Jelang Pilkada 2020, Nama Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro Booming di Tanah Datar


Selasa, 02 Juli 2019 - 15:10:06 WIB
Jelang Pilkada 2020, Nama Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro Booming di Tanah Datar Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Birokrat senior Tanah Datar ini namanya semakin booming pasca pernyataan kesiapannya untuk maju sebagai bakal calon pimpinan daerah di Luhak Nan Tuo 2020 mendatang.

Kemunculannya tentu menjadi perhitungan pada perpolitikan di Tanah Datar saat ini, karena tidak banyak dari kalangan birokrat yang mengapung akan maju sebagai bupati atau wakil bupati pada pesta demokrasi mendatang, untuk bakal calon dari figur seorang politik atau pengusaha sudah cukup banyak yang disebut-sebut akan maju, termasuk dari akademisi dan pengusaha sekalipun. Tidak saja yang berdomisili di daerah tetapi juga akan banyak dari rantau.

Bagi sosok birokrat Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro ini, rencana keikutsertaan dirinya sebagai balon tidak lain hanya untuk melanjutkan pengabdian yang tulus kepada masyarakat Tanah Datar yang ia cintai, mengapa tidak, dirinya selama ini telah memetakan kondisi terkini Tanah Datar, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat yang umumnya bermatapencarian sebagai petani, telah dikantonginya dan terkonsep secara matang demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat kedepan.


"Basis utama kita memang untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat petani, yang juga tergabung di dalamnya peternakan dan perikanan, lebih 75 persen penduduk Tanah Datar menggantungkan ekonominya pada bidang ini, alhamdulillah saya punya konsepnya untuk mewujudkannya dan bidang ini pula selama ini yang saya emban dan geduli sebagai pimpinan dinas, lebih lima tahun saya berkecimpung membenahi pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan ini," ujar Daryanto Sabir, bapak dari tiga orang anak itu yang merupakan jebolan Fakultas Peternakan Unand 1980 dan Pasca Sarjana IESP Unsyiah Aceh 2001 kepada Haluan (group HarianHaluan.com), Selasa (2/7) menuturkan.


Daryanto yang kini masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar dengan mengantongi pangkat eselon II, IV/C ini, secara profesi cukup mempuni untuk memikul jabatan kepala daerah, karena tidak tanggung-tanggung banyaknya jabatan yang pernah dipikulkan di pundaknya, mulai sejak mengabdi di Kota Padang, yaitu yang pernah dijabat diantaranya Kasi Penerangan dan Komunikasi di Bappeda Kota Padang (1990 - 1991, Kasi Analisa dan Penilaian di Bappeda Kota Padang (1991 - 1995),

Kasi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah di Bappeda Kota Padang (1995 - 1996, Kabid Statistik dan Pelaporan di Bappeda Kota Padang (1996), Kabid Program Dinas Pariwisata Kota Padang (2001), Kabid Perekonomian Setda Kota Padang (2001 - 2004), Kabag Binsos Setda Kota Padang (2004 - 2006), Kabag Pembangunan Setda Kota Padang (2006 - 2008).

Kemudian ia pindah ke Tanah Datar dan menjabat sebagai Sekretaris Dinas Peternakan dan Holtikultura (2009 -2011). Setelah itu Daryanto mendapat amanah sebagai Kepala Dinas, mulai dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (2011 - 2015), Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (2015 - 2016), Kepala Dinas Pertanian (2016 - 2018) dan kini sebagai Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar.


Selain menjabat berbagai bidang tersebut, Daryanto putra Buo, Lintau ini juga telah menyelesaikan pendidikan tertinggi untuk pamong setingkat eselon II yaitu  PIM II di jakartaa pada 2005.


"Semoga keinginan tulus saya ini akan bermanfaat untuk pembangunan Tanah Datar kedepan yang lebih baik, dan saya mohon doa dan dukungan seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkannya. Kini telah banyak berdatangan dukungan dan suport dari teman-teman, setelah berita pencalonan saya dipublikasikan di media dua minggu lalu, bertubi-tubi telpon masuk, berbagai bentuk dukungan moril berdatangan, mulai dari tokoh masyarakat di kampung, di rantau, politisi, pengusaha hingga para Kepala Dinas di Tanah Datar dan di Kota Padang, alhamdulillah semoga ini menjadi titik awal untuk terwujudnya pembangunan masyarakat yang lebih baik di Tanah Datar," ujarnya.


Ia selalu menggarisbawahi, bahwa pencalonannya itu akan menjadi kenyataan jika mendapatkan restu dari bupati Irdinansyah Tarmizi yang merupakan pimpinannya saat ini.

"Niat saya ini akan saya perjuangan jika Uda Ir tidak kembali maju sebagai calon bupati, saya sudah lama bergaul baik dengan beliau, mulai sejak menjabat di Kota Padang yang saat itu Da Ir menjabat Anggota DPRD Kota Padang, semoga sesuai pridiksi beliau maju di Provinsi pada Pilkada 2020 mendatang," kata sosok penghoby tenis lapangan dan suami dari Ellyarosa, pegawai di BPTP Balai Kajian dan Teknologi Pertanian Sukarami di Padang. (*)
 

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 12:01:11 WIB

    Jelang Pilkada 2020, Kontestasi Pilgub Sumbar masih Cair

    Jelang Pilkada 2020, Kontestasi Pilgub Sumbar masih Cair PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Direktur Arah Baru Center (ABC) Sumbar, Erizal memaparkan, tingkat konsistensi pemilih yang menjadi responden dalam survei ini masih cukup rendah..
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 10:59:31 WIB

    Jelang Pilkada, 65 PPK se-Kabupaten 50 Kota Dilantik

    Jelang Pilkada, 65 PPK se-Kabupaten 50 Kota Dilantik LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 65 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, re.
  • Rabu, 14 Agustus 2019 - 21:14:00 WIB

    Jelang Pilkada 2020, Sosok RSN Makin Jadi Idola di Pasaman

    Jelang Pilkada 2020, Sosok RSN Makin Jadi Idola di Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM-Sosok Rahmat Saleh Nasution (RSN), kini mulai menjadi buah bibir ditengah masyarakat Kabupaten Pasaman. Namanya semakin dikenal warga lewat sejumlah baliho, spanduk yang ditebar hingga keberbagai sud.
  • Rabu, 31 Juli 2019 - 14:21:31 WIB

    Jelang Pilgub Sumbar 2020, Sentimen Cebong - Kampret Berpotensi Jadi Komoditas

    PADANG, HARIANHALUAN.COM — Kendati Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto telah berjabat tangan dan menyatakan perdamaian, namun perseteruan antara pendukung kedua belah pihak, setidaknya di tingkat lokal, belum akan usa.
  • Rabu, 03 Juli 2019 - 12:04:43 WIB

    Diam-diam, Nama Dhanni Hariyona Mengapung Jelang Pilkada Bukittinggi

    Diam-diam, Nama Dhanni Hariyona  Mengapung Jelang Pilkada  Bukittinggi PADANG, HARIANHALUAN.COM - Helat pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan dilangsungkan 2020 mendatang. Kota Bukittinggi merupakan satu dari sekian banyak kabupaten/kota di Indonesia yang akan menggela.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]