Ratusan Personil Polisi-TNI Jelajah Pintu Rimba Jalur Pendakian Gunung Kerinci


Ahad, 30 Juni 2019 - 23:30:04 WIB
Ratusan Personil Polisi-TNI Jelajah Pintu Rimba Jalur Pendakian Gunung Kerinci Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto saat berada di kawasan Bukit Bontak bersama personil polisi. (Jefli)

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Ratusan personil Polisi-TNI di Solok Selatan (Solsel) memiliki cara berbeda menyatu dengan alam. Salah satunya dengan menjelajah pintu rimba jalur pendakian Gunung Kerinci melalui Solsel.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (30/6) pukul 08.30 WIB. Dimulai dari Mako Polres setempat dan berakhir di bumi perkemahan Camintoran, melewati Bukit Bontak yang berada di kaki Gunung Kerinci. "Cross Country" (lintas medan.red) tema kegiatan tersebut, yang digagas Kapolres Solsel, AKBP Imam Yulisdianto dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-73.

Menanjak dan turun bukit yang terjal, menjadi tantangan tersendiri bagi personil Polisi-TNI. Apalagi, tanah pebukitan sedikit lembab membuat lintah dan pacet siap 'menghisap darah' personil. "Kenyang pacet hisap darah di betis saya hingga tak sadar saja sudah jatuh baru terasa didalam celana," kata seorang personil TNI, Yanto.

Namun, imbuhnya semua tantangan dan jarak tempuh yang cukup jauh seakan terbayar lunas ketika sampai di Bumi Perkemahan Camimtoran dengan suasana keakraban yang kental antara personil. "Perjalanan memakan waktu sekitar tiga jam," ucapnya.

Kapolres Solsel, AKBP Imam Yulisdianto didampingi Waka Polres Kompol Edi Warman di Camintoran mengatakan melalui kegiatan lintas medan ini, bisa memantau fisik anggota Polri-TNI. "Sebagai upaya dalam mengembalikan dan memulihkan fisik anggota," katanya.

Dalam kegiatan ini, imbuhnya baru setengah perjalanan sudah banyak anggota yang mengalami kendala fisik.

Sehingga ada yang tiba dilokasi wisata camintoran tepat dengan catatan waktu 3 jam berjalan kaki. Bahkan sebagian anggota sampai dilokasi hingga lima jam.

"Kita akan upayakan latihan fisik personil dengan agenda seperti ini, kan lebih menantang," ungkapnya.

Touring kali ini personil dibagi 10 regu gabungan TNI-Polri, setidaknya ada sekitar 200 orang lebih personil yang diturunkan termasuk yang diluar regu.

Bagi regu tercepat dan terbaik I,II dan III akan mendapatkan hadiah uang lelah. Serta banyak hadiah dorprize lainnya.

"Kita cukup bangga dengan fisik wartawan yang ikut touring bersama kami, dan tak kalah saing dengan prajurit TNI-Polri," ungkapnya.

Sementara, Perwira Penghubung (Pabung) 0309 Solok, Mayor Infantri Togar Harahap menjelaskan, touring pedana ini hendaknya dapat menjadi agenda rutin TNI-Polri di Solok Selatan. Sebab masalah fisik bagi anggota suatu hal yang sangat penting dimiliki oleh anggota, dan dalam agenda touring ini sudah terukur kemampuan fisik masing-masing anggota.

"Ini sama halnya dengan latihan fisik, lebih menantang dan tak seberapa dibandingkan dengan jalur pendakian Gunung Kerinci. Tak seterjal ini," tukasnya.

Dia berharap touring ini menjadi agenda bagi putra putri daerah yang berminat masuk anggota TNI-Polri dan untuk dapat difasilitasi oleh Kapolres atau pun pihak TNI.

Agar mereka terbiasa dengan keadaan seperti ini dan untuk menjaga fisik mereka nantinya.

"Bagi siswa yang berminat masuk TNI-Polri, perlu dilatih fisiknya. Dan dapat dicari di setiap sekolah, serta perlu direkruk sejak kelas XI SMA sederjat," katanya. (h/jef)


Reporter : Jefli /


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM