BPBD Agam Bekali Kelompok Siaga Bencana  Koto Rantang


Jumat, 28 Juni 2019 - 17:21:54 WIB
BPBD Agam Bekali Kelompok Siaga Bencana  Koto Rantang BPBD Agam memberikan pelatihan kepada Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Koto Tentang Kec. Palupuh.IST

AGAM,HARIANHALUAN-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, memberikan pelatihan kepada Kelompok Siaga Bencana (KSB)  Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuah.

Pelatihan itu diikuti sebanyak 51 orang anggota KSB yang merupakan mitra dari BPBD Agam. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Nagari Koto Rantang Sy. Dt. Batuduang Dilangik di aula kantor Walinagari Koto Rantang

Wali Nagari Koto Rantang Sy. Dt. Batuduang Dilangik saat membuka pelatihan , Kamis (27/6) mengatakan, kesiapsiagaan bencana di nagari Koto Rantang khususnya dan Palupuah pada umumnya hendaknya dapat bersama-sama bertanggung jawab atas bencana yang terjadi di Palupuh.

"Pemerintah terus berupaya menganggarkan penanggulangan bencana.Baik untuk pelatihan, pengadaan sarana dan sarana kebencanaan. Sehingga bila terjadi bencana dapat segera ditangani secara bersama. Kelompok siaga bencana itu diharapkan betul-betul kita siaga, mengingat daerah kita merupakan wilayah rawan bencana yang selalu siaga," kata Sy. Dt. Batuduang Dilangik.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi S, M.Pd mengatakan pelatihan ini digelar bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan sejak dini terhadap anggota KSB tentang daerah risiko bencana dan juga memberikan materi konsep tentang relawan kebencanaan.

Kesiapsiagaan diri itu lebih besar dari bantuan orang lain sekitar 34,9 persen, bantuan tetangga hanya 28.1 persen, bantuan dari orang lewat hanya 2,6 persen.

"Jadi kesiapan diri itu lebih besar dan perlu mendapat pengetahuan, keterampilan sebelum, saat dan sesudah bencana," ungkap Yunaidi. (ril)


Reporter : YURSIL /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 November 2018 - 17:59:09 WIB

    Dana Tanggap Darurat Tak Ada di BPBD Pariaman

    Dana Tanggap Darurat Tak Ada di BPBD Pariaman PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dana Tanggap Darurat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman tak ada. Sebab, secara prinsip dana tersebut dipegang oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pariaman. Hal ini disam.
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 21:56:31 WIB

    BPBD Bukittinggi Hantarkan Bantuan Kemanusiaan ke Pasaman dan Pasbar

    BPBD Bukittinggi Hantarkan Bantuan Kemanusiaan ke Pasaman dan Pasbar BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi bersama tim pengelola bantuan bencana, hantarkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp74 Juta untuk korban banjir di Pasaman dan Pasaman Bara.
  • Senin, 14 Mei 2018 - 20:47:17 WIB

    BPBD Agam Turunkan Tim Penyelamat di Pantai Tiku

    BPBD Agam Turunkan Tim Penyelamat di Pantai Tiku AGAM, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam siapkan tim kesiapsiagaan selama Pesta Nelayan berlangsung di sepanjang pantai Tiku. Sedikitnya satu unit perahu karet diturnkan sebagai alat monitor s.
  • Selasa, 08 Mei 2018 - 11:40:03 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi SDM relawan dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi korban bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menggelar Pelatiha.
  • Rabu, 14 Maret 2018 - 10:12:37 WIB

    Siaga Bencana, BPBD Agam Pastikan Kesiapan Satgas

    Siaga Bencana, BPBD Agam Pastikan Kesiapan Satgas AGAM, HARIANHALUAN.COM - Kalaksa BPBD Agam memastikan Pusdalops PB dan Satgas BPBD terus dalam kondisi performa yang bagus. Sebab mereka harus siap saat terjadi hal yang perlu penanganan seperti bencana dan sebagainya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM