DPRD Sumbar Ketok Palu Perubahan Perda Retribusi Jasa Umum 


Kamis, 04 Juli 2019 - 21:35:40 WIB
DPRD Sumbar  Ketok Palu Perubahan Perda Retribusi Jasa Umum  Gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat

PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Sumbar sahkan rancangan peraturan daerah (Ranperada) tentang Perubahan Ketiga Atas Perda Nomor 1 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum melalui rapat paripurna, Kamis (4/7). Pengesahan Ranperda ini diharap dapat memberi dampak positif terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim yanh memimpin jalannya rapat mengatakan,
Ranperda ini merupakan tindaklanjut dari bertambahnya sumber retribusi daerah, yaitu UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Sumbar, Laboratorium Kesehatan Hewan, serta UPTD Balai Kesahatan Olahraga Masyarakat (BKOM) yang berpindah kewenangan ke pemerintah provinsi (Pemprov).

"Dengan bertambahnya sumber pandapatan daerah, DPRD berharap setiap retribusi yang diterima diiringi dengan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat. Tidak hanya itu, Pemprov mesti menghitung secara cermat potensi penerimaan daerah dan memberikan untuk biaya pengelolaan agar bermanfaat dalam jangka panjang," katanya.

Mengenai pembahasan regulasi ini, jelas Hendra, gubernur telah menyampaikan nota pengantar pada tanggal 20 Maret 2019 lalu, selanjutnya DPRD dengan seluruh fraksi melakukan pembahasan secara kompeherensif dengan melibatkan banyak unsur. Tak hanya itu, DPRD Juga melakukan kajian dengan melaksanakan studi banding keluar provinsi .

Dia menyampaikan, Ranperda Perubahan Retribusi Jasa Umum dibahas langsung oleh Komisi III DPRD Sumbar, Komisi ini membidangi sektor keuangan, Komisi III juga telah melakukan pembahasan sesuai mekanisme  yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Dengan disahkannya Ranperda ini, kita berharap Pemprov segera menyampaikan hasil pembahasan kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk di evaluasi," ujar Hendra.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Provinsi Sumbar Devi Kurnia Pemprov Sumbar menuturkan dengan disahkannya Ranperda ini, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumbar diprediksi bisa meningkat Rp 300 juta pertahun. 


Dia menyebutkan dalam perubahan ini nantinya PAD bisa didapatkan dari klinik hewan dan laboratorium kesehatan hewan serta laboratorium lainnya. (len)

Reporter : LENI /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Februari 2020 - 21:46:11 WIB

    Komisi II DPRD Agam kunjungi PT AMP di Kecamatan Palembayan

    Komisi II DPRD Agam kunjungi PT AMP di Kecamatan Palembayan AGAM, HARIANHALUAN.COM - Komisi II DPRD Agam ke PT AMP kali ini ingin mengetahui tentang kontribusi terhadap daerah oleh perusahaan dalam peningkatan PAD Kabupaten Agam, Kedatangan Komisi II disambut oleh Mawardi selaku kepal.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 21:07:56 WIB

    Ketua DPRD Solsel Ingin Project PLTP Muara Laboh Tahap Dua Dipercepat

    Ketua DPRD Solsel Ingin Project PLTP Muara Laboh Tahap Dua Dipercepat SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda berharap adanya percepatan produksi listrik tahap ke-dua dari Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Muara Laboh dengan daya 65 megawatt (MW)..
  • Senin, 17 Februari 2020 - 11:03:12 WIB

    TPP 'Disunat' Pemko Sawahlunto, Pegawai RSUD 'Ngadu' ke DPRD

    TPP 'Disunat' Pemko Sawahlunto, Pegawai RSUD 'Ngadu' ke DPRD SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Seratusan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sawahlunto mendatangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat, Senin 17 Februari 2020, mengadukan terkait Tunjangan Penambah Penghasilan (TP.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 21:33:59 WIB

    DPRD Pessel Tinjau Lokasi Tambang di IV Jurai

    DPRD Pessel Tinjau Lokasi Tambang di IV Jurai PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan meninjau lokasi areal penambangan bahan baku emas dan perak yang dikelola PT Dempo Maju Cemerlang, di Nagari Tambang, Kecamatan IV Jur.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 21:24:06 WIB

    DPRD Pessel Dorong Dinas Perikanan Sosialisasikan Program Asuransi Nelayan

    DPRD Pessel Dorong Dinas Perikanan Sosialisasikan Program Asuransi Nelayan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, Ikal Jonedi, mendorong Dinas Perikanan setempat agar lebih aktif dalam mensosialisasikan program asuransi nelayan d.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM