50 KUBE di Sawahlunto Terima Bantuan Modal UEP Kemensos


Jumat, 28 Juni 2019 - 16:39:32 WIB
50 KUBE di Sawahlunto Terima Bantuan Modal UEP Kemensos Bimtek bagi peserta KUBE penerima bantuan modal UEP dari Kemensos RI, Jumat (28/6). IST

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN- Sebanyak 50 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kota Sawahlunto memperoleh bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) dari Kementrian Sosial RI. Masing-masing kelompok mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp20 juta.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD - PPA) Kota Sawahlunto, Dedi Syahendry mengatakan, bantuan modal usaha itu akan ditransfer langsung ke rekening masing - masing kelompok dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.

"Para peserta KUBE terlebih dahulu mengikuti rangkaian persiapan dan pelatihan dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan materi tentang pengelolaan dana bantuan untuk modal maupun pengembangan usaha, termasuk manajemen dinamika kelompok, serta materi terkait lainnya," ujar Dedi, Jumat (28/6).

Lebih lanjut diungkapkan Dedi, disetiap KUBE berjumlah 10 orang, sehingga dengan 50 KUBE di Sawahlunto berarti total terhimpun sebanyak 500 orang anggota KUBE. Dengan sebaran KUBE dikecamatan Barangi sebanyak 15 KUBE, Kecamatan Talawi 15 KUBE, Kecamatan Lembah Segar 10 KuBE serta 10 KUBE di Kecamatan Silungkang.
"Dari 50 KUBE tersebu terbagi dalam 27 usaha peternakan, 12 usaha perkebunan, 6 usaha tenun songket dan 5 usaha perdagangan," ujarnya.

Sementara, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta saat membuka bimtek bagi peserta KUBE tersebut berpesan agar para anggota KUBE benar-benar mendayagunakan bantuan yang didapat tersebut sebaik - baiknya sehingga berdampak bagi peningkatan perekonomian.

"Penerima harus dibekali dulu dengan berbagai pelatihan dan bimbingan sebelum memperoleh dana bantuannya. Sehingga nanti saat menggunakan dana ini untuk mengelola usaha bisa dengan mantap dan terencana, terkondisi dengan baik, dan program ini berjalan optimal, dengan tujuan akhirnya meningkatkan perekonomian," tuturnya.

Dalam kesempatan itu Wako juga berharap, saat bertemu kembali dinasa tang akan datang, peserta penerima bantuan UEP uni telah menjadi pengusaha UKM bukan lagi sebagai anggota KUBE.(rki)

Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 23:42:31 WIB

    Begini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi

    Begini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga ber.
  • Kamis, 02 April 2020 - 21:03:00 WIB

    Daftar 50 Warung Makan Gratis untuk Pekerja Informal dan Ojol

    Daftar 50 Warung Makan Gratis untuk Pekerja Informal dan Ojol JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Donasi untuk membantu meringankan berbagai masalah akibat pandemi virus corona di Indonesia bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain dengan menggalang dana untuk membeli APD, donasi makanan, dan m.
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 19:51:34 WIB

    BLK Padang Produksi 2.200 Masker dan 1.500 Hand Sanitizer

    BLK Padang Produksi 2.200 Masker dan 1.500 Hand Sanitizer PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Saat ini Balai Latihan Kerja (BLK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI ttelah mulai melakukan langkah-langkah tersebut. Salah satunya BLK Padang. Hal itu disampaikan Menaker RI, Ida Fauziyah,.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 11:55:05 WIB

    Tok! Tarif Ojol Naik Rp 250/Km

    Tok! Tarif Ojol Naik Rp 250/Km JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memutuskan besaran kenaikan tarif ojek online (ojol). Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengumumkan kenaikan tarif batas bawah sebesar Rp 250 .
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 10:09:05 WIB

    50 Pengusaha Top Namibia Bertandang ke Trade Expo Indonesia

    50 Pengusaha Top Namibia Bertandang ke Trade Expo Indonesia ONGWEDIVA, HARIANHALUAN.COM -- Provinsi Oshana menjadi tujuan pertama KBRI Windhoek dalam mempromosikan Trade Expo Indonesia ke-35 yang akan diselenggarakan pada 30 September-4 Oktober mendatang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM