor fotografi, yang juga memberikan kontribusi PDB 0,45 persen.

Kalau dilihat dari media promosi, menurutnya, pelaku usaha kreatif rata-rata menjual produk langsung ke konsumen, dimana pasarnya masih di wilayah domestik. Namun begitu, fenomena ekonomi digital ternyata sudah berjalan dengan baik karena sebagian besar pelaku usaha sudah menggunakan media sosial.

"Yang menggunakan media sosial sekitar 53,72 persen, yang menggunakan komputer 64,24 persen, dan internet 68,83 persen," ujar Oni pada kegiatan Achievement motivation training bagi pelaku usaha fotografi, Rabu (26/6).

Namun begitu, penggunaan internet dipandang masih belum optimal karena pelaku usaha cenderung menggunakannya untuk keperluan surel (email), mencari info dan melayani pelanggan, belum sampai pada ranah jual beli online.

Seni dalam fotografi sangat diminati oleh setiap orang, malah menjadikannya sebagai profesi. Untuk itu, Dinas Pariwisata memberikan pembekalan bagi para pelaku kreatif fotografi Sumbar dalam memanfaatkan media internet untuk tujuan promosi dan berjualan secara online.

"Sengaja kami hadirkan fotografer profesional dari Jogjakarta Misbachul Munir, memberikan pemaparan pada pelaku usaha fotografi yang ada di kabupaten kota di Sumbar yang berjumlah 63 orang," jelasnya.

Fotografer profesional Misbachul Munir mengatakan, e-commerce berkontribusi 20 persen dari penjualan barang konsumsi, dan kontribusi e-commerce diperkirakan bakal terus meningkat. Saat ini, sudah bermunculan situs-situs penjualan foto secara online.

"Ini peluang yang sangat bagus bagi fotografer, jadi hasil jepretan dapat menghasilkan. Apalagi di Sumbar ini kaya dengan hal-hal unik, mulai dari kuliner, budaya, destinasi wisata yang lainnya yang bisa dijadikan sasaran fotografer, " jelasnya.

Dengan memposting hasil foto di media online, secara tidak langsung juga akan mempromosikan destinasi wisata, dan kekayaan yang ada di Sumbar ini. (*)

 


Reporter : Rina /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Juli 2019 - 11:35:26 WIB

    Pertumbuhan Ekonomi Dinilai Stagnan, Sumbar Butuh Cagub Visioner

    Pertumbuhan Ekonomi Dinilai Stagnan, Sumbar Butuh Cagub Visioner PADANG, HARIANHALUAN.COM — Pada 2020 Sumbar akan menghelat pemilihan gubernur untuk menggantikan gubernur saat ini, Irwan Prayitno, yang telah dua periode menjabat bersama wagub Alm. Muslim Kasim (periode 1) dan Nasrul Abit.
  • Senin, 22 Juli 2019 - 17:21:12 WIB

    Ekonomi Topang Ketahanan Bidang Sosial di Agam

    AGAM, HARIANHALUAN.COM - Ketahanan ekonomi menopang aspek-aspek ketahanan bidang sosial, budaya, keamanan dan politik. Hal ini akan menciptakan kehidupan perekonomian yang kuat untuk mengatasi tantangan ekonomi..
  • Selasa, 02 Juli 2019 - 18:33:34 WIB
    MELALUI DINAS KOPERASI UMKM, PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN

    Pemkab Pessel Terus Genjot Ekonomi Kerakyatan

    Pemkab Pessel Terus Genjot Ekonomi Kerakyatan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Pesisir Selatan, Pemkab Pessel melalui Dinas Koperasi UMKM, Perdagangan dan Perindustrian hingga kini terus melakukan pembangunan sejumlah pasar .
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 12:27:17 WIB

    BUMNag Agam Mampu Tingkatkan Perekonomian Nagari

    BUMNag Agam Mampu Tingkatkan Perekonomian Nagari AGAM, HARIANHALUAN.COM - Optimalisasi pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) dalam upaya meningkatkan perekonomian di nagari, sangat diperlukan..
  • Selasa, 25 Juni 2019 - 16:01:47 WIB

    Revitalisasi Pasar Angkat Ekonomi Masyarakat Pessel

    Revitalisasi Pasar Angkat Ekonomi Masyarakat Pessel PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pessel, Hendrajoni menyatakan, program revitalisasi pasar bertujuan mengangkat perekonomian masyarakat, sekaligus meningkatkan minat masyarakat berbelanja di pasar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM