Sidang Tipikor Rabu, KPK Harap Khofifah Indar Parawansa Hadir


Selasa, 02 Juli 2019 - 22:50:25 WIB
Sidang Tipikor Rabu, KPK Harap Khofifah Indar Parawansa Hadir Khofifah Indar Parawansa (dok.Sh)
JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hadir sebagai saksi  kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). 
 
Pengadilan Tipikor kembali menggelar sidang kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag), Rabu (3/7/2019.
Khofifah Indar Parawansa bakal menjadi saksi untuk terdakwa Haris Hasanuddin dan Muhammad Muafaq Wirahadi.
 
Harapan itu disampaikan Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Selasa (2/7/2019)."Kalau saya baca pernyataan Bu Khofifah di beberapa media kan sudah confirm besok akan hadir ya. Nah itu lebih baik saya kira," ujarnya seperti dikutip sinarharapan.co.
 
Rabu (19/6/2019) lalu, Khofifah pernah dipanggil jaksa KPK menjadi saksi sidang tersebut, namun mantan Mensos itu sedang ada kegiatan Pemprov Jatim.
 Kemudian Khofifah kembali dipanggil menjadi saksi sidang itu, tapi dirinya sedang menggelar acara pernikahan.
"Jadi besok kita simak saja proses persidangannya, karena ada beberapa informasi-informasi dan yang perlu kita ketahui bersama," Febri menjelaskan.
 
Menurut Febri, jaksa akan mendalami keterangan Khofifah terkait kasus suap tersebut.Sehingga jaksa butuh keterangan Khofifah dalam sidang itu.
"Jaksa penuntut umum juga perlu mendalami lebih lanjut terkait dengan fakta-fakta misalnya sebelumnya yang sudah ada, bagaimana proses ketika nama Haris muncul, nama Muafaq muncul bagi saksi-saksi yang relevan itu kan perlu kami dalami," ucapnya.
 
Dalam perkara ini, Haris Hasanudin didakwa memberikan suap kepada anggota DPR Romahurmuziy atau Rommy. Mantan Kakanwil Kemenag Jatim itu disebut memberikan uang total Rp 255 juta kepada Rommy untuk mendapatkan jabatan tersebut.
 
Sementara itu, Muafaq didakwa menyuap Rommy Rp 91,4 juta. Rommy, yang merupakan anggota Komisi XI DPR, juga disebut jaksa mendapatkan uang itu untuk membantu Muafaq mendapatkan jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. (*)
 

Editor : DNJ | Sumber : Sinarharapan.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]