Yonmarhanlan II dan Desa Pasir Sunua Juara Lomba Selaju Sampan


Selasa, 02 Juli 2019 - 23:37:49 WIB
Yonmarhanlan II dan Desa Pasir Sunua Juara Lomba  Selaju Sampan Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin membuka final selaju sampan dalam rangkaian kegiatan Festival Pesona Gandoriah tahun 2019 di Muaro Pasir Sunua, Senin(1/7) . HENDRA
PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM-- Sebanyak 16 peserta yang mengikuti lomba selaju sampan dalam rangkaian kegiatan Festival Pesona Gandoriah Tahun 2019 yang terdiri dari delapan instansi dan delapan Desa/Keluruhan.
 
Untuk kategori instansi  juara I diraih Yonmarhanlan II, juara II diraih Dinas Satpol PP Kota Pariaman, dan juara III diraih Dinas BPBD. Sedangkan untuk pemenang kategori Desa/Kelurahan juara I diraih Desa Pasir Sunua, juara II Desa Marunggi, dan juara III diraih Desa Pauh Barat.
 
Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin saat menyaksikan final selaju sampan di Muaro Pasir Sunua,  menyampaikan bahwa sampan merupakan transportasi bagi masyarakat pesisir pantai untuk menangkap ikan. 
"Karena sebagian masyarakat sekitaran pantai bermata pencarian sebagai nelayan, oleh sebab itu , sampan ini harus kita lestarikan salah satunya melalui iven ini," kata Mardison, Senin (1/7).
 
Mardison berharap kegiatan yang diselanggarakan tiap tahun di Kota Pariaman ini bisa menajdi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman.
 
"Maka dari itu iven yang ada setiap tahun ini, hendaknya bisa melestarikan tradisi tersebut dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lain maupun wisatawan yang datang. Kami Pemko Pariaman sangat mengapresiasi dan bangga dengan adanya iven selaju sampan", ujarnya.
 
Sementara, Plt Kepala Dinas Pariwisata, Alfian mengungkapkan bahwa selaju sampan merupakan salah satu cabang lomba dalam Festival Pesona Gandoriah Tahun 2019. "Pada tahun ini, kami memberi kepercayaan kepada Desa Pasir Sunua  bagaimana kedepannya dapat bekreasi untuk memajukan pariwisatanya. Dengan adanya selaju sampan ini maka akan menjadi salah satu ikon di Desa Pasir Sunua", ujarnya.
 
Lanjutnya, untuk kedepannya agar desa tesebut bisa melaksanakan ivent ini melalui dana desa. Sehingga nantinya, desa tersebut melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)  dapat menciptakan desa wisata. (h/mg-hen).

Reporter : HEN | Editor : DNJ
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]