Satpol PP Pessel Kembali Tertibkan Lapak Pedagang di Kawasan Mandeh


Kamis, 04 Juli 2019 - 19:12:07 WIB
Satpol PP Pessel Kembali Tertibkan Lapak Pedagang di Kawasan Mandeh Sejumlah petugas Pol PP saat menertibkan lapak pedagang di sekitar kawasan Mandeh. Okis Mardiansyah

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Pesisir Selatan, kembali menertibkan lapak-lapak Pedagang Liar yang sengaja didirikan di bahu jalan nasional KWBT Mandeh, Koto XI Tarusan, Kamis (4/7).

Kasat Pol PP dan Damkar Pessel, Dailipal sangat menyayangkan masih adanya oknum masyarakat yang menggunakan bahu jalan sebagai tempat berjualan. Padahal, kata dia, pihaknya sudah memberikan sosialisasi jauh hari sebelumnya agar pedagang tak berjualan disekitar area tersebut.

"Jalan ini sudah bagus dan tacilak. Jadi, kami berharap jangan di kotori lagi dengan mendirikan lapak-lapak atau bangunan untuk berjualan disini. Biarkan pengendara atau pengunjung menikmati indahnya kawasan Mandeh. Mari sama-sama kita menjaga kebersihannya, jangan sampai kita pula yang merusaknya," ujar Dailipal saat memberikan pemahaman kepada sejumlah pedagang.

Dailipal menyebutkan, dalam operasi tersebut, pihaknya berhasil menertibkan sebanyak 8 lapak pedagang yang dibangun di Puncak Langgeni. Lapak tersebut berdiri pada bahu jalan dan saluran pembuangan air di sekitar kawasan Mandeh. 

"Ya, sebagian sudah kami larang, mereka kami minta untuk membongkar lapaknya sendiri dan memindahkannya ke tempat lain," katanya.

Lebih jauh dijelaskan, sekitar 1 kilometer dari lokasi awal tepatnya di puncak Kelok Indah Mandeh, pihaknya juga menertibkan 1 lapak pedagang.

"Lapak pedagang terlihat berdiri di sebelah kiri jalan arah ke puncak bukit dan mengenai bahu jalan. Pemilik sudah kami larang dan kami sarankan untuk menggeser bangunannya ke belakang," ucapnya.

Dailipal menambahkan, terkait dengan pungutan liar (Pungli) yang sering dikeluhkan pengunjung ketika berada di kawasan Mandeh, pihaknya mengaku sudah memberikan sosialisasi kepada masyarakat di dekat Rumah Makan Rendang Lokan. Jika hal tersebut masih terjadi, maka pihaknya tak segan-segan melakukan tindakan tegas.

"Jadi, untuk hari ini memang tidak ada yang kami amankan. Petugas hanya fokus melakukan tindakan yang persuasif dan humanis kepada pedagang. Jika teguran ini tidak di indahkan, kedepan akan kami proses secara hukum," tuturnya dengan tegas. (h/kis)


Reporter : Okis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Januari 2020 - 18:21:35 WIB

    Resahkan Pedagang, Anak Punk Digelandang Satpol PP

    Resahkan Pedagang, Anak Punk Digelandang Satpol PP BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Tim Satuan Kordinasi Ketertiban Keamanan Kota (SK4) mengamankan 12 orang anak Punk di Pasar Bawah Bukittinggi, Jumat (17/1). Ke 12 orang anak Punk itu terdiri dari 9 orang laki laki dan 3 orang.
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 16:18:52 WIB

    Satpol PP Copot Ratusan Atribut PDIP di Cempaka Putih Jakarta Pusat

    Satpol PP Copot Ratusan Atribut PDIP di Cempaka Putih Jakarta Pusat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Petugas dari Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP)  menurunkan ratusan  atributPartai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dipasang di berbagai tempat, Jumat (17/1/2020)..
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 01:22:20 WIB

    Satpol PP Payakumbuh Turunkan Spanduk Rokok

    Satpol PP Payakumbuh Turunkan Spanduk Rokok PAYAKUMBUH,HARIANHALUAN.COM--Tim Penegak Peraturan Daerah (Perda) Kota Payakumbuh melakukan penertiban disejumlah tempat. penertiban terhadap mereka yang melanggar Peraturan Daerah itu dilakukan Satpol-PP Payakumbuh sepanjang.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 18:45:53 WIB

    Main Koa Saat Jam Sekolah, Lima Pelajar Terciduk Satpol PP Pessel

    Main Koa  Saat Jam Sekolah, Lima Pelajar  Terciduk Satpol PP  Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pesisir Selatan, menjaring 5 siswa berseragam sekolah yang keluyuran saat jam pelajaran berlangsung, Selasa (14/1)..
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 15:28:32 WIB

    Duh! Nginap di Hotel Melati Tanpa Surat Nikah, Belasan Remaja Terciduk Satpol PP

    Duh! Nginap di Hotel Melati Tanpa Surat Nikah, Belasan Remaja Terciduk Satpol PP PADANG,HARIANHALUAN.COM- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang, lakukan pengawasan ke salah satu hotel melati di kawasan Jalan Thamrin Kota Padang. Pengawasan tersebut digelar setelah petugas mendapatkan informas.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM