Taspen Bukittinggi Siap  Salurkan Gaji 13 Bagi  29.677 Pensiun


Senin, 01 Juli 2019 - 21:01:42 WIB
Taspen Bukittinggi Siap  Salurkan Gaji 13 Bagi  29.677 Pensiun Kepala PT Taspen Bukittinggi Sutrisno, tengah mengawal proses pembayaran gaji pensiun dengan metode otentikasi by smartphone di mitra bayar. GATOT

BUKITTINGI, HARIANHALUAN.COM-Terhitung 1 Juli 2019, PT Taspen Kantor Cabang Bukittinggi siap menyalurkan pembayaran gaji 13 bagi pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Untuk pembayaran gaji 13 ini,  PT Taspen Kantor Cabang Bukittinggi telah menyiapkan dana sebesar Rp 77.026.145.400,  untuk membayar gaji 13 bagi 29.677 pensiunan PNS,  yang tersebar di wilayah kerja Taspen Bukittinggi.

Kepala Cabang PT Taspen Bukittinggi Sutrisno mengatakan, pembayaran gaji 13 bagi pensiunan  PNS tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019, tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 19 Tahun 2016 tentang pemberian gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Berdasarkan aturan tersebut, maka  pensiunan ASN akan mendapatkan besaran gaji ke-13 itu,  komponennya adalah berupa pensiunan gaji pokok ditambah tunjangan keluarga. “Besaran gaji 13 yang harus dibayarkan adalah gaji pokok ditambah tunjangan keluarga. Dalam pembayaran gaji 13 ini, kami pastikan tidak potongan apapun,” kata Sutrisno, di Kantor Taspen Bukittinggi, Senin (1/7).

Menurutnya, bagi pensiunan yang menerima pensiun rangkap, maka gaji 13 yang akan dibayarkan   itu hanya salah satunya saja, yang jumlahnya lebih menguntungkan. "Contohnya,  seorang pensiunan PNS yang juga  merangkap pensiunan mantan pejabat Negara, selama ini mendapatkan dua kali dana pensiun. Maka untuk pembayaran  gaji 13, yang dibayarkan hanya salah satunya saja yang nilainya lebih tinggi," ungkap Sutrisno.

Terhitung  pada 1 Juli  2019 ulas Sutrisno,  para pensiunan sudah bisa mengambil gaji 13 itu bersamaan dengan gaji bulanan.  Para pensiunan ini  bisa mengambil gaji 13 tersebut melalui mitra bayar, yakni tempat mereka mengambil gaji pensiunan selama ini.

“Untuk  mitra bayar Taspen yakni Bank Mandiri Taspen, Bank Nagari, BRI, Bank Syariah Mandiri (BSM), BPTPN, BNI, Bank Muamalat, Pos,  BRI Syariah,  Bank Nagari Syariah, dan Bukopin,”  tukas Sutrisno.

Sementara itu Kepala Seksi Umum dan SDM Ernita Marzuki menambahkan, untuk mempermudah pembayaran gaji pensiunan PNS, otentikasi (untuk pembukaan blokir) dapat dilakukan  melalui  smartphone. Penerima pensiun dapat mendownload aplikasi tersebut di playstore - Taspen Otentikasi Mobile. Melalui aplikasi ini, pensiunan bisa melakukan proses verifikasi dan validasi data dimana saja dan kapan saja.

“Otentikasi by smartphone adalah proses identifikasi melalui wajah, sidik jari dan suara,   yang dilakukan  untuk membuka blokir dana pensiun yang akan dibayarkan kepada penerima pensiun. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah  pembayaran gaji pensiun. Namun untuk bisa otentikasi melalui smartphone ini, peserta harus memastikan bahwa telah melakukan perekaman data biometric (enrollment),” ungkap Ernita. (tot)


Reporter : RUDI GATOT /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 03:48:19 WIB

    Taspen Gelar Program BUMN Mengajar di SMAN 5

    Taspen Gelar Program BUMN Mengajar di SMAN 5 BUKITTINGGI, HALUAN — PT Taspen (Persero) Kan­tor Cabang Bukittinggi kun­jungi SMAN 5 Bukittinggi, Rabu (27/7). Kunjungan ter­sebut dalam rangka kegiatan program BUMN mengajar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM